Ingin Diet Sukses? Konsumsi Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak

Makanan tinggi protein rendah lemak harus memiliki kurang dari 3 gram lemak di setiap penyajiannya, seperti ikan berdaging putih
Makanan tinggi protein rendah lemak seperti ikan berdaging putih cocok untuk Anda yang sedang berdiet

Apakah makanan tinggi protein selalu sehat dan efektif menyukseskan diet? Belum tentu. Beberapa makanan seperti daging berlemak dan keju tinggi lemak memang sarat protein. Tapi, justru membuat Anda kesulitan mengontrol berat badan. Lalu, makanan tinggi protein rendah lemak seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi?

Sebelum melihat daftarnya, perlu diketahui bahwa makanan tinggi protein rendah lemak harus memiliki kurang dari 3 gram lemak di setiap penyajiannya.

[[artikel-terkait]]

Diet dengan hanya mengonsumsi makanan tinggi protein rendah lemak akan membantu Anda mengendalikan berat badan.

Jangan asal turunkan berat badan

Ada banyak cerita tentang kegagalan diet hanya karena metode yang salah. Mereka ingin menurunkan berat badan namun menu makanan yang dikonsumsi kurang tepat.

Contohnya dengan mengurangi karbohidrat. Apakah ini efektif? Faktanya, tidak semua karbohidrat bisa disamaratakan. Setiap orang harus tahu tipe, kualitas, hingga kuantitas karbohidrat yang harus dikonsumsi atau justru dihindari.

Lalu, jenis makanan apa yang mendukung sukses tidaknya diet seseorang?

Jawabannya adalah protein.

Pentingnya makanan tinggi protein rendah lemak

Saat melakukan diet demi menurunkan berat badan, hal yang sebaiknya diprioritaskan adalah asupan protein. Mengonsumsi cukup protein di setiap sajian akan mendistribusikan kalori tersisa dengan tepat di antara karbohidrat atau lemak.

Sebagai contoh, sarapan. Menu yang tinggi karbohidrat sebaiknya diganti dengan makanan tinggi protein rendah lemak.

Asupan ini akan mengontrol gula darah dan memastikan energi fisik serta mental tercukupi. Selain itu, Anda akan terhindar dari rasa lapar berlebihan sebelum waktu makan siang tiba.

Barulah untuk menu makan malam, karbohidrat bisa jadi pilihan. Hal ini tidak akan membuat timbangan mengarah ke kanan selama asupan protein tetap tercukupi.

Makanan tinggi protein rendah lemak apa saja?

Nah, kini saatnya melihat daftar makanan tinggi protein rendah lemak yang cocok bagi mereka yang sedang berdiet.

Adakah di antara daftar ini yang sering Anda konsumsi?

1. Ikan daging putih

Ternyata, ikan berdaging putih adalah sumber protein yang sangat bagus dengan kandungan 20-25 gram protein untuk setiap porsinya. Contohnya adalah ikan dori, lele, tenggiri, kakap putih, dan gindara.

2. Yogurt

Satu porsi yogurt berukuran 170 gram mengandung 15-20 gram protein. Teksturnya yang kental dan creamy berarti ada banyak konsentrasi protein di dalamnya.

Akan lebih baik jika Anda memilih yogurt tanpa rasa dan tanpa pemanis buatan.

3. Tofu

Jika Anda menghindari asupan protein hewani, maka tofu bisa jadi pilihan. Dalam satu kali penyajiannya, terkandung 45 kalori, 1,5 gram lemak, serta 7 gram protein.

Teksturnya pun beragam dan bisa diolah sesuai dengan menu yang Anda buat. Mulai dari tofu di sup krim, dipanggang, dan banyak lagi eksperimen resep tofu yang bisa dijajal.

4. Udang

Meskipun udang termasuk makanan tinggi kolesterol, para pakar gizi menyebut konsumsi udang juga bisa masuk dalam daftar makanan tinggi protein rendah lemak.

Dalam tiap 100 gram udang saja, ada 21 gram protein dan hanya 1 gram lemak. Meski demikian, Anda juga perlu teliti melihat kandungan sodiumnya.

5. Putih telur

Menu berikutnya yang juga termasuk makanan tinggi protein rendah lemak adalah putih telur. Jika telur sama dengan kolesterol, tidak demikian dengan putih telur.

Bagian putih telur hanya mengandung seperempat dari seluruh kalori sebutir telur. Meski demikian, ada 3 gram protein dan hanya 0,5 gram lemak di dalamnya.

Omelet dengan putih telur dan irisan bayam tampaknya bisa jadi ide bagus untuk sarapan, bukan?

Masih banyak jenis makanan tinggi protein rendah lemak lain yang bisa Anda coba. Kuncinya satu: protein, protein, dan protein.

Konsisten dalam memastikan asupan protein akan membantu mengalahkan rasa lapar dan efektif menurunkan berat badan. Sekarang, memilih protein terbaik untuk diet jadi pilihan Anda.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed