Apakah Bisa Pakai BPJS Kesehatan untuk Melahirkan? Ini Jawabannya

BPJS Kesehatan menawarkan sejumlah jaminan bagi Ibu Hamil
Prosedur mendapatkan pelayanan melahirkan gratis dengan BPJS kesehatan

Apakah BPJS Kesehatan bisa dipakai untuk melahirkan? Jawabannya, tentu saja bisa. Meski begitu, ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan untuk mendapatkan pelayanan ini. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Peraturan Baru dari BPJS Kesehatan untuk Proses Persalinan

Dalam programnya, BPJS Kesehatan menawarkan sejumlah jaminan kepada seluruh ibu hamil yang memerlukan layanan dari masa hamil hingga melahirkan. Kondisi ini pun tidak dibatasi oleh status kepesertaan.

Bagi ibu hamil yang menjadi anggota BPJS akan memperoleh jaminan untuk semua jenis persalinan baik secara normal maupun melalui operasi sesar. Lebih lanjut, pelayanan untuk bayi yang baru lahir beserta ibunya juga akan diberikan.

Namun terdapat pengecualian. Jika ada kondisi di mana bayi memerlukan perawatan atau sumber daya khusus (bayi lahir dalam kondisi cacat), maka menurut Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 3 Tahun 2018 Mengenai Penjamin Pelayanan Persalinan Dengan Bayi Lahir Sehat, fasilitas kesehatan berhak menagih biaya di luar paket persalinan.

Apa Saja Fasilitas BPJS Kesehatan untuk Persalinan?

Biaya persalinan peserta memang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Adapun beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi antara lain kartu BPJS Kesehatan beserta nomor peserta, Kartu Keluarga, KTP, buku kesehatan ibu anak, serta rujukan jika harus ke rumah sakit.

Selain itu, untuk prosedurnya, peserta juga harus melakukan pemeriksaan selama masa kehamilan di faskes (Fasilitas Kesehatan) tahap I. Jika prosedur ini tidak dilakukan, maka peserta tidak bisa mendapatkan jaminan dari BPJS Kesehatan.

Sedangkan terkait dengan biayanya, pihak BPJS akan menanggung biaya maksimal 600 ribu untuk setiap persalinan. Apabila ternyata biaya yang dibutuhkan lebih besar, maka kelebihan dari biaya tersebut harus dibayar dengan uang pribadi sendiri.

Masalah yang Dihadapi Masyarakat jika Persalinan Tidak Sepenuhnya Ditanggung BPJS Kesehatan

Peraturan baru BPJS Kesehatan terkait tak lagi memberi jaminan penuh terhadap persalinan ibu hamil membuat sebagian masyarakat resah. Selain menimbulkan pro dan kontra, muncul pula berbagai masalah yang akan dihadapi jika persalinan tidak sepenuhnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Salah satunya adalah jika bayi lahir dalam kondisi khusus dan membutuhkan perawatan lebih intensif, pihak BPJS tak akan membayar seluruh biaya yang dibebankan. Hal ini dikarenakan kondisi keuangan BPJS saat ini. Dengan demikian, pihak orangtualah yang harus menutup kekurangannya.

Tirto. https://tirto.id/tanpa-jaminan-bpjs-biaya-melahirkan-bisa-memberatkan-cPM3

Viva. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1060559-peraturan-baru-bpjs-kesehatan-tetap-jamin-persalinan-tapi

BPJS Kesehatan. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/post/read/2018/854/BPJS-Kesehatan-Tetap-Jamin-Pelayanan-Katarak-Rehabilitasi-Medik-dan-Bayi-Baru-Lahir-Sehat

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed