9 Ide Camilan Sehat untuk Di Kantor yang Mengenyangkan


Ada banyak ide camilan sehat untuk di kantor yang lezat, seperti kacang dan buah kering, apel dan selai kacang, granola, hingga Greek yogurt.

0,0
05 Nov 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Camilan sehat untuk di kantorAda banyak camilan sehat untuk di kantor yang bisa Anda konsumsi.
Di sela-sela pekerjaan kantor yang menyibukkan, banyak orang menyempatkan dirinya untuk mengonsumsi camilan. Akan tetapi, terkadang pilihan camilan yang tersedia tidak selalu menyehatkan. Beberapa di antaranya bahkan bisa merugikan kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering.
Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menyimak berbagai ide camilan sehat untuk di kantor yang lezat dan mengenyangkan berikut ini.

9 camilan sehat untuk di kantor yang praktis dan lezat

Mulai dari kacang dan buah kering hingga Greek yogurt, berikut adalah camilan sehat yang bisa dikonsumsi saat bekerja di kantor.

1. Kacang dan buah kering

Kacang dan berbagai buah kering dapat menjadi camilan sehat untuk pekerja kantoran. Selain rasanya lezat, kedua makanan ini mudah disiapkan dan tidak gampang busuk jika disimpan.Kacang dan buah kering menawarkan tiga nutrisi makro yang dibutuhkan sehari-hari, seperti lemak sehat, protein, serta karbohidrat.Terlebih lagi, kedua camilan lezat tersebut mengandung serat yang dapat membuat Anda tidak cepat lapar.

2. Kacang arab panggang

Kacang Arab, atau chickpea, juga bisa menjadi camilan sehat yang Anda bawa ke kantor. Untuk menambah kelezatannya, Anda dapat memanggangnya terlebih dahulu.Setengah cangkir (125 gram) kacang Arab mengandung 5 gram serat dan 10 gram protein. Tidak hanya itu, camilan sehat ini juga dilengkapi dengan sebagian besar asam amino penting.Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Advances in Nutrition menyatakan, memakan legum seperti kacang Arab dapat meningkatkan perasaan kenyang dan dipercaya dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

3. Greek yogurt

polos dan tidak mengandung gula dipercaya mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan jenis yogurt lainnya. Maka dari itu, camilan ini dapat dijadikan camilan sehat yang bisa dikonsumsi selama Anda bekerja.Selain mengandung protein, Greek yogurt juga dilengkapi dengan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang serta gigi.Supaya rasanya semakin lezat, Anda bisa menambahkan kacang-kacangan atau buah kering di atasnya.

4. Granola

Granola dianggap sebagai camilan sehat yang praktis dan mudah dibuat. Akan tetapi, sebagian besar produknya yang dijual di pasaran mengandung gula tambahan dan minyak sayur yang dianggap berbahaya untuk kesehatan.Sebagai solusinya, Anda dapat membuat granola rumahan sendiri. Campurkan oat gulung, biji bunga matahari (kuaci), buah cranberry kering, dan kacang mete. Setelah itu, tuangkan sedikit minyak kelapa dan madu. Terakhir, panggang selama 40 menit dengan api kecil.Resep granola di atas mengandung lemak baik, karbohidrat kompleks, dan serat yang baik untuk kesehatan.

5. Rumput laut

Kalau Anda sedang mencari camilan sehat untuk pekerja kantoran yang renyah dan lezat, cobalah rumput laut.Sebuah ulasan yang dimuat dalam Comprehensive Reviews In Food Science and Food Safety mengungkapkan, kandungan polisakarida yang dimiliki rumput laut mengandung senyawa antiradang, antikarsinogenik, dan antioksidan yang bisa mencegah kanker dan infeksi virus!Terdapat beberapa jenis rumput laut yang bisa Anda coba, salah satunya nori yang banyak dijual di pasaran.

6. Edamame

Edamame adalah kacang berwarna hijau yang bisa dijadikan camilan sehat untuk pekerja kantoran. Dikutip dari Medical News Today, edamame mengandung protein, serat, vitamin, serta mineral yang baik untuk kesehatan.Kandungan serat dan protein yang dimiliki edamame mampu menjaga energi tubuh Anda selagi bekerja. Inilah alasan mengapa edamame cocok untuk dijadikan camilan sehat di kantor.

7. Popcorn

Popcorn adalah camilan ringan yang lezat dan praktis untuk dibuat. Makanan renyah yang terbuat dari jagung ini mengandung serat tinggi dan rendah kalori.Popcorn bahkan mengandung antioksidan bernama polifenol yang bisa membantu Anda mencegah penyakit jantung.Untuk membuatnya di rumah, Anda hanya perlu memasak biji jagung hingga teksturnya berubah menjadi popcorn. Cukup mudah, bukan?

8. Telur rebus

Tidak hanya menyehatkan, telur rebus pun dapat menjadi camilan ringan yang mudah untuk dibuat dan dibawa ke kantor.Dilansir dari Healthline, telur mengandung hampir semua nutrisi yang Anda butuhkan, seperti protein, kalsium, zat besi, vitamin A, B6, B12, hingga D.Jika Anda tidak suka dengan rasa telur rebus tawar, taburkan sedikit garam atau lada di atasnya.

9. Apel dan selai kacang

Tahukah Anda kalau apel dan selai kacang merupakan perpaduan yang menyehatkan? Selai kacang mengandung protein dan lemak baik, sedangkan apel dilengkapi dengan serat dan air.Kombinasi di antara keduanya mampu membuat Anda merasa kenyang dan bertenaga lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor.

Catatan dari SehatQ

Mengonsumsi berbagai camilan sehat untuk di kantor adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga energi tubuh dan produktivitas Anda. Ditambah lagi, sederet camilan di atas juga mudah dibuat dan praktis dibawa ke kantor.Jika Anda ingin bertanya seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-snacks-for-work#TOC_TITLE_HDR_5
Diakses pada 21 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/healthy-snacks#list-of-healthy-snacks
Diakses pada 21 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait