Ingin Kulit Wajah Kencang? Tak Perlu Facelift, Coba Saja Masker Putih Telur

Cara membuat masker wajah adalah dengan memisahkan putih telur dari bagian kuningnya kemudian oleskan ke wajah
Pisahkan putih telur dari bagian kuningnya kemudian kocok dan oleskan di wajah

Telur sangat kaya akan protein, itu sebabnya populer sebagai bahan makanan yang bergizi sekaligus lezat. Rupanya tak hanya sebagai makanan, masker putih telur juga menjanjikan beragam manfaat bagi kesehatan wajah.

Dalam sebutir telur, terdapat 3,6 gram protein. Komponen utama dari putih telur adalah protein. Tak hanya protein, putih telur juga disebut mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuat kondisi kulit semakin baik.

Jadi, kenapa tidak mencoba masker putih telur?

Manfaat masker putih telur

Memang tidak umum menggunakan putih telur sebagai masker. Umumnya bahan alami yang dijadikan masker adalah madu, lemon, atau lidah buaya. Meski belum teruji secara ilmiah, masker putih telur menjanjikan banyak khasiat yang baik bagi kulit, seperti:

  • Mengencangkan kulit

Manfaat yang satu ini bahkan bisa terasa secara “instan” setelah Anda mengaplikasikan masker putih telur. Setelah mengaplikasikan masker putih telur, biasanya kulit akan terasa mengencang hingga satu jam kemudian. 

Tak hanya kencang, kulit juga akan tampak glowing dan keriput pun tersamarkan! Banyak juga yang menyebut dampak dari masker putih telur yang satu ini serupa seperti prosedur facelift. 

Tidak sampai situ saja, masker putih telur juga memperkecil pori-pori dan mengangkat sel kulit mati.

  • Menyerap minyak berlebih

Minyak berlebih di kulit wajah dapat memicu tumbuhnya jerawat dan partikel lain yang dapat menyumbat pori-pori. Anda bisa membuat masker putih telur dengan campuran oatmeal untuk mengangkat sel kulit mati dan memastikan kulit wajah tidak menghasilkan minyak berlebih.

  • Mengangkat komedo

Manfaat masker putih telur selanjutnya adalah mengangkat komedo yang biasa menyumbat pori-pori. Mengaplikasikan masker putih telur secara berkala akan membantu mengangkat komedo. Sedangkan kandungan protein dalam putih telur membantu menutrisi kulit wajah.

Cara membuat masker putih telur

Membuat masker putih telur pun mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda bisa mengombinasikan dengan bahan-bahan lain untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah memisahkan putih dan kuning telur. Kemudian, aduk rata putih telur sampai berbusa. Anda bisa mengaplikasikan putih telur itu ke wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Selain cara itu, ada juga beberapa kombinasi lain dari masker putih telur yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda, yaitu:

  • Kulit wajah berminyak

Untuk kulit wajah berminyak, Anda bisa membuat masker putih telur dengan perpaduan lemon. Caranya, campurkan putih telur dengan lemon dalam sebuah wadah. Aduk terus hingga merata dan berbusa.

Kemudian, aplikasikan tipis ke kulit wajah dengan kuas bersih atau kapas. Hindari area mata. Lalu diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Anda bisa mengaplikasikan cara ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.

  • Kulit wajah kombinasi

Untuk kulit wajah kombinasi, selain menambahkan lemon, Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu. Sama seperti cara di atas, aduk rata semua bahan dan aplikasikan ke kulit wajah dengan kuas atau kapas.

Kemudian, diamkan selama 15 menit dan bilas wajah dengan air hangat. Tapi jika kulit terasa sakit terkena lemon, sebaiknya segera membilasnya karena bisa jadi kulit Anda termasuk yang sensitif.

  • Kulit wajah kering

Kulit wajah kering artinya membutuhkan masker yang dapat menjaga kelembaban wajah. Salah satu alternatifnya adalah masker putih telur dengan campuran anggur.

Caranya, blender putih telur dengan 7-8 anggur hingga merata. Kemudian, aplikasikan ke kulit wajah menggunakan kapas atau kuas. Diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat.

Disarankan menggunakan anggur yang memiliki biji agar mendapatkan manfaat dari minyak biji anggur. Setelah selesai menggunakan masker putih telur ini, aplikasikan pelembap ke wajah.

Selalu ingat bahwa mengaplikasikan masker putih telur hanya boleh setelah wajah dibilas dengan bersih. Jangan lupa juga mencuci tangan dengan bersih sebelum mengaplikasikan ke wajah. Tujuannya untuk menghindari kuman dan bakteri dari wajah atau tangan.

Waspadai juga jangan sampai masker putih telur tertelan karena telur mentah mengandung bakteri Salmonella. Jika masuk ke tubuh, bisa saja menyebabkan infeksi. 

Selain itu bagi yang memiliki kulit sensitif, aplikasikan dulu masker putih telur di area kecil di wajah atau kulit lain. Jika tidak ada reaksi seperti kulit kemerahan, gatal, atau nyeri, maka masker putih telur boleh dicoba sebagai perawatan masker alami di rumah.

Catatan dari SehatQ

Masker putih telur bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah, menyerap kelebihan minyak, serta mengangkat komedo. Anda bisa mengaplikasikan putih telur langsung ke wajah yang telah dibersihkan kemudan bilas dengan air hangat setelah 15 menit. 

Agar terhindar dari kuman dan bakteri, Anda harus mencuci tangan dengan bersih sebelum mengaplikasikan masker putih telur ke wajah. Pastikan juga Anda tidak memiliki alergi terhadap putih telur sebelum menggunakannya.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/beauty/homemade-face-masks.aspx
Diakses 24 September 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/89036-benefits-egg-white-face/
Diakses 24 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323602.php
Diakses 24 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed