Informasi Seputar Kalori Apel Fuji dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Kalori apel fuji cenderung berbeda-beda tergantung ukurannya
Apel fuji biasanya berukuran besar dengan rasa manis madu dan warna kulit merah kekuningan

Apel merupakan salah satu buah yang populer dan hadir dalam berbagai jenis. Salah satunya apel fuji. Apel fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis. Ia memiliki tekstur keras, segar, dan berair dengan warna kulit merah kekuningan. Tergantung pada ukurannya, kalori apel fuji mengandung sebanyak 69 kkal. Apa saja manfaat apel fuji bagi kesehatan? 

Kalori apel fuji dan kandungan nutrisi lain di dalamnya

Apel fuji adalah salah satu varian buah apel yang memiliki ukuran besar dengan rasa manis madu. Hadir dalam ukuran yang bermacam-macam, kalori apel fuji mengandung sebanyak 69 kkal. Selain itu, apel fuji juga mengandung nutrisi lain, seperti:

  • Karbohidrat: 16.59 gram
  • Serat: 2.3 gram
  • Vitamin B6: 0.049 miligram
  • Vitamin B2: 0.028 miligram
  • Vitamin E: 0.2 miligram
  • Kalium: 119 miligram
  • Fosforus: 14 miligram
  • Mangan: 0.034 miligram
  • Zat besi: 0.11 miligram
  • Tembaga: 0.027 miligram

Apel fuji juga mengandung vitamin C, flavonoid, polifenol, dan bioflavonoid yang tinggi. 

Mencermati kalori apel fuji dan kandungan nutrisi lain yang baik di dalamnya, tak ayal jika ada berbagai manfaat apel fuji bagi kesehatan. Terlebih jika Anda makan apel fuji tanpa mengupas kulitnya, maka kandungan nutrisi, termasuk serat dan polifenol, yang diserap oleh tubuh akan semakin banyak. 

Manfaat apel fuji bagi kesehatan

Makan apel fuji setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda karena kandungan serat, vitamin, flavonoid yang tinggi di dalamnya. 

Kalori apel fuji dan kandungan nutrisi di dalam buah apel fuji dapat mencegah Anda dari berbagai penyakit, serta menjauhkan Anda dari keharusan mengunjungi dokter karena sakit. Secara umum, berikut manfaat apel fuji bagi kesehatan:

1. Mengendalikan berat badan

Berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga stroke.

Nah, untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, lakukanlah pola makan kaya serat dengan makan apel fuji. 

Para ahli mengemukakan bahwa makan apel, termasuk apel fuji, memberi rasa kenyang lebih lama karena kalori apel fuji yang rendah tetapi mengandung serat tinggi. Inilah yang menjadi salah satu manfaat apel fuji untuk mengendalikan berat badan. 

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Apel segar biasanya tidak dapat larut dalam usus kecil, melainkan akan langsung menuju usus besar untuk memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Dengan makan apel fuji secara rutin, kelancaran fungsi pencernaan Anda menjadi terpelihara. 

Manfaat apel fuji ini juga didukung oleh kandungan pektin pada apel yang bertindak sebagai sumber probiotik yang baik bagi usus Anda. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Apel fuji mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan antioksidan inilah yang bertanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. 

Jika Anda makan apel fuji beserta kulitnya, manfaat apel fuji satu ini akan menjadi lebih maksimal dengan cara mengurangi peradangan. Sebab, kulit apel mengandung antioksidan berupa quercetin. 

Dengan demikian, Anda akan terhindar dari paparan infeksi serta mempercepat proses pemulihan penyakit yang diderita. 

4. Menyehatkan jantung

Rutin makan apel fuji setiap hari dapat memelihara kesehatan jantung. Manfaat apel fuji satu ini hadir berkat kandungan serat dan kalium di dalamnya yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Selain itu, kandungan vitamin C alias antioksidan di dalam apel fuji juga baik untuk melindungi kesehatan jantung Anda. 

5. Mencegah kekambuhan asma

Salah satu penyebab asma adalah pembengkakan pada membran dan sel yang dapat berakibat fatal.

Mengonsumsi apel, begitu pula dengan apel fuji, dapat membantu mencegah kekambuhan asma karena kandungan antiradang dan nutrisi lain yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

6. Mengurangi risiko diabetes

Sejumlah hasil studi mengemukakan bahwa makan apel, termasuk apel fuji, dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Hal ini tak terlepas dari kandungan serat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. 

Tak hanya itu, kandungan polifenol di dalam buah apel juga dapat mencegah kerusakan kelenjar pankreas lebih lanjut pada penderita diabetes tipe 2.

7. Meningkatkan kinerja otak

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Clinical Nutrition Experimental mengemukakan bahwa quercetin (salah satu jenis antioksidan yang ditemukan dalam buah apel) dapat membantu mengurangi sel mati yang menjadi penyebab penurunan kinerja otak. 

Kemudian, dalam studi berbeda menunjukkan konsumsi buah apel, termasuk apel fuji, dipercaya dapat meningkatkan produksi neurotransmitter asetilkolin esensial pada otak guna meningkatkan daya ingat. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit Alzheimer. 

8. Mencegah batu empedu

Batu empedu dapat terbentuk ketika kadar kolesterol dalam tubuh Anda cukup tinggi.

Untuk mencegah kondisi ini terjadi, Anda dapat mengonsumsi makanan tinggi serat, termasuk yang berasal dari apel fuji, guna mengendalikan kadar kolesterol sehingga pembentukan batu empedu dapat dicegah. 

9. Menangkal radikal bebas

Apel fuji mengandung banyak antioksidan, seperti quercetin, katekin, phloridzin, dan asam klorogenik. Antioksidan berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama karena fungsinya untuk menangkal efek buruk radikal bebas. 

Radikal bebas adalah molekul reaktif yang dapat menumpuk akibat proses alami dan paparan lingkungan.

Jika terlalu banyak radikal bebas yang terakumulasi dalam tubuh maka dapat menyebabkan stres oksidatif sehingga meningkatkan risiko kerusakan sel. 

Kerusakan sel inilah yang bisa berkontribusi terhadap berbagai kondisi kesehatan, seperti diabetes hingga kanker.

Di sinilah manfaat apel fuji bekerja karena antioksidan berperan menetralkan sifat reaktif dari radikal bebas sehingga mencegah rusaknya sel. 

10. Mencegah pertumbuhan kanker

Apel fuji mengandung berbagai senyawa antioksidan dan antiradang yang dapat berperan sebagai antikanker. 

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada 2016 mengemukakan bahwa konsumsi apel secara rutin, termasuk apel fuji, dapat menurunkan risiko kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus besar, dan lainnya. 

Kalori apel fuji dan kandungan nutrisi lain di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Anda juga dapat makan apel fuji dengan kulitnya guna mendapatkan manfaat apel fuji yang maksimal. Namun, pastikan apel fuji yang Anda konsumsi dalam keadaan segar dan bersih. 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-health-benefits-of-apples#section10
Diakses pada 2 Juli 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/267290#benefits
Diakses pada 2 Juli 2020

Health Benefit Times. https://www.healthbenefitstimes.com/fuji-apples/
Diakses pada 2 Juli 2020

Our Everyday Life. https://oureverydaylife.com/fuji-apples-health-benefits-12156714.html
Diakses pada 2 Juli 2020

Clinical Nutrition Experimental. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352939317300623
Diakses pada 2 Juli 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3183591/
Diakses pada 2 Juli 2020

Artikel Terkait