Ibu Menyusui Minum Air Kelapa, 9 Manfaat Ini Bisa Anda Rasakan


Ibu menyusui minum air kelapa bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung berkat kandungan asam amino dan mineral penting lainnya.

(0)
Ibu menyusui minum air kelapa memperbanyak ASIIbu menyusui minum air kelapa membantu meningkatkan produksi ASI
Ibu menyusui minum air kelapa tidak dilarang. Justru, air kelapa membawa segudang manfaat yang penting bagi kesehatan ibu saat menyusui. Satu kebaikan dari air kelapa yang mungkin menarik perhatian Anda adalah potensinya untuk melancarkan ASI dan membuat kandungannya selalu berkualitas.

Kandungan air kelapa untuk ibu menyusui

Manfaat air kelapa bagi ibu menyusui berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya.Per 100 mililiter air kelapa, Anda bisa mendapatkan:Selain itu, air kelapa juga mengandung asam amino, asam laurat, serta asam lemak.

Manfaat air kelapa untuk ibu menyusui

Sebagai minuman yang baik untuk ibu menyusui, inilah manfaat air kelapa yang bisa Anda dapatkan:

1. Menjaga cairan tubuh

Air kelapa menjaga cairan tubuh sehingga kurangi dehidrasi
Ibu menyusui minum air kelapa secara rutin dapat terhindar dari risiko dehidrasi.Selain karena kaya kandungan air, air kelapa juga mengandung natrium yang berguna sebagai elektrolit.Natrium bekerja menjaga jumlah cairan di dalam tubuh. Apabila kandungan cairan tubuh optimal, kerja tubuh seperti sistem saraf dan otot pun akan terjaga.

2. Melancarkan ASI

Meski belum ada penelitian yang membuktikan, air kelapa bantu meningkatkan produksi ASI
Selain sayur dan buah-buahan sebagai makanan untuk ibu menyusui, air kelapa memang dipercaya sebagai minuman yang meningkatkan produksi ASI sedikit.Dalam hal ini, air kelapa berperan untuk menyeimbangkan asupan nutrisi, selain dari susu ibu menyusui.Akan tetapi, hingga saat ini, belum ada studi yang membuktikan bahwa air kelapa efektif dalam meningkatkan ASI yang dihasilkan. Pola makan dengan nutrisi seimbanglah yang mampu meningkatkan suplai ASI.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Asam laurat pada air kelapa bersifat antibakteri
Manfaat air kelapa untuk ibu menyusui yang satu ini didapat dari asam laurat. Rupanya, asam laurat bersifat antibakteri.Pada penelitian yang diterbitkan Nutrients, asam laurat yang didapat dari ibu menyusui minum air kelapa mampu mengurangi bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, seperti bakteri Escherichia coli.Kemampuan asam laurat dalam melawan bakteri patogen pun mampu meningkatkan fungsi imun.

4. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Air kelapa jaga keseimbangan bakteri pada saluran pencernaan
Berdasarkan riset dari Cell Transplantation, asupan asam laurat yang didapat saat ibu menyusui minum air kelapa juga berguna untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri yang ada pada saluran pencernaan.Apabila jumlah bakteri tidak seimbang, hal ini akan memicu masalah pencernaan, seperti sembelit. Hal ini pun dipaparkan pada riset dari jurnal Frontiers in Medicine.

5. Sumber tenaga

Fosfor, magnesium, dan gula pada air kelapa beri energi tambahan pada ibu menyusui
Saat menyusui, ibu memerlukan kalori tambahan sebesar 500 kkal. Energi yang dibutuhkan pun menjadi 15-25% lebih banyak. Hal ini pun diterangkan pada riset yang diterbitkan jurnal Nutrients.Bila ibu menyusui minum air kelapa, ibu akan memenuhi 29% kebutuhan fosfor harian yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan.Dalam hal ini, penelitian dari Clinical Methods: The History, Physical, and Laboratory Examinations memaparkan bahwa fosfor bermanfaat untuk memproduksi molekul adenosine triphosphate (ATP). Molekul ini berfungsi untuk menyimpan energi.Selain itu, fosfor juga mengatur pembakaran kalori dari lemak tubuh dan karbohidrat. Serupa dengan fosfor, magnesium juga membantu proses pembentukan energi.Manfaat air kelapa sebagai penambah energi ibu menyusui pun datang dari kandungan gula alaminya. Menurut riset dari Advances in Nutrition, gula akan diubah menjadi glukosa (gula darah) di dalam tubuh. Glukosa nantinya digunakan sebagai sumber energi, terutama untuk otak.

6. Mengendalikan stres

Magnesium pada air kelapa bantu kelola stres pada ibu menyusui
Rupanya jika ibu menyusui minum air kelapa, kebiasaan ini mampu membantu mengelola stres.Studi dari Nutrients menemukan, kandungan magnesium yang terkandung dalam air kelapa membantu menurunkan aktivitas bagian otak yang mengendalikan respon stres, yaitu hypothalamic pituitary adrenal axis (HPAA). Hal ini akan membuat seseorang lebih mampu mengatasi stres.

7. Mencegah radikal bebas

Vitamin C pada air kelapa berguna sebagai antioksidan
Air kelapa bersifat antioksidan karena mengandung vitamin C (asam askorbat), seperti yang dibuktikan penelitian dari jurnal Annals of the Brazilian Academy of Sciences.Nantinya, antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas

9. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Tulang kuat berkat mineral kalsium, magnesium, dan fosfor pada air kelapa
Agar tetap sehat, tulang memerlukan mineral berupa kalsium, magnesium, dan fosfor. Tiga nutrisi ini bisa ibu menyusui dapatkan dari minum air kelapa secara rutin.Magnesium berguna untuk menyusun struktur dan menjaga kepadatan tulang. Tidak heran karena menurut studi dari Nutrients, 60% kandungan magnesium dari asupan makanan akan disimpan dalam tulang dan gigi.Penelitian yang dipaparkan Nutrition Journal menemukan, fosfor dan kalsium juga berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang dan menguatkan strukturnya. Hal ini tentunya akan berimbas kepada meningkatnya kesehatan tulang.

Catatan dari SehatQ

Ibu menyusui minum air kelapa bukanlah hal yang dilarang. Justru, manfaat air kelapa untuk ibu menyusui bisa menjaga kesehatan tubuh agar bisa terhindar dari beragam risiko masalah kesehatan.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar pola makan saat menyusui, jangan sungkan untuk langsung chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Setelah konsultasi, kunjungi untuk mendapatkan penawaran menarik terkait perlengkapan bayi dan ibu menyusui.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
menyusuimakanan ibu menyusuiibu menyusuiair kelapa
USDA. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170174/nutrients Diakses pada 22 Desember 2020Michigan Medicine of University of Michigan. https://www.uofmhealth.org/health-library/hw203476 Diakses pada 22 Desember 2020Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/drink-coconut-water-while-breastfeeding_00352693/ Diakses pada 22 Desember 2020Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3708349/ Diakses pada 22 Desember 2020Cell Transplantation. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6923562/ Diakses pada 22 Desember 2020Frontiers in Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6379309/ Diakses pada 22 Desember 2020Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6520964/ Diakses pada 22 Desember 2020Kementerian Kesehatan. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf Diakses pada 22 Desember 2020Clinical Methods: The History, Physical, and Laboratory Examinations. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK310/ Diakses pada 22 Desember 2020Scientifica. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5637834/ Diakses pada 22 Desember 2020Advances in Nutrition. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4224210/ Diakses pada 22 Desember 2020Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5452159/ Diakses pada 22 Desember 2020Annals of the Brazilian Academy of Sciences. doi.org/10.1590/0001-37652013105312 Diakses pada 22 Desember 2020Comparative Clinical Pathology. doi.org/10.1007/s00580-013-1784-7 Diakses pada 22 Desember 2020Journal of Endocrinology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4389665/ Diakses pada 22 Desember 2020Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6316205/ Diakses pada 22 Desember 2020Scientifica. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5637834/ Diakses pada 22 Desember 2020Nutrition Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4389665/ Diakses pada 22 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait