Ingin Cat Rambut Tanpa Bleaching? Lakukan Berbagai Cara Ini

(0)
13 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cat rambut tanpa bleaching juga menghasilkan warna rambut yang cukup memuaskanCat rambut tanpa bleaching dapat dilakukan dengan sejumlah metode
Bleaching adalah salah satu proses kimiawi yang dilakukan dalam prosedur pewarnaan rambut. Sayangnya, bleaching dapat memiliki beberapa efek buruk pada rambut, khususnya jika dilakukan terlalu sering.Beberapa contoh efek buruk bleaching yang merugikan adalah membuat rambut kering dan melukai kulit kepala. Sebagai alternatifnya, ada varian cat rambut tanpa bleaching yang dapat Anda coba.

Cara cat rambut tanpa bleaching

Jika Anda tertarik untuk cat rambut tanpa bleaching, berikut adalah beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mewarnai rambut.

1. Pilih cat rambut temporer

Cat rambut temporer adalah jenis cat rambut yang hanya bersifat sementara dan dapat langsung hilang dengan keramas. Salah satu keunggulan cat rambut tanpa bleaching ini adalah penggunannya yang sangat mudah.Cat rambut temporer dapat diaplikasikan dengan mengunakan sikat atau dengan penyemprotan. Sementara itu, ada kelebihan cat rambut temporer lainnya yang bisa Anda nikmati, di antaranya:
  • Prosedur cat rambut tanpa bleaching yang mudah dan praktis.
  • Dapat mengombinasikan beberapa pilihan warna sekaligus sehingga Anda bebas bereksperimen dengan warna rambut yang lebih kreatif dan variatif.
  • Jika hasil akhir tidak memuaskan, Anda dapat langsung menghilangkannya.

2. Pilih cat rambut dengan tone senada dan shade lebih gelap

Bleaching merupakan proses kimiawi yang bertujuan untuk membuat warna rambut lebih terang. Jika Anda ingin memakai cat rambut tanpa bleaching, Anda dapat memilih warna cat rambut yang lebih gelap dari warna alami rambut Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih cat rambut dalam kelompok warna yang sama.Misalnya, Jika Anda memiliki rambut berwarna hitam, Anda dapat memilih warna blue black (hitam kebiru-biruan), cokelat gelap, hitam kemerahan, dan variasi warna lainnya yang senada. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cat rambut yang bersifat semi-permanen ataupun permanen.

3. Menggunakan cat rambut henna

Henna adalah salah satu cat rambut tanpa bleaching yang berbahan alami. Awalnya, henna digunakan untuk menghias tangan atau kuku.Akan tetapi, kini henna juga tersedia untuk rambut dalam berbagai pilihan warna. Anda bisa mendapatkan produk cat rambut berbahan henna di supermarket atau toko obat dan kecantikan.

Tertarik menggunakan pewarna rambut alami?

Selain menggunakan cat rambut yang dapat dibeli di toko, Anda juga dapat mengecat rambut dengan pewarna rambut alami yang Anda buat sendiri. Alternatif cat rambut tanpa bleaching ini terbuat dari bahan-bahan rumahan yang mudah didapat.

1. Jus wortel

Selain kaya akan nutrisi, wortel dapat dimanfaatkan sebagai pewarna rambut alami. Warna yang dihasilkan sayuran ini adalah jingga kemerahan. Daya tahan pewarna dari jus wortel tergantung dari warna rambut awal Anda. Berikut adalah cara cat rambut tanpa bleaching dengan jus wortel yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:
  • Campurkan jus wortel dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu oleskan campuran tersebut pada rambut Anda.
  • Bungkus rambut dengan plastik dan biarkan hingga mengeras sekitar 1 jam.
  • Bilas rambut dengan campuran cuka sari apel.
  • Jika hasilnya masih kurang meyakinkan, Anda dapat mengulanginya keesokan hari.

2. Jus bit

Jus bit dapat Anda gunakan sebagai cat rambut tanpa bleaching. Jus ini dapat menjadi pewarna rambut alami merah yang lebih gelap dari jus wortel. Langkah-langkah yang dilakukan sama dengan menggunakan jus wortel.

3. Jus lemon

Jika menginginkan pewarna rambut alami yang memberi warna lebih terang, Anda dapat memanfaatkan jus lemon. Tidak hanya memberikan efek rambut lebih terang, hasil cat rambut tanpa bleaching dengan jus lemon dapat bertahan secara permanen. Caranya pun sangat mudah. Cukup semprotkan campuran jus lemon pada bagian rambut yang ingin diwarnai secara merata. Biarkan selama 1 jam sebelum dibilas. Anda dapat melakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.Itulah beberapa jenis cat rambut tanpa bleaching yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif. Namun, sebelum mengaplikasikan apa pun ke rambut dan kulit kepala, pastikan Anda tidak memiliki reaksi alergi pada bahan yang digunakan. Selain itu, hentikan pemakaian jika Anda mengalami iritasi pada kulit kepala.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kulit, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan rambutrambut kering
Loreal Paris USA. https://www.lorealparisusa.com/beauty-magazine/hair-color/hair-color-tutorials/hair-dye-for-dark-hair-without-bleach.aspx
Diakses 25 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/natural-hair-dye#lemon-juice
Diakses 25 Februari 2021
Zala Hair. https://www.zalahair.com/blog/side-effects-of-bleaching-hair/
Diakses 25 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait