Humektan Si Pelembap dan Jenisnya pada Produk Skin dan Hair Care

Humektan adalah agen pelembap dalam produk perawatan kulit dan rambut
Humektan dapat ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit dan rambut

Salah satu pertimbangan dalam memilih produk perawatan kulit adalah kandungan pelembapnya. Pun begitu dengan mencari produk perawatan rambut. Salah satu kelompok agen pelembap dalam produk tersebut disebut dengan humektan. Apa saja jenis-jenis humektan?

Mengenal apa itu humektan

Humektan adalah kelompok agen atau kandungan pelembap yang umum dicampurkan ke dalam berbagai produk perawatan kulit dan rambut, termasuk losion, krim pelembap, dan sampo. Humektan dikenal sebagai agen yang mampu melembapkan kulit, namun juga mempertahankan khasiat produk tersebut.

Sampo rambut
Produk sampo juga mengandung humektan

Humektan menjadi kandungan yang baik untuk kulit dan rambut. Namun, tidak semua jenis humektan memiliki sifat yang setara.

Cara kerja humektan untuk rambut dan kulit

Humektan bekerja seperti magnet. Artinya, kelompok agen ini dapat menarik kelembapan dari air yang ada di udara dan membawanya ke lapisan teratas kulit. Cara kerja humektan ini juga sama terhadap rambut, sehingga kelembapan rambut akan terjaga dan bertahan.

Namun, seperti yang disampaikan di atas, tidak semua jenis humektan bekerja dengan cara yang sama. Beberapa agen humektan bisa langsung memberikan kelembapan pada kulit dan rambut. Sementara itu, agen lain membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati terlebih dahulu, baru kemudian mengendalikan kelembapan kulit.

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa tidak semua humektan bisa sama-sama digunakan pada kulit dan rambut.

Jenis-jenis humektan sebagai pelembap kulit dan rambut

Ada banyak jenis humektan yang sering dicampurkan dalam produk skin care maupun hair care. Beberapa contoh humektan yang terkenal, yaitu:

1. Gliserin

Gliserin atau gliserol mungkin menjadi kandungan pelembap yang paling Anda kenal. Agen ini ditemukan pada sampo, sabun, kondisioner, krim pembersih wajah, hingga produk pelembap kulit. Gliserin dibuat dari lemak hewan atau nabati.

2. Asam salisilat

Asam salisilat dikenal sebagai kandungan ampuh untuk mengatasi jerawat, seperti blackhead dan whitehead. Namun, kandungan ini juga bisa melembapkan kulit. Asam ini juga membantu kandungan pelembap lain menembus kulit dengan efektif.

3. Asam alfa hidroksi

Asam yang termasuk ke dalam golongan alpha hydroxy acids (AHA) atau asam alfa hidroksi dikenal sebagai kandungan yang mempercepat pengelupasan kulit. Ternyata, AHA juga dapat bertindak sebagai humektan karena juga membantu produk pelembap memenetrasi kulit.

4. Asam hyaluronat

Asam hyaluronat atau hyaluronic acid utamanya dicampurkan dalam produk skin care untuk mengatasi kerutan. Namun, asam ini juga bertindak sebagai humektan, karena membantu melumasi kulit kering saat dikombinasikan dengan vitamin C.

5. Urea

Urea merupakan kandungan yang sering dianjurkan dalam mengatasi kulit yang super kering. Biasanya kandungan ini didapatkan melalui resep dokter. Penting untuk diingat, urea dapat menimbulkan efek menyengat apabila dioleskan pada bagian kulit yang pecah-pecah, sehingga tak bisa digunakan sembarangan.

Masih banyak jenis humektan lain yang mungkin bisa Anda temukan dalam berbagai produk, seperti glikol, natrium laktat, dan panthenol.

Tips dalam memilih produk skin care dan hair care yang mengandung humektan

Jenis humektan yang dibutuhkan tentu bergantung pada tujuan kita dalam mencari produk perawatan kulit dan rambut. Riset mendalam terkait kandungan dalam produk amat diperlukan agar tujuan kita menggunakannya tercapai dengan optimal.

Misalnya, untuk kulit yang rentan berjerawat, Anda mungkin bisa memilih produk yang mengandung asam salisilat. Asam ini dapat mengatasi jerawat, namun juga membantu menjaga kulit tetap lembap.

Catatan dari SehatQ

Humektan adalah agen-agen dalam produk perawatan yang membantu melembapkan kulit dan rambut. Banyak jenis humektan di atas yang bisa ditemukan dalam produk yang dijual bebas. Pastikan Anda teliti dalam membaca kandungan produk yang hendak dibeli.

Healthline. https://www.healthline.com/health/humectant
Diakses pada 24 Maret 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/skin-care-humectants-moisturizers-1069333
Diakses pada 24 Maret 2020