Idealkan Bentuk Tubuh dengan Teknik Meratakan Perut yang Efektif

Hal pertama yang perlu perlu diperhatikan untuk dapat efektif meratakan perut kerap disepelekan atau bahkan tidak diketahui
Perut yang buncit kerap menjadi hal yang mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang

Meratakan perut merupakan tujuan umum yang banyak dimiliki orang-orang saat akan memulai rutinitas olahraga. Dengan memiliki tampilan perut rata dan langsing, seseorang dapat lebih percaya diri dalam setiap penampilan tanpa harus mencari pakaian yang dapat menutupi perut yang buncit.

Akan tetapi, tidak jarang dari mereka melakukan kesalahan dalam memilih latihan untuk meratakan perut. Itulah sebabnya penting bagi Anda untuk mencari informasi mengenai teknik yang tepat untuk meratakan perut.

1. Perbaiki Postur Tubuh

Hal pertama yang perlu perlu diperhatikan untuk dapat efektif meratakan perut kerap disepelekan atau bahkan tidak diketahui. Tubuh yang bungkuk kerap menjadi penyebab perut yang membuncit. Untuk itu, perbaikilah postur tubuh Anda agar lebih tegak dan lurus.

Biarkan otot perut Anda menjadi ikut tegak dan lurus sehingga tampak lebih rata. Untuk membuat postur tubuh yang baik, Anda dapat memposisikan telinga Anda sejajar dengan tas bahu, kemudian pastikan posisi bahu Anda terbuka seperti kemeja di gantungan baju.

2. Jangan Hanya Fokus pada Perut

Tujuan Anda melakukan latihan memang untuk meratakan perut, tetapi bukan berarti Anda harus mengacuhkan bagian tubuh lain. Dalam hal ini, otot perut yang kencang dan rata sangat dipengaruhi dengan otot dan kondisi tubuh lain seperti otot punggung dan gluteal.

Dengan kata lain, Anda perlu mempertimbangkan latihan otot-otot tersebut agar hasil latihan otot perut Anda dapat berhasil dengan lebih efektif.

3. Cobalah Gerakan Canoe Twist

Salah satu latihan yang cukup direkomendasikan untuk meratakan perut adalah gerakan canoe twist. Gerakan ini dimulai dengan posisi berdiri tegak dan telapak kaki terpisah sejajar dengan bahu. Kunci jari Anda untuk menciptakan cengkeraman yang kuat.

Buang nafas, kemudian gerakan tangan, lengan, bahu, dan dada ke kiri, seolah-olah Anda mendayung kano. Pada saat yang sama, angkat lutut kiri ke atas dan ke kanan.

Tarik napas dan kembali ke posisi awal. Buang napas dan lakukan gerakan ke kanan. Terus berpindah sisi hingga kurang lebih 20 kali repetisi.

4. Perhatikan Diet Anda

Latihan perut yang Anda lakukan tentu akan percuma jika tidak diiringi dengan kebiasaan menjaga pola dan asupakan makan yang disiplin, sehat, dan bergizi.

Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan asupan kalori yang dibutuhkan per hari untuk menghindari tersimpannya lemak berlebih, khususnya pada bagian perut. Perbanyak asupan protein dan sayuran, serta kurangi asupan gorengan dan makanan cepat saji.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda coba lakukan untuk dapat meratakan perut dengan efektif dan efisien. Selain itu, Anda juga perlu memahami bahwa mendapatkan tubuh yang ideal memerlukan proses dan usaha yang disiplin dan konsisten.

Jadi, janganlah mengharap hasil yang instan dan nikmatilah tiap proses yang Anda lakukan. Hindari menentukan target yang terlalu tinggi karena dapat membuat Anda putus asa di tengah usaha karena merasa sulit untuk mencapainya.

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/slideshow-9-tips-flat-abs
Diakses pada Oktober 2018

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/healthy-living/fitness/10-tricks-flatten-your-stomach/
Diakses pada Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed