7 Cara Cepat Hamil Setelah Menikah yang Dikenal Manjur

(0)
08 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Widiastuti
Berbaring setelah berhubungan intim di masa subur adalah cara cepat hamil setelah menikahBerhubungan intim di masa subur adalah salah satu cara cepat hamil setelah menikah
Kehamilan adalah sesuatu yang banyak didambakan oleh banyak pasangan baru setelah meresmikan perkawinan. Jika Anda bersama pasangan berencana ingin segera punya momongan, simak cara cepat hamil setelah menikah yang efektif berikut ini!

Kira-kira, dalam berapa bulan bisa hamil setelah menikah?

Diperkirakan 90% pasangan suami istri yang baru menikah akan hamil dalam 12 sampai 18 bulan setelah mencoba. Rata-rata perempuan yang berusia 26 hingga 29 tahun mungkin membutuhkan minimal 4-6 bulan untuk bisa hamil setelah menikah. 
 
Jika Anda berusia 35 tahun atau lebih, dokter akan memeriksa kesuburan Anda jika gagal hamil setelah enam bulan mencoba sejak malam pernikahan.
 

Cara cepat hamil setelah menikah

Agar cepat hamil setelah menikah, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan, khususnya soal ranjang. Umumnya jika Anda ingin cepat hamil setelah menikah, pertimbangkan untuk:
  • Berhubungan intim 2-3 kali seminggu
  • Berhubungan seks di hari wanita paling subur.
  • Berhubungan seks di posisi yang menguntungkan bagi sperma.
  • Hentikan penggunaan KB sejak beberapa bulan sebelum menikah.
  • Berbaring telentang setelah pria berejakulasi.
Namun, merencanakan kehamilan segera setelah pernikahan bukan hanya soal seberapa sering Anda berhubungan seks. Anda juga disarankan untuk memperbaiki gaya hidup yang Anda jalani bersama pasangan. Nah, berikut adalah 7 cara yang bisa Anda ikuti jika ingin cepat hamil setelah menikah:

1. Periksakan kesehatan ke dokter

Persiapkan tubuh Anda untuk menjalani kehamilan dengan memeriksakan kesehatan reproduksi ke dokter spesialis kandungan. Dengan demikian, Anda dan pasangan dapat mengetahui tentang masalah yang mungkin dapat menghambat kesuburan ataupun menurunan kesuksesan program hamil.Pemeriksaan fisik dan organ reproduksi idealnya dilakukan jauh-jauh hari sebelum menikah. Pemeriksaan dapat meliputi pengecekan seluruh organ reproduksi, dari vagina, leher rahim, rahim, saluran telur, serta indung telur pada wanita menggunakan alat ultrasonografi (USG). Bagi pria, pengecekan dapat meliputi pemeriksaan kondisi penis, skrotum, testis, dan kualitas sperma.Dokter mungkin juga akan menyarankan pasangan wanita untuk mulai mengonsumsi suplemen asam folat. Asam folat dapat membantu mengurangi risiko terjadinya cacat lahir.
Memiliki tubuh yang sehat serta fungsi sistem reproduksi yang bekerja optimal dapat meningkatkan kemungkinan sukses hamil setelah resmi menikah.
 

2. Ketahui kapan masa paling subur Anda

Mengetahui masa ovulasi dapat memberi tahu Anda kapan seorang wanita akan paling subur. Secara umum, tanda-tanda yang ditunjukkan seorang wanita pada masa paling suburnya adalah kemunculan cairan keputihan yang encer.Dengan mengetahui masa subur, Anda bisa dapat merencanakan untuk melakukan hubungan seks pada saat tersebut sehingga kemungkinan hamil dapat meningkat.Masa ovulasi adalah waktu saat ovarium melepaskan sel telur. Pelepasan telur normalnya terjadi satu kali dalam sebulan.Proses ovulasi biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum hari pertama haid Anda. Jika siklus haid Anda adalah setiap 28 hari, Anda akan mulai berovulasi di sekitar hari ke-14. Hari-hari paling subur Anda adalah di hari ke-12, 13, dan 14. Maka idealnya, Anda dan pasangan berhubungan seks setiap hari atau dua hari sekali pada rentang masa subur ini.Anda juga bsa mulai rutin berhubungan intim tiap 2-3 hari sekali sejak 5 hari sebelum masa ovulasi Anda mulai. Ini dapat membantu memastikan bahwa Anda dan pasangan berhubungan seks pada saat paling subur.Namun mudahnya, Anda juga bisa mengetahui kapan masa paling subur Anda dengan membeli alat deteksi masa kesuburan di apotek.

3. Berhubungan seks dengan posisi yang bikin cepat hamil

Jika ingin cepat hamil, mengutip Baby Centre UK, posisi seks yang direkomendasikan adalah posisi misionaris (pria di atas) dan posisi doggy style (pria masuk dari belakang). Namun sebetulnya, belum ada penjelasan ilmiah yang membuktikan hubungan antara posisi saat berhubungan seks dengan pembuahan.Pasangan suami istri baru boleh saja mencoba berbagai gaya. Akan tetapi, sebaiknya utamakan posisi yang tidak berlawanan dengan daya gravitasi supaya sperma tidak mengalir turun dan mengering.Faktor yang paling menentukan sebenarnya adalah kapan Anda menjadwalkan waktu untuk berhubungan intim.  Agar cepat hamil setelah menikah, ada baiknya merencanakan malam pertama dan bulan madu tepat di masa ovulasi wanita.Sel telur hanya bisa bertahan hidup sekitar 12-24 jam setelah dilepaskan. Maka, rentang waktu inilah yang dianggap paling ideal bagi pasangan suami istri untuk melakukan hubungan intim agar bisa hamil.

4. Berbaring setelah berhubungan Intim

Wanita disarankan untuk berbaring selama 10-15 menit setelah berhubungan intim dengan pasangan sebagai cara cepat hamil setelah menikah. Tips ini dapat membantu kemulusan sperma berenang menuju rahim karena vagina memiliki bentuk seperti lereng yang menurun ke bawah.Berbaring setelah berhubungan intim dapat membantu sperma untuk terkumpul dan memudahkan perjalanan sperma menuju sel telur.Tunda dulu keinginan untuk buang air kecil segera setelah selesai berhubungan seks, setidaknya untuk 10-15 menit pertama untuk memperbesar kemungkinan hamil.

5. Pastikan sperma yang keluar sehat

Pasangan disarankan untuk rutin berhubungan intim, baik dalam masa ovulasi ataupun tidak, karena sperma pria bisa hidup hingga 72 jam setelah berhubungan intim.Keberhasilan pembuahan akan meningkat apabila sel teluar dibuahi oleh sperma yang sehat.Untuk mendapatkan sperma yang sehat, seorang pria dapat melakukan beberapa langkah seperti berhenti merokok, mengurangi konsumsi alkohol, menjaga berat badan ideal, dan tidak terlalu lama berendam di air panas atau melakukan sauna karena suhu yang panas dapat mengurangi jumlah sperma.

6. Hindari stres

Tidak hanya memerhatikan kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga merupakan salah satu tips cepat hamil yang tak boleh terlewat. Terlalu terobsesi dan buru-buru menjajal semua cara agar cepat hamil setelah menikah dapat berujung pada stres yang tak berkesudahan.Bebaskanlah pikiran dari beban menjawab "kapan punya anak?" yang meneror Anda dan pasangan. Fokuskanlah "masa-masa bulan madu" ini untuk mendekatkan diri dengan satu sama lain demi membangun keintiman dalam rumah tangga.Hilangkan stres yang membuat Anda buru-buru ingin cepat hamil setelah menikah dengan melakukan hobi atau kegiatan menyenangkan lain bersama pasangan. Nikmati saja perjalanan menuju hamil ini secara positif dan santai.

7. Jalani gaya hidup sehat

Mengadopsi gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga bareng dan menjaga pola makan sehat untuk program hamil bisa jadi cara yang baik jika Anda ingin cepat hamil setelah menikah.Dua cara tersebut dapat membantu Anda dan pasangan eraih berat badan yang ideal. Sebab, berat badan yang berlebih atau justru sangat kurang di bawah normal dapat memengaruhi peluang sukses hamil.Prioritaskan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit secara rutin sebanyak 5 kali dalam seminggu. Jangan berolahraga terlalu ekstrim karena bisa memengaruhi hormon dan masa ovulasi bagi wanita.Hindari juga merokok, terutama bagi wanita karena mempengaruhi hormon estrogen dan masa ovulasi.Dengan mengikuti tips cara cepat hamil setelah menikah seperti di atas, diharapkan Anda dapat segera mendapatkan kehamilan yang telah didambakan. Untuk mendapatkan kehamilan, usaha harus dilakukan baik dari sisi pria maupun wanita. Karena itu, kerjasama yang baik dengan pasangan juga dibutuhkan.Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut terkait cara cepat hamil setelah menikah, langsung chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
kehamilanmerencanakan kehamilanmeningkatkan kesuburankeluarga berencanapemeriksaan kehamilan
WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/7-tips-getting-pregnant-faster#1
Diakses pada Oktober 2018
Parenting. https://www.parents.com/getting-pregnant/ovulation/fertile-days/get-pregnant-faster/
Diakses pada 13 Maret 2019
Baby Centre. https://www.babycenter.com/0_how-to-get-pregnant-fast_10337115.bc
Diakses pada 13 Maret 2019
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/sex-for-getting-pregnant Diakses pada 7 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait