Cara Tepat Penggunaan Ibuprofen untuk Sakit Gigi


Ibuprofen bisa meredakan sakit gigi dan gusi bengkak. Dosis dewasa antara 200-250 gram sekali minum maksimal 3-4 kali sehari. Ibu hamil yang sakit gigi tidak disarankan minum ibuprofen.

0,0
13 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ibuprofen untuk sakit gigi bisa diminum 3-4 kali sehari dengan dosis 200-250 mg sekali minumIbuprofen efektif untuk meredakan sakit gigi dan gusi bengkak
Ibuprofen adalah obat antinyeri yang masuk ke dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Obat ini kerap digunakan untuk meredakan berbagi kondisi nyeri dan radang, termasuk sakit gigi dan bengkak di gusi maupun pipi. Penggunaan ibuprofen untuk sakit gigi dinilai ampuh, sehingga tidak jarang obat ini menjadi salah satu obat yang diresepkan oleh dokter gigi.
Ibuprofen biasanya diberikan oleh dokter setelah prosedur cabut gigi. Obat ini digunakan untuk meredakan nyeri yang mungkin muncul setelah efek bius hilang atau meredakan sakit gigi akibat radang dan infeksi sebelum memulai prosedur perawatan tertentu.Meski sering dipilih sebagai medikasi utama saat sakit gigi, Anda tetap tidak bisa mengonsumsinya secara sembarangan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan pada penggunaan ibuprofen untuk mengobati sakit gigi.

Dosis ibuprofen untuk sakit gigi dan gusi bengkak

Dosis ibuprofen untuk sakit gigi orang dewasa dan anak berbeda
Dosis penggunaan ibuprofen untuk dewasa adalah 200-250 mg satu kali minum
Agar penggunaan ibuprofen untuk sakit gigi efektif, pemberian obat harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.Sebagai acuan, Pusat Informasi Obat Nasional menganjurkan dosis penggunaan ibuprofen untuk mengatasi nyeri sebagai berikut:

Dewasa

Dosis ibuprofen yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah sebanyak 200-250 mg diminum 3-4 kali sehari.

Anak-anak

Dosis ibuprofen untuk anak-anak harus sesuai dengan usianya, yaitu:
  • untuk usia 1-2 tahun dosisnya adalah 50 mg diminum 3-4 kali sehari.
  • untuk usia 3-7 tahun dosisnya adalah 100-125 mg diminum 3-4 kali sehari.
  • untuk usia 8-12 tahun dosisnya 200-250 mg diminum 3-4 kali sehari.
Ibuprofen tidak dianjurkan diberikan kepada anak dengan berat badan kurang dari 7 kilogram. Ibuprofen juga termasuk obat golongan NSAID yang dapat mengiritasi lambung. Maka sebaiknya diminum setelah makan.Baca Juga: Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi, Ini Dosis Tepat dan Cara Pakainya

Siapa yang tidak dianjurkan minum ibuprofen untuk mengatasi sakit gigi?

Orang dengan riwayat penyakit jantung tidak dianjurkan minum ibuprofen saat sakit gigi
Orang dengan riwayat penyakit jantung tidak dianjurkan minum ibuprofen
Tidak semua orang dapat menggunakan ibuprofen sebagai obat sakit gigi dan gusi bengkak. Anda sebaiknya tidak meminum obat ibuprofen jika memiliki alergi terhadap obat-obatan kelompok NSAID atau sedang berusaha untuk hamil.Selain itu, ibuprofen juga tidak dianjurkan pada orang yang memiliki kondisi di bawah ini:
  • Gangguan fungsi hati
  • Gangguan fungsi ginjal
  • Perdarahan
  • Gangguan pernafasan
  • Ulkus serta perforasi pada lambung
  • Punya riwayat penyakit jantung
  • Hipertensi tidak terkontrol
  • Hiperlipidemia
  • Diabetes melitus
  • Penyakit serebrovaskular (pembuluh darah di otak)
  • Penyakit arteri periferal
  • Mengalami dehidrasi
  • Meningitis aseptik
Baca Juga: Paracetamol untuk Obat Sakit Gigi Apakah Ampuh? Ini Penjelasannya

Bolehkah Ibuprofen diminum ibu hamil dan menyusui yang sakit gigi?

Ibu hamil tidak dianjurkan minum ibuprofen saat sakit gigi
Ibu hamil tidak dianjurkan minum ibuprofen saat sakit gigi
Pemberian obat sakit gigi pada ibu hamil dan menyusui perlu mendapatkan perhatian khusus karena bisa memberikan efek samping pada kehamilan dan janin. Keamanan penggunaan ibuprofen untuk ibu hamil akan tergantung pada usia kandungannya.

Usia kehamilan trimester pertama (hingga 12 minggu usia kehamilan)

Jika memungkinkan, ibu hamil direkomendasikan untuk menghindari semua obat-obatan termasuk ibuprofen saat sedang sakit gigi atau mengalami gusi bengkak pada trimester pertama kehamilan. Kondisi ini memiliki pengecualian jika obat diberikan atas saran dan diresepkan oleh dokter.

Usia kehamilan 20 hingga 30 minggu

Penggunaan ibuprofen pada ibu dengan usia kehamilan 20-30 minggu sebaiknya dibatasi hingga dosis efektif terendah untuk durasi sesingkat mungkin.Jika ibuprofen harus digunakan lebih dari 48 jam, sebaiknya disertai dengan pemantauan USG cairan ketuban. Apabila terjadi oligohidramnion (air ketuban sedikit), segera hentikan NSAID dan segera dapatkan penanganan yang tepat.

Usia kehamilan di atas 30 minggu

Pemberian ibuprofen juga tidak dianjurkan saat usia kehamilan di atas 30 minggu. Penggunaan ibuprofen dapat meningkatkan berbagai risiko pada janin, termasuk:
  • Masalah jantung pada bayi
  • Mengurangi cairan ketuban
  • Meningkatkan risiko asma
  • Penutupan prematur ductus arteriosus. Ini adalah pembuluh darah pada bayi yang mengirimkan nutrisi serta oksigen yang bayi Anda butuhkan. Pembuluh ini harus tetap terbuka selama kehamilan. Kondisi penutupan prematur ductus arteriosus dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi di paru-paru bayi. 

Ibu menyusui

Ibuprofen termasuk obat sakit gigi yang aman untuk ibu menyusui jika digunakan sesuai dosis yang dianjurkan. Namun, ibu menyusui sebaiknya tetap berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi iburofen untuk mengatasi sakit gigi.Ibu hamil dan menyusui yang mengalami sakit gigi perlu memeriksakan kondisinya ke dokter gigi untuk mendapatkan penanangan lebih lanjut. Dengan begitu, kondisi sakit gigi bisa diatasi dengan baik dan tidak kambuh lagi. Dokter juga bisa meresepkan obat lain yang lebih aman untuk meredakan sakit gigi pada ibu hamil.Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar penggunaan obat ibuprofen untuk sakit gigi maupun gusi bengkak, diskusikan langsung dengan dokter lewat fitur Chat Dokter di aplikasi SehatQ. Anda juga bisa melakukan booking untuk melakukan kunjungan langsung yang lebih praktis.
sakit gigiradang gusigigi berlubang
National Health Service United Kingdom
https://www.nhs.uk/medicines/ibuprofen-for-adults/
Diakses 2 November 2021
Pusat Informasi Obat Nasional POM Indonesia
http://pionas.pom.go.id/monografi/ibuprofen
Diakses 2 November 2021
Royal College Of Obstetricians and Gynaecologists UK
https://www.rcog.org.uk/en/news/new-rcog-review-clarifies-pain-relief-options-for-women-during-pregnancy-and-breastfeeding/
Diakses 2 November 2021
Drugs
https://www.drugs.com/pregnancy/ibuprofen.html
Diakses 2 November 2021
Healthline
https://www.healthline.com/health/pregnancy/ibuprofen-pregnancy
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait