Ingin Kulit Bayi Anda Sehat? Ikuti 10 Tips Mudah Merawat Kulit Bayi Ini

Langkah-langkah merawat kulit bayi yang masih sensitif
Kulit bayi masih menyesuaikan dengan lingkungan baru di luar rahim

Kulit bayi baru lahir sering terlihat keriput, kusut, merah, atau kering. Kulit bayi memang masih jauh dari sempurna saat lahir, karena masih menyesuaikan dengan lingkungan baru di luar rahim. Namun dengan langkah merawat bayi yang tepat, orangtua bisa memberikan kesehatan dan kenyamanan kepada kulit bayi. Ikuti 10 tips mudah merawat kulit bayi berikut untuk menjaga kesehatan kulit buah hati Anda.

1. Produk Khusus Bayi

Kulit bayi tidak perlu dirawat dengan lotion atau krim pada usia 1 bulan pertama. Jika Anda ingin mulai menggunakan produk perawatan kulit bayi, pastikan hanya memilih yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi. Hindari menggunakan produk dewasa yang biasa menggunakan pewarna, parfum, atau pembersih yang terlalu keras untuk kulit sensitif bayi.

2. Hindari Bedak Tabur

Bedak tabur berpotensi untuk menyebabkan masalah pernafasan, sedangkan gumpalan bedak pada selangkangan bayi juga bisa menimbulkan masalah gatal atau kemerahan. Pilih produk dengan konsistensi cairan, gel, atau krim sebagai pengganti bedak tabur.

3. Menghadapi Bercak Merah

Jaringan darah di bawah kulit yang belum berkembang sempurna pada bayi bisa menyebabkan bercak-bercak merah di bagian muka, punggung, atau leher. Biasanya bercak-bercak merah kulit bayi ini akan menghilang dalam 1 tahun pertama usia bayi. Jika bercak merah terasa mengganggu dan tidak kunjung pudar, konsultasikan pada dokter anak Anda.

4. Frekuensi Mandi

Bayi sebenarnya tidak membutuhkan mandi harian. Untuk beberapa minggu pertama, merawat kulit bayi cukup dilakukan dengan mengganti popok dan mengelap sekujur tubuh bayi dengan kain basah yang bersih. Frekuensi mandi bisa dilakukan sekitar 2-3 hari sehari setelah menginjak usia 1 bulan, supaya menghindari masalah kulit kering.

5. Menjaga Tali Pusar

Usahakan agar tali pusar bayi tetap kering sampai lepas secara alami. Saat dimandikan atau dibersihkan, tutup bagian tali pusar supaya tidak mudah terkena air. Jika bagian tali pusar kotor, gunakan tisu basah atau kapas alkohol untuk membersihkannya. Saat tali pusar lepas dan berdarah sedikit, bersihkan dan jaga supaya jangan sampai luka.

6. Suhu Air Mandi

Karena kulit bayi masih sensitif, temperatur air panas tidak boleh melebihi 37 derajat Celcius. Mandikan bayi tidak melebihi 3-5 menit lalu keringkan dengan handuk bersih. Sebelum kering sempurna, tepuk-tepukkan lotion ke kulit bayi supaya meresap sempurna.

7. Merawat Rambut Bayi

Selain merawat kulit bayi, rambut bayi juga harus dibersihkan sekurang-kurangnya 1-2 kali seminggu. Gunakan produk pembersih rambut khusus bayi dan hindari masuknya busa ke dalam mata bayi.

8. Ruam Popok

Popok yang kotor atau basah bisa menyebabkan iritasi atau ruam popok. Biasanya masalah kulit bayi ini bisa sembuh dalam 1 minggu, tetapi pencegahan tetap harus dilakukan supaya bayi nyaman. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Cek dan ganti popok bayi secara berkala.
  • Ganti saat kotor, basah atau penuh.
  • Selalu bersihkan daerah genital bayi dengan seksama.
  • Pastikan kulit bayi kering sempurna dan beri krim anti ruam secukupnya saja.
  • Selingi dengan tidak menggunakan popok supaya kulit terasa leluasa.

9. Konsultasi Dokter

Saat masalah kulit bayi mulai semakin parah, misalnya, gatal hebat, mengelupas, merah, lebam, berdarah, atau disertai dengan demam, segera konsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan bayi. Beberapa penyakit menular bayi seperti cacar air, campak, dan virus Singapura bisa muncul dalam bentuk bintik-bintik pada kulit bayi.

10. Kebersihan Pakaian

Kebersihan laundry, termasuk pakaian, seprai, dan pakaian dewasa juga berdampak pada kesehatan kulit bayi. Jika ibu tidak menggunakan produk deterjen khusus bayi, pastikan semua cucian dibilas bersih dan kering sempurna sebelum digunakan demi mencegah iritasi kulit bayi.

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-newborn-skin-care

Nationwidechildrens. https://www.nationwidechildrens.org/family-resources-education/health-wellness-and-safety-resources/helping-hands/bathing-your-baby

Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed