Ingin Cepat Tidur? Coba Dengarkan Lagu Pengantar Tidur Ini

Ada beberapa lagu pengantar tidur yang dapat membantu Anda cepat terlelap
Seorang wanita yang sedang mendengarkan lagu sebelum tidur

Pernahkah Anda mengalami kesulitan untuk tidur dan terjaga semalaman? Jika ya, berarti Anda tidak sendiri. Banyak orang juga mengalami permasalahan yang sama. Ada beberapa alasan seseorang kesulitan untuk tidur, di antaranya karena kebiasaan, gaya hidup, kondisi medis, depresi, hingga stres.

Untuk mengatasi masalah tidur ini, ada beberapa solusi yang bisa Anda ambil. Salah satunya adalah mendengarkan lagu pengantar tidur yang dianggap efektif untuk memudahkan pendengarnya tidur.

Benarkah lagu pengantar tidur efektif?

Dengan mendengarkan lagu pengantar tidur, tubuh Anda dipercaya akan menjadi rileks dan seakan-akan mengatur dengan sendirinya ke mode tidur, baik secara fisik maupun psikologis. Lagu pengantar tidur juga memiliki efek menenangkan pada otak sehingga dapat meredakan stres dan kecemasan.

Selain itu, musik tertentu juga dapat memperlambat detak jantung, pernapasan, dan menurunkan tekanan darah sehingga memicu otot untuk lebih rileks. Perubahan biologis ini akan sama dialami ketika Anda sedang tertidur sehingga mendengarkan musik dapat dijadikan persiapan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas

Beberapa studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, memperpanjang durasi tidur, dan mengurangi gangguan tidur. Susah tidur sering dikaitkan dengan stres dan kecemasan yang membuat pikiran tetap terjaga.

Lagu pengantar tidur berperan sebagai pengalih perhatian dan sarana relaksasi. Para ahli menyarankan untuk memilih lagu-lagu yang bersifat "sedatif", yaitu lagu-lagu bertempo 60-80 BPM yang bisa Anda temukan dengan mudah di Google.

Berikut adalah jenis-jenis genre lagu pengantar tidur yang direkomendasikan.

1. Musik klasik

Genre musik klasik adalah salah satu jenis musik yang paling sering disebut sebagai lagu pengantar tidur. Meski demikian, tidak semua musik klasik tepat untuk dijadikan lagu pengantar tidur karena beberapa lagu dalam genre ini punya tempo yang lebih cepat.

Itulah sebabnya Anda harus selektif memilih ketika memilih musik klasik sebagai lagu pengantar tidur Anda. Pilihlah lagu dengan tempo yang lambat, yakni 60-80 BPM. Lagu yang didominasi oleh piano adalah pilihan yang tepat karena memiliki efek relaksasi yang membantu Anda tidur.

2. Klasik kontemporer

Genre musik klasik kontemporer dikenal dengan temponya yang lambat dan menenangkan. Tidak ada nada yang naik dan turun secara signifikan pada lagu-lagu dalam genre ini.

Alunan-alunan musik dalam genre ini dapat membuat Anda rileks sehingga cocok dijadikan sebagai lagu pengantar tidur.

3. Musik santai

Musik santai di sini memiliki banyak genre, seperti blues, jazz, pop, folk, dan masih banyak lagi. Tujuan dari mendengarkan musik ini adalah untuk menciptakan suasana yang rileks sehingga Anda tidak banyak pikiran. Dengan pikiran yang rileks, Anda pun akan lebih mudah untuk tertidur

4. Musik akustik

Musik akustik cocok untuk dijadikan sebagai lagu pengantar tidur karena biasanya lagu-lagu dalam genre ini bertempo lambat dan menenangkan. Anda juga bisa mendengarkan musik akustik yang dimainkan tanpa vokal.

Alunan alat musik, contohnya gitar atau piano, tanpa diiringi vokal memiliki efek chill yang dapat membuat Anda lebih mudah untuk terlelap.

5. Musik meditasi dan suara alam

Musik meditasi dan suara alam juga bisa menjadi pilihan lagu pengantar tidur Anda. Melodi musik meditasi secara khusus diciptakan dengan untuk membantu menenangkan pikiran dan membuat tubuh rileks. Begitu juga dengan musik suara alam yang dapat membuat Anda rileks dengan cepat.

Daftar lagu pengantar tidur yang direkomendasikan

Sebuah penelitian menyimpulkan ada 10 lagu yang paling efektif dalam mengurangi stres dan kecemasan sehingga membuat Anda tidur lebih nyenyak. Berikut adalah beberapa lagu pengantar tidur yang direkomendasikan.

  • Marconi Union – Weightless
  • Airstream – Electra
  • DJ Shah – Mellomaniac (Chill Out Mix)
  • Enya – Watermark
  • Coldplay – Strawberry Swing
  • Barcelona – Please Don’t Go
  • All Saints – Pure Shores
  • Adele – Someone Like You
  • Mozart – Canzonetta Sull’aria
  • Cafe Del Mar – We Can Fly

Itulah beberapa judul lagu yang terbukti ampuh secara ilmiah sebagai lagu pengantar tidur. Meski demikian, musik adalah preferensi pribadi. Tentu saja Anda dapat memilih sendiri lagu yang ingin didengarkan sesuai dengan selera pribadi, namun tetap dengan kriteria 60-80 BPM.

Setelah memasukkan musik ke dalam rutinitas sebelum tidur, Anda dapat merasakan adanya efek positif yang dapat terbentuk dari waktu ke waktu karena mendengarkan lagu pengantar tidur akan menjadi kebiasaan yang memberi isyarat pada tubuh Anda bersiap untuk tidur.

Apabila mendengarkan lagu pengantar tidur tidak dapat membantu mengatasi masalah tidur Anda, cobalah menggabungkan musik yang menenangkan dengan teknik relaksasi. Para peneliti menemukan bahwa menggabungkan kedua metode ini juga dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat. Selamat mencoba!

Byrdie. https://www.byrdie.com/sleep-music
Diakses pada 15 Juni 2020

Dreampadsleep. https://dreampadsleep.com/blogs/news/music-scientifically-proven-help-relax-fall-asleep
Diakses pada 15 Juni 2020

Sleepadvisor. https://www.sleepadvisor.org/best-sleep-music/
Diakses pada 15 Juni 2020

Sleepfoundation. https://www.sleepfoundation.org/articles/can-music-help-you-calm-down-and-sleep-better
Diakses pada 15 Juni 2020

Artikel Terkait