Ibuprofen untuk Ibu Menyusui, Apakah Aman Dikonsumsi?

(0)
Ibuprofen untuk ibu menyusui tergolong aman dikonsumsiibuprofen aman untuk ibu menyusui asalkan dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan
Beberapa ibu menyusui ada yang mengalami demam, radang, atau nyeri selama proses pemulihan pascapersalinan. Ketika kondisi ini terjadi, Anda mungkin langsung mengonsumsi ibuprofen guna meringankan gejala. Tapi pertanyaannya, sudah tahukah Anda mengetahui keamanan ibuprofen untuk ibu menyusui?

Amankah konsumsi ibuprofen untuk ibu menyusui?

Ibu hamil dan ibu menyusui memang memiliki keterbatasan dalam mengonsumsi obat-obatan.Namun, ketika demam, radang, dan nyeri menyerang dan rasanya tidak tertahankan, konsumsi ibuprofen untuk ibu menyusui tergolong aman dilakukan.Penggunaan ibuprofen aman untuk ibu menyusui asalkan Anda tidak sedang sakit maag atau menderita asma.Konsumsi ibuprofen untuk ibu menyusui saat maag atau menderita asma dapat memperburuk kedua kondisi ini.
Ibuprofen untuk ibu menyusui aman dikonsumsi
Ibuprofen aman digunakan oleh ibu menyusui
Ibuprofen adalah golongan obat antiinflamasi nonsteroid atau OAINS. Umumnya, obat yang dapat diperoleh tanpa resep dokter ini digunakan untuk mengurangi demam dan nyeri ringan hingga berat.Pada sebagian orang, ibuprofen menjadi pilihan untuk mengatasi sakit gigi, sakit kepala, demam, flu, pilek, hingga radang sendi.Ibuprofen sendiri sudah masuk dalam daftar obat-obatan American Academy of Pediatrics yang aman digunakan oleh ibu menyusui.Selain itu, sebuah studi menyebutkan bahwa kemungkinan efek samping ibuprofen untuk ibu menyusui sangat sedikit dirasakan oleh bayi.Pasalnya, jenis obat ini hanya masuk ke dalam air susu ibu (ASI) dalam jumlah yang relatif sedikit.

Dosis ibuprofen untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi

Konsumsi ibuprofen aman untuk ibu menyusui asalkan Anda tidak sedang sakit maag atau menderita asma. Minum obat ibuprofen saat sakit maag dapat menyebabkan perdarahan pada lambung.Sementara, jika Anda memiliki riwayat asma dan minum ibuprofen saat menyusui dapat menyebabkan bronkospasme, yakni kondisi menyempitnya saluran dan menegangnya otot-otot yang melapisi bronkus pada paru-paru.
Minum ibuprofen untuk ibu menyusui sesuai dosisnya
Dosis ibuprofen yang dibeli bebas di apotek dan dari dokter berbeda
Meski ibuprofen aman untuk ibu menyusui, Anda disarankan tidak mengonsumsinya lebih dari dosis maksimum.Sebaiknya, tetap batasi konsumsi obat-obatan, termasuk ibuprofen untuk ibu menyusui seminimal mungkin guna mengurangi kemungkinan efek samping yang muncul pada Anda atau bayi Anda.Dosis ibuprofen untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi tergantung pada apakah jenis obat ini dibeli secara bebas di apotek atau diresepkan oleh dokter.Adapun dosis ibuprofen untuk ibu menyusui yang aman berdasarkan cara memperolehnya dapat dibedakan sebagai berikut:

1. Dosis ibuprofen untuk ibu menyusui yang dibeli bebas di apotek

Pada dasarnya, Anda tidak disarankan untuk minum ibuprofen yang dibeli secara bebas di apotek.Namun, jika Anda terpaksa harus meminumnya, pastikan untuk membaca ketentuan dosis ibuprofen untuk ibu menyusui yang tertera pada label obat.Biasanya dosis ibuprofen untuk menyusui yang obatnya dibeli bebas di apotek adalah sebanyak 200 mg per tablet. Anda bisa meminumnya maksimal 2 tablet 200 mg setiap 4-6 jam.Apabila Anda meminum 2 tablet ibuprofen untuk ibu menyusui dalam satu waktu, sebaiknya harus ada jeda selama 6 jam untuk kembali mengonsumsinya.Batas maksimum konsumsi ibuprofen untuk orang dewasa adalah 1200 mg dalam 24 jam. Ini artinya, Anda tidak boleh mengonsumsinya lebih dari 6 tablet 200 mg dalam sehari.Membatasi dosis ibuprofen untuk ibu menyusui hingga 1200 mg dalam sehari dapat melepaskan ibuprofen kurang dari 1 mg ke dalam ASI. Ini berarti tidak dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan pada bayi.

2. Dosis ibuprofen untuk ibu menyusui yang diresepkan oleh dokter

Jumlah dosis ibuprofen untuk ibu menyusui ini tergantung pada anjuran dokter.Obat ibuprofen yang diresepkan oleh dokter kemungkinan besar mengandung 200 mg hingga 800 mg.Namun, biasanya batas maksimal ibuprofen untuk ibu menyusui dari resep dokter adalah 3200 mg per hari.Dosis maksimum tersebut setara dengan 4 tablet 800 mg dalam sehari.Umumnya, dokter tidak meresepkan ibuprofen untuk ibu menyusui dengan dosis yang tinggi dan tetap menggunakan dosis maksimum 1600-2400 mg dalam sehari.Jika kondisi yang Anda alami tak kunjung membaik setelah mengonsumsi ibuprofen sesuai dosis yang diresepkan oleh dokter, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cara mengonsumsi ibuprofen untuk ibu menyusui dengan aman

Ibuprofen untuk ibu menyusui sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak
Minum ibuprofen dengan segelas air putih
Umumnya, konsumsi ibuprofen aman untuk ibu menyusui dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti pada busui dan bayi.Meski demikian, penting untuk mengetahui cara mengonsumsi ibuprofen untuk ibu menyusui dengan aman berikut ini agar meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi.

1. Jangan mengonsumsi obat terlalu banyak

Salah satu cara mengonsumsi ibuprofen untuk ibu menyusui dengan aman adalah tidak meminumnya terlalu banyak. Misalnya, Anda minum ibuprofen untuk sakit kepala dan pilek.Jika Anda mengonsumsi kedua jenis ibuprofen untuk kondisi kesehatan yang berbeda, maka dapat melebihi konsumsi batas harian ibuprofen untuk ibu menyusui yang disarankan.Anda juga tidak boleh mengonsumsi ibuprofen jika sedang minum paracetamol atau jenis obat-obatan lainnya.Pasalnya, obat-obatan ini memiliki efek samping yang sama seperti ibuprofen sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara bersamaan.

2. Jangan mengonsumsi ibuprofen lebih dari dosis yang dianjurkan

Cara mengonsumsi ibuprofen untuk ibu menyusui dengan aman yang tak kalah penting adalah tidak lebih dari dosis yang dianjurkan.Apabila Anda mulai merasa lebih baik setelah mengonsumsi ibuprofen hanya sejumlah beberapa dosis lebih sedikit, sebaiknya hentikan konsumsinya.

3. Tidak minum ibuprofen untuk ibu menyusui lebih dari 10 hari

Cara mengonsumsi ibuprofen untuk ibu menyusui dengan aman berikutnya adalah tidak lebih dari 10 hari. Kecuali, dokter meresepkan ibuprofen untuk ibu menyusui guna mengatasi kondisi medis tertentu.

Efek samping ibuprofen yang perlu diwaspadai ibu menyusui

Sama seperti jenis obat-obatan pada umumnya, ibuprofen juga dapat menimbulkan efek samping ringan hingga berat.Beberapa efek sampingnya yang ringan, meliputi sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, diare, sembelit, dan pusing.Sementara itu, efek samping ibuprofen yang berat bisa berupa nyeri dada, sesak napas, urine berwarna gelap, hingga kulit dan bagian putih mata yang menguning.Jika muncul efek samping seperti yang disebutkan, perlu diperhatikan kembali penggunaan ibuprofen untuk ibu menyusui.Anda juga disarankan memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.Meski ibuprofen aman untuk ibu menyusui, Anda tetap disarankan untuk mengonsumsinya sesuai dosis yang dianjurkan.Anda juga bisa meringankan gejala demam, radang, atau nyeri dengan cara istirahat yang banyak, minum air putih yang cukup, makan makanan bergizi, hingga olahraga secara teratur.Dengan ini, Anda dapat meminimalisir penggunaan dan efek samping ibuprofen untuk ibu menyusui. 
minum obat saat menyusuiibu menyusuiminum obat
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/ibuprofen-breastfeeding#
Diakses pada 16 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322938#natural-pain-relief
Diakses pada 16 September 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/ibuprofen-while-breastfeeding_00453049/
Diakses pada 16 September 2020
Drugs. https://www.drugs.com/ibuprofen.html
Diakses pada 16 September 2020
NHS. https://www.nhs.uk/common-health-questions/medicines/can-i-take-ibuprofen-while-i-am-breastfeeding/
Diakses pada 16 September 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/8498418/
Diakses pada 16 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait