Mengenal Kandungan Hyaluronic Acid pada Skincare dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah


Hyaluronic acid adalah senyawa alami dalam tubuh yang juga hadir dalam bentuk buatan pada produk skincare. Fungsi dan manfaat hyaluronic acid adalah melembapkan dan mengencangkan kulit agar senantiasa sehat, kenyal, dan tampak halus.

(0)
20 Jan 2020|Azelia Trifiana
Salah satu manfaat hyaluronic acid adalah melembapkan kulitHyaluronic acid seringkali ditemukan dalam produk serum wajah
Hyaluronic acid adalah substansi kental dan bening yang diproduksi tubuh secara alami. Biasanya hyaluronic acid ditemukan pada lapisan bening mata dan jaringan ikat kulit. Kini, asam hialuronat juga hadir dalam bentuk sintetis sebagai salah satu bahan aktif produk skincare. Apa manfaatnya untuk kulit?Anda bisa menemukan asam hialuronat dalam suplemen kesehatan serta berbagai produk perawatan kulit, seperti masker, pelembap, krim wajah, hingga serum. Sebagai bahan aktif yang kerap ditemukan dalam produk perawatan kulit, senyawa asam hialuronat memiliki berbagai manfaat. 

Kenali apa itu hyaluronic acid (HA)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa asam hialuronat atau hyaluronic acid adalah suatu zat bening dan lengket yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Asam hialuronat paling banyak ditemukan pada kulit, lapisan bening mata, dan jaringan ikat persendian. Utamanya, fungsi hyaluronic acid adalah menahan air pada jaringan kulit dan ikan agar tetap terlumasi dengan baik serta tetap terasa lembap dan kenyal. Dengan demikian, air tidak akan menguap ke luar tubuh. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, asam hialuronat yang diproduksi oleh tubuh akan berkurang. Akibatnya, kulit akan kehilangan kelembapannya dan tidak terhidrasi dengan baik sehingga tanda-tanda penuaan dini, termasuk kerutan, dapat muncul. Oleh sebab itu, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid dibutuhkan untuk membuat kulit tetap sehat dan mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

Manfaat hyaluronic acid untuk kulit

Hyaluronic acid adalah kandungan bahan kimia yang mudah ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit. Adapun manfaat hyaluronic acid untuk kulit yang didapat dari penggunaan produk skincare secara rutin adalah sebagai berikut. 

1. Menjaga kesehatan dan kekenyalan kulit

Hyaluronic acid dapat menjaga kesehatan dan kekenyalan kulit
Penggunaan serum hyaluronic acid bisa meningkatkan kekenyalan kulit
Salah satu manfaat hyaluronic acid adalah menjaga kesehatan dan kekenyalan kulit. Meskipun tubuh dapat memproduksi hyaluronic acid dengan sendirinya, tanda-tanda penuaan serta paparan radiasi matahari dan polusi udara bisa mengurangi kadar hyaluronic acid pada kulit.Sebuah hasil studi menemukan bahwa konsumsi 120-240 mg suplemen hyaluronic acid setiap hari selama satu bulan dapat meningkatkan kelembapan kulit dan meredakan kondisi kulit kering pada orang dewasa. Tak hanya itu, kulit yang terhidrasi dengan baik juga dapat mengurangi munculnya kerutan dan kemerahan pada kulit. Bahkan, tak sedikit orang-orang yang melakukan suntik filler HA untuk mendapatkan kulit tampak kenyal.  Hal ini membuat kulit tampak lebih berisi dan kenyal.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Berikutnya, manfaat hyaluronic acid adalah senyawa yang bisa mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengendalikan peradangan. Selain itu, fungsi hyaluronic acid adalah memberi sinyal bagi tubuh untuk melancarkan aliran darah di area luka.Mengoleskan produk perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid pada luka dapat mengurangi rasa nyeri yang mungkin muncul.Dengan demikian, proses penyembuhan bisa jadi lebih cepat.

3. Menjaga kelembapan kulit

Hyaluronic acid bisa meningkatkan kelembapan kulit
Kulit terasa lebih lembap menggunakan produk asam hialuronat
Menjaga kelembapan kulit juga menjadi manfaat hyaluronic acid lainnya. Tak ayal jika penggunaan produk skincare yang mengandung asam hialuronat, gliserin, urea, sorbitol, dan lainnya dapat menjaga kulit tetap terasa lembap dan terhidrasi dengan baik. Penggunaan satu gram hyaluronic acid bisa menahan hingga 6 liter air. Bahkan, hyaluronic acid atau HA bisa mengatur kelembapan dalam sel-sel kulit sesuai dengan kadar yang dibutuhkan oleh setiap orang.

4. Mengandung antioksidan

Beberapa penelitian terbaru menyebutkan bahwa hyaluronic acid adalah senyawa aktif yang mengandung zat antioksidan. Ini artinya, kandungan antioksidan dalam asam hialuronat dapat membantu kulit menangkal paparan zat radikal bebas yang berasal dari faktor lingkungan, termasuk polusi udara.

5. Memperlambat tanda penuaan dini

Manfaat hyaluronic acid lainnya adalah memperlambat tanda-tanda penuaan dini. Ya, seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kelembapannya dan tidak terhidrasi dengan baik sehingga mudah memunculkan tanda-tanda penuaan dini. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan produk skincare antipenuaan yang mengandung asam hialuronat. 
Hyaluronic acid mampu melawan penuaan dini yang muncul
Kemunculan kerutan bisa diperlambat dengan penggunaan asam hialuronat
Sebuah hasil penelitian mengemukakan bahwa menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan hyaluronic acid selama 8 minggu berturut-turut dapat mengencangkan kulit serta mengurangi kerutan secara signifikan mencapai 40%. Hal ini membuat kulit bebas dari tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan keriput.Kemudian, asam hialuronat mampu menghidrasi kulit hingga 86% serta meningkatkan elastisitas dan mengencangkan kulit sampai 55%.

6. Menyamarkan bekas jerawat

Sebuah hasil studi yang dimuat dalam American Journal of Dermatology and Venereology mengungkapkan bahwa penggunaan asam hialuronat secara rutin juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan bintik hitam pada wajah. 

7. Mempercepat regenerasi kulit

Mempercepat regenerasi kulit merupakan fungsi hyaluronic acid lainnya. Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi kulit akan menjadi lebih lambat. Anda bisa mendapatkan manfaat hyaluronic acid satu ini bila mendapatkan asam hialuronat melalui suntikan sehingga mampu merangsang kulit untuk memproduksi kolagen lebih banyak. 

Efek samping hyaluronic acid

Hyaluronic acid adalah kandungan skincare yang jarang menimbulkan efek samping
Hyaluronic acid cocok digunakan oleh semua jenis kulit
Pada dasarnya, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung asam hialuronat tergolong aman. Itulah mengapa hyaluronic acid adalah kandungan bahan aktif yang direkomendasikan untuk semua tipe kulit. Mulai dari kulit berminyak, rentan berjerawat, hingga kulit kering bisa mencoba hyaluronic acid.Meskipun ada kata “acid” dalam hyaluronic acid, bukan berarti substansi ini bersifat asam. Kabar baiknya, tidak ada efek samping dari penggunaan hyaluronic acid. Kandungan HA jarang sekali menyebabkan iritasi, jerawatrosacea, atau reaksi alergi pada kulit. Apabila ada efek samping yang timbul, bisa jadi karena ada kandungan lain yang berinteraksi dengan hyaluronic acidWalaupun tidak ada efek samping serius, sebaiknya bilas dengan air dan hentikan pemakaian produk bila kulit menunjukkan reaksi alergi ataupun reaksi negatif lainnya.Efek samping berupa kulit kemerahan, memar, terasa nyeri, mungkin terjadi pada hyaluronic acid yang diberikan melalui suntikan. Namun, kondisi ini tergolong ringan dan dapat hilang dengan sendirinya. 

Hyaluronic acid tidak boleh dicampur dengan …

Umumnya, asam hialuronat tergolong aman dan boleh dicampur dengan jenis kandungan skincare lain, seperti retinol, vitamin C, hingga alpha hydroxy alpha/AHA dan beta hydroxy alpha/BHAIni artinya, tidak ada kandungan hyaluronic acid tidak boleh dicampur dengan kandungan skincare lainnya. Contohnya, apabila Anda menggunakan retinol atau produk eksfoliasi lainnya, hyaluronic acid adalah bahan aktif yang bisa membantu mengembalikan kadar hidrasi kulit. Bahkan, penggunaan hyaluronic acid masih tergolong ringan sehingga retinol tetap bisa terserap ke dalam kulit.Ada banyak produk perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid di luar sana. Cobalah mana yang cocok dengan kulit Anda. Intinya, hyaluronic acid adalah sahabat kulit agar tetap terhidrasi, jadi alangkah baiknya agar tidak dilewatkan.Baca Juga: Sederet Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur Satu Sama Lain

Hal yang perlu diketahui sebelum menggunakan asam hialuronat

Hyaluronic acid cenderung aman digunakan oleh semua jenis kulit
Anda bisa menggunakan pelembap mengandung asam hialuronat
Meski kecil kemungkinan seseorang mengalami reaksi alergi akibat menggunakan hyaluronic acid, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya. Terutama, bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan tertentu atau memiliki penyakit kronis.Pada ibu hamil dan ibu menyusui, penggunaan hyaluronic acid sebaiknya perlu berhati-hati. Alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan menggunakannya sebagai produk perawatan kulit sehari-hari. Orang-orang yang terkena kanker atau sedang melakukan proses pemulihan kanker sebaiknya menghindari penggunaan hyaluronic acidSebab, sel kanker disebut-sebut cukup sensitif terhadap asam hialuronat sehingga dapat meningkatkan risiko pertumbuhan selnya menjadi lebih cepat. Berbeda dengan kandungan dalam skincare lain seperti retinol, alpha hydroxy acids, atau zat eksfoliator lainnya, hyaluronic acid adalah salah satu kandungan yang aman meski digunakan bersamaan dengan produk lain.Masih penasaran dengan kandungan hyaluronic acid pada kandungan skincare? Yuk tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatkulit keringperawatan wajahproduk kecantikan
Allure. https://www.allure.com/story/what-is-hyaluronic-acid-skin-care
Diakses 7 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/hyaluronic-acid-benefits#section8
Diakses 7 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326385.php#summary
Diakses 7 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3970829/
Diakses 14 Juli 2020
SAP. http://article.sapub.org/10.5923.j.ajdv.20170602.01.html
Diakses 14 Juli 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/hyaluronic-acid-for-skincare-4582343
Diakses pada 24 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait