Hypnobirthing: Alternatif Cara Melahirkan yang Menenangkan

Hypnobirthing adalah teknik melahirkan yang mengutamakan kesehatan ibu, baik dari segi fisik dan psikologis
Hypnobirthing memprioritaskan proses bersalin yang penuh ketenangan.

Hypnobirthing adalah trend melahirkan yang efektif, menenangkan, dan kian populer. Teknik melahirkan ini popular hingga kalangan pesohor internasional, seperti Angelina Jolie hingga Kate Middleton.

Apa sebenarnya teknik hypnobirthing itu? Apa saja yang membedakannya dengan teknik melahirkan lainnya? Untuk menjawab dua pertanyaan tersebut, simak penjelasan teknik hypnobirthing berikut.

Apa itu Hypnobirthing ?

Dilansir dari Hypnobirthing International, hypnobirthing adalah metode melahirkan yang sudah teruji efektif oleh banyak wanita. Secara garis besar, teknik hypnobirthing memprioritaskan proses bersalin yang damai, indah, dan penuh ketenangan.

Hypnobirthing adalah program yang mengutamakan kesehatan ibu, baik dari segi psikologi maupun fisik. Tak jarang, teknik hypnobirthing akan melibatkan partner melahirkan (ayah atau individu pilihan lainnya) dan bayi yang akan dilahirkan. Lokasi untuk melahirkan dengan teknik hypnobirthing bisa dilakukan di kediaman yang tenang, rumah sakit, atau klinik bersalin.

Teknik hypnobirthing juga dipercaya dapat memberikan beberapa manfaat seperti di bawah ini:

  • Periode tahap awal melahirkan yang lebih singkat
  • Membantu mengurangi rasa sakit
  • Mengurangi lama waktu dirawat di rumah sakit
  • Membantu mengurangi rasa cemas dan takut setelah melahirkan

Latar Belakang Lahirnya Teknik Hypnobirthing

Untuk semakin memahami teknik hypnobirthing, ada pentingnya kita mengetahui apa latar belakang dari cara melahirkan melalui terobosan ini. Rata-rata wanita mungkin akan mengasosiasikan proses persalinan normal atau operasi caesar dengan rasa sakit hebat dan penuh horor, atau bahkan memicu trauma.

Hypnobirthing adalah pembuktian bahwa dengan memahami cara kerja tubuh sewaktu melahirkan, seorang wanita bisa melahirkan dengan penuh percaya diri, ketenangan, keamanan, dan senyaman mungkin.

Secara historis, buku Childbirth Without Fear pertama kali diterbitkan oleh seorang dokter bersalin dari Inggris, Dr.Grantley Dick-Reid, pada tahun 1933. Hipotesisnya menyatakan bahwa semakin ketakutan wanita melahirkan, maka semakin minim asupan oksigen dan volume darah ke arah rahim yang bisa mengakibatkan rasa sakit.

Sebaliknya, jika wanita tetap tenang, maka otot dinding rahim akan turut meregang dan tubuh memproduksi hormon oksitosin dan endorfin yang bisa meredakan rasa sakit secara alami. Banyak ahli yang juga mengemukakan bahwa teknik hypnobirthing bisa mengurangi rasa sakit, membuat proses kontraksi lebih singkat dan memudahkan persalinan yang bebas ketakutan dan kecemasan.

Proses & Teknik Hypnobirthing

Hypnobirthing dibangun melalui pemahaman edukatif tentang:

  • Pernapasan
  • Relaksasi
  • Visualisasi
  • Praktek meditasi
  • Nutrisi
  • Pembentukan tubuh

Edukasi terhadap elemen-elemen di atas adalah fondasi yang penting bagi ibu hamil, terutama pembentukan pemikiran positif yang penuh percaya diri supaya siap menjalani proses bersalin.

Lalu, apakah obat pereda rasa sakit tidak akan digunakan dalam hypnobirthing? Walaupun diyakini lebih nyaman dibandingkan kelahiran normal, biasanya dokter atau suster bersalin akan tetap mengawasi dan memberikan bantuan obat pereda sakit sesuai dosis dan kebutuhan pada teknik hypnobirthing.

Terakhir, jangan bingung dengan istilah hypno karena Anda tetap akan sepenuhnya sadar sewaktu melahirkan. Hypnobirthing lebih condong pada kondisi tenang layaknya dalam pengaruh hipnosis atau relaksasi penuh.

Penasaran ingin mencoba bersalin melalui hypnobirthing? Konsultasikan dengan dokter bersalin dan cari informasi terpercaya untuk persalinan pilihan Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/hypnobirthing-calmer-natural-childbirth#1
Diakses pada Oktober 2018

Independent. https://www.independent.co.uk/life-style/hypnobirthing-kate-middleton-royal-baby-what-is-it-techniques-classes-mindfulness-reviews-a8319331.html
Diakses pada Oktober 2018

Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/x1046133/can-hypnobirthing-make-labour-easier-and-less-painful
Diakses pada 22 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed