8 Sayuran Penyubur Kandungan Ini Terbukti Bantu Agar Cepat Hamil


Sayuran penyubur kandungan bisa Anda coba saat menjalankan program hamil. Salah satu sayuran untuk program hamil untuk Anda dan pasangan adalah bayam dan kale.

(0)
08 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sayuran penyubur kandungan di antaranya adalah bayam dan kaleSayuran penyubur kandungan di antaranya adalah sayuran hijau, seperti bayam dan kale
Sayuran penyubur kandungan diperlukan untuk pria maupun wanita yang ingin menjalani program hamil (promil).Dikutip dari publikasi terbitan Reproductive Health, di Indonesia, 10-15% pasangan pada usia subur mengalami masalah infertilitas.Meski Anda bersama pasangan tidak bisa mengontrol semua penyebab infertilitas, setidaknya Anda bisa memperbaiki pola makan karena hal ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan untuk hamil. Karena itu, Anda bisa tambahkan makanan agar cepat hamil, seperti sayuran, di dalam piring Anda.

Sayuran penyubur kandungan

Berikut adalah beberapa jenis sayuran penyubur kandungan yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

1. Asparagus

Asparagus kaya folat sehingga cocok sebagai sayuran penyubur kandungan
Asparagus kaya folat sehingga cocok sebagai sayuran penyubur kandungan
Asparagus dapat dikatakan sebagai sayuran penyubur kandungan karena rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesuburan.Satu mangkuk sup asparagus dapat memenuhi lebih dari 60 persen folat, 8 persen vitamin K, dan 16 persen kebutuhan selenium harian yang direkomendasikan. Ketiga nutrisi ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kesuburan. Selain itu, sup ini juga mampu memenuhi lebih dari 20 persen nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1.Hindari asparagus kalengan yang penuh garam. Jika Anda ingin menggunakan asparagus kaleng, cari opsi yang rendah sodium.

2. Bayam dan kale

Kale kaya akan zat besi, kalsium, dan folat agar cepat hamil
Kale kaya akan zat besi, kalsium, dan folat agar cepat hamil
Bayam dan kale sangat penting dikonsumsi bagi Anda yang mencoba untuk hamil. Keduanya kaya kalsium, zat besi, dan folat, yang juga membantu mencegah terjadinya cacat lahir, ditambah lagi dengan banyaknya kandungan serat makanan sehari-hari yang penting bagi tubuh.Ada banyak cara mengolah sayuran penyubur kandungan, seperti bayam dan kale. Anda bisa memakannya secara mentah dalam salad, ditumis, direbus, atau dikukus.Kale sebagai sayuran untuk program hamil juga dapat dipanggang untuk membuat keripik, sementara bayam dapat dibuat menjadi smoothie.

3. Bit

Sebagai sayurann penyubur kandungan, bit mampu meningkatkan aliran darah ke rahim
Sebagai sayurann penyubur kandungan, bit mampu meningkatkan aliran darah ke rahim
Bit adalah sayuran untuk program hamil yang seringkali diremehkan dan jarang diketahui manfaatnya. Tapi jangan salah, bit berguna untuk membantu meningkatkan aliran darah ke rahim. Jadi, bit cocok sebagai sayuran agar cepat hamil.Mengonsumsi makanan kaya bit saat merencanakan kehamilan atau selama hamil, dapat membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.Itu sebabnya bit perlu ditambahkan ke daftar sayuran penyubur kandungan.

4. Brokoli

Brokoli sebagai sayuran penyubur kandungan kaya vitamin C untuk bantu ovulasi dan pematangan sel telur
Brokoli sebagai sayuran penyubur kandungan kaya vitamin C untuk bantu ovulasi dan pematangan sel telur
Brokoli merupakan salah satu sayuran penyubur kandungan.Terbukti, brokoli kaya vitamin C. Vitamin C terbukti kandungan yang membantu meningkatkan kesuburan dengan cara membantu proses ovulasi dan pematangan sel telur.Selain itu, brokoli juga kaya asam folat, zat besi, dan antioksidan.Terbukti, menurut riset terbitan American Journal of Obstetrics and Gynecology, asam folat berguna untuk mengurangi risiko keguguran dan meningkatkan peluang kehamilan pada program mengobati infertilitas.Selain itu, sayuran untuk menyuburkan kandungan agar cepat hamil ini juga mengandung diindolylmethane.Kandungan diindolylmethane rupanya juga mampu menyeimbangkan kadar estrogen pada laki-laki.Diketahui, estrogen yang terlalu tinggi pada pria mampu meningkatkan risiko infertilitas. Meski demikian, hal ini baru diuji pada hewan.

5. Kubis

Kubis atau kol bantu penderita endometriosis yang menyebabkan ketidaksuburan
Kubis atau kol bantu penderita endometriosis yang menyebabkan ketidaksuburan
Kubis rupanya juga merupakan sayuran penyubur kandungan.Sebab, sayuran untuk program hamil ini membantu mengurangi risiko endometriosis pada wanita. Kandungan diindolylmethane di dalam sayuran penyubur kandungan ini berguna untuk mengurangi pendarahan hebat pada penderita endometriosis.Endometriosis adalah jaringan yang mirip dengan lapisan rahim justru tumbuh di tempat lain, seperti ovarium dan tuba fallopi.Kondisi ini mampu membuat Anda sulit hamil. Sebab, struktur panggul pun berubah, tuba fallopi terluka, gangguan implantasi, hingga kualitas sel telur menurun.

6. Tomat

Tomat sebagai sayuran penyubur kandungan mengandung lycopene untuk meningkatkan kualitas sperma
Tomat sebagai sayuran penyubur kandungan mengandung lycopene untuk meningkatkan kualitas sperma
Warna merah pada tomat mengandung lycopene yang baik untuk kesuburan. Terbukti, riset dari European Journal of Nutrition menemukan bahwa lycopene di dalam sayuran untuk program hamil ini baik untuk kualitas sperma.Lycopene membantu meningkatkan kemampuan gerak sperma agar bisa mencapai sel telur dengan sempurna.Selain itu, lycopene juga membantu menjaga bentuk sperma agar tetap normal sehingga terhindar dari kelainan. Kelainan bentuk sperma pun juga terbukti erat kaitannya dengan infertilitas.

7. Ubi jalar

Beta-karoten pada ubi jalar diolah menjadi vitamin A untuk turunkan risiko infertilitas sekunder
Beta-karoten pada ubi jalar diolah menjadi vitamin A untuk turunkan risiko infertilitas sekunder
Ubi jalar merupakan salah satu sayuran penyubur kandungan karena terbukti kaya beta-karoten.Beta-karoten nantinya akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Rupanya, vitamin A berguna untuk menyuburkan kandungan.Riset dari Journal of Women's Health Care menemukan bahwa mencukupi asupan vitamin A mampu mengurangi risiko infertilitas sekunder atau kesulitan memiliki anak kedua.

8. Tauge

Sayur penyurbur kandungan tauge bantu cegah radikal bebas penyebab kerusakan sperma
Sayur penyurbur kandungan tauge bantu cegah radikal bebas penyebab kerusakan sperma
Siapa sangka, tauge ternyata juga menjadi sayuran penyubur kandungan?Rupanya, riset dari International Journal of Preventive and Public Health Sciences menemukan bahwa sayuran untuk program hamil ini mampu mengurangi kerusakan sperma akibat radikal bebas, terutama akibat paparan asupan MSG yang berlebihan.Studi ini menjelaskan bahwa sayuran yang bagus untuk promil ini mengandung vitamin C, vitamin E, dan zinc yang mampu menangkal radikal bebas.Efeknya, bentuk dan kemampuan gerak sperma pun bisa meningkat. Namun, riset ini masih diujicobakan pada hewan.Terlebih, pada dasarnya, vitamin C dan vitamin E pun secara umum memang mampu meningkatkan jumlah sperma serta memperbaiki gerakan dan bentuk sperma.Selain itu, penelitian yang diterbitkan Majalah Obstetri & Ginekologi juga menemukan bahwa mampu meningkatkan kadar hormon estrogen dan follicle-stimulating hormones (FSH) pada wanita.Serupa dengan efek pada pria, vitamin C dan vitamin E mampu menangkal radikal bebas dari asupan MSG berlebihan sehingga menurunkan kedua hormon ini. Akan tetapi, riset ini juga masih diujicobakan pada hewan.

Adakah makanan lain yang dapat menyuburkan kandungan?

Selain sayuran untuk penyubur kandungan, ada berbagai jenis makanan lainnya yang dapat membantu menyuburkan kandungan.Berikut adalah daftar beberapa makanan yang akan meningkatkan kesehatan indung telur dan sel telur Anda.

1. Produk susu berlemak

Susu berlemak mampu mengurangi risiko masalah ovulasi
Susu berlemak mampu mengurangi risiko masalah ovulasi
Sebuah studi di Harvard mengungkapan bahwa wanita yang mengonsumsi produk susu berlemak lebih kecil kemungkinannya mengalami masalah ovulasi daripada wanita yang mengonsumsi produk susu rendah lemak.Dalam studi ini, produk susu berlemak meliputi susu murni, es krim, yogurt, krim keju, dan jenis keju lainnya.Pastikan juga untuk menghitungkan kalori ekstra dalam diet Anda. Jika Anda ingin es krim, batasi diri Anda satu hingga dua porsi per minggu. Ingatlah bahwa kelebihan berat badan membawa pengaruh buruk terhadap kesuburan Anda.

2. Kuning telur

Kuning telur kaya omega-3 untuk meningkatkan kesuburan
Kuning telur kaya omega-3 untuk meningkatkan kesuburan
Selain sayuran untuk program hamil, telur merupakan salah satu makanan penyubur kandungan yang sarat akan vitamin B. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam telur juga memiliki pengaruh positif terhadap kesuburan Anda.Selain itu, telur merupakan sumber protein yang murah, serta terbukti baik untuk kesuburan pada pria dan wanita.Telur juga mengandung kolin, yakni nutrisi yang dapat membantu mengurangi risiko bayi cacat lahir.

3. Salmon

Salmon mengandung omega-3 dan vitamin Duntuk kesuburan pria dan wanita
Salmon mengandung omega-3 dan vitamin Duntuk kesuburan pria dan wanita
Tidak hanya sayuran penyubur kandungan, salmon memiliki kandungan asam amino esensial dan omega-3 yang telah terbukti bermanfaat bagi kesuburan pada pria dan wanita.Ini juga merupakan nutrisi yang harus dimiliki selama kehamilan untuk pertumbuhan janin yang sehat.Nutrisi penting penyubur kandungan lainnya yang ditemukan dalam salmon adalah vitamin D dan selenium.Faktanya, ikan salmon adalah salah satu sumber terbaik vitamin D dan selenium, yang telah terbukti penting untuk kesehatan sperma.Akan tetapi, Anda harus berhati-hati terhadap kemungkinan kontaminasi merkuri pada ikan salmon ketika Anda mencoba untuk hamil atau sedang hamil.

4. Alpukat

Alpukat kaya vitamin E untuk meningkatkan kesehatan rahim
Alpukat kaya vitamin E untuk meningkatkan kesehatan rahim
Alpukat adalah makanan penyubur kandungan yang direkomendasikan karena mengandung banyak vitamin E sekaligus bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan lapisan rahim.Selain itu, buah ini juga mengandung kalium, folat, dan vitamin K yang tinggi, yang dapat membantu tubuh Anda menyerap vitamin-vitamin lain dengan benar.

Catatan dari SehatQ

Sayuran penyubur kandungan bisa dikonsumsi untuk laki-laki dan perempuan. Mengingat, faktor infertilitas tidak hanya datang dari perempuan, tetapi juga dari laki-laki, terutama berkaitan pada kualitas sperma.Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait cara cepat hamil lainnya, Anda bisa konsultasikan dengan dokter kandungan atau chat gratis dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download sekarang di App Store dan Google Play.
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilanhamilkehamilanperawatan kesuburanibu hamil
Eatright. https://www.eatright.org/health/pregnancy/fertility-and-reproduction/fertility-foods
Diakses pada 27 Mei 2020
Glamour. https://www.glamour.com/story/foods-that-increase-fertility
Diakses pada 27 Mei 2020
Thebump. https://www.thebump.com/a/10-fertility-boosting-foods-to-help-you-get-pregnant
Diakses pada 27 Mei 2020.
Verywellfamily. https://www.verywellfamily.com/fertility-foods-recipes-1959903
Diakses pada 27 Mei 2020
Reproductive Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6700767/
Diakses pada 12 Mei 2021
Firstcry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-foods-can-boost-fertility
Diakses pada 12 Mei 2021
American Journal of Obstetrics and Gynecology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5826784/
Diakses pada 12 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/dim-supplement
Diakses pada 12 Mei 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/endometriosis/
Diakses pada 12 Mei 2021
American Society for Reproductive Medicine. https://www.reproductivefacts.org/news-and-publications/patient-fact-sheets-and-booklets/documents/fact-sheets-and-info-booklets/endometriosis-does-it-cause-infertility/
Diakses pada 14 Mei 2021
European Journal of Nutrition. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs00394-019-02091-5
Diakses pada 12 Mei 2021
Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2019/10/191009101159.htm
Diakses pada 12 Mei 2021
New England Fertility Institute. https://www.nefertility.com/international-fertility-blog/maximizing-male-fertility
Diakses pada 12 Mei 2021
Journal of Women's Health Care. https://www.longdom.org/open-access/vitamin-a-deficiency-and-female-fertility-problems-a-case-report-and-mini-review-of-the-literature-2167-0420.1000210.pdf
Diakses pada 12 Mei 2021
International Journal of Preventive and Public Health Sciences. http://theicph.com/id_ID/2018/09/12/effect-of-green-bean-sprouts-extract-on-sperm-quality-among-mice-exposed-with-monosodium-glutamate/
Diakses pada 12 Mei 2021
Majalah Obstetri & Ginekologi. https://www.e-journal.unair.ac.id/MOG/article/viewFile/13084/7413
Diakses pada 12 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait