Kenali Hormon Seks Pria dan Wanita, serta Pengaruhnya untuk Kesehatan

Selain berperan dalam fungsi seksual, hormon seks memengaruhi kolesterol dalam tubuh pria dan wanita
Hormon seks berperan penting dalam metabolisme tubuh.

Hormon seks, baik pada pria ataupun wanita, memiliki berbagai peran penting untuk tubuh yang tidak hanya berhubungan dengan proses pembuahan atau seksual, tapi juga penting untuk perkembangan fisik serta metabolisme tubuh.

Pria dan wanita memiliki jenis hormon seks yang berbeda. Pada pria, hormon testosteron merupakan jenis utama. Sementara itu pada wanita, hormon estrogen dan progesteron merupakan jenis yang masuk ke dalam hormon seks.

[[artikel-terkait]]

Apa itu hormon seks?

Sebelum mengenali lebih jauh mengenai jenis masing-masing hormon sex pada pria maupun wanita, ada baiknya Anda memahami pengertian seks itu sendiri.

Hormon adalah suatu zat kimia dari kelenjar endokrin di tubuh, yang kemudian disebarkan melalui aliran darah. Hormon memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, seperti mengatur jam tidur, nafsu makan, hingga pertumbuhan.

Hormon sex, merupakan jenis hormon yang berperan dalam proses perkembangan seksual serta reproduksi. Hormon sex dihasilkan di kelenjar adrenal dan gonad.

Pada wanita, kelenjar tersebut berada di ovarium (indung telur). Sementara itu pada pria, kelenjar tersebut terletak di testis.

Hormon sex juga berperan dalam berbagai fungsi tubuh lain, di luar perihal seksual dan reproduksi, seperti:

  • Mengatur pertumbuhan tulang dan otot
  • Mengatur respons peradangan
  • Mengatur kadar kolesterol
  • Memicu pertumbuhan rambut
  • Mengatur penyebaran lemak di tubuh

Saat keseimbangan kadar hormon di tubuh terganggu, maka dapat terjadi berbagai penyakit seperti hipogonadisme, kista, jerawat, hingga kebotakan.

Jenis dan peran hormon sex pada wanita

Pada wanita, ada dua jenis hormon sex yang utama, yaitu estrogen dan progesteron.

1. Estrogen

Estrogen merupakan hormon sex utama pada wanita. Selain diproduksi di ovarium (indung telur), estrogen juga bisa dihasilkan oleh kelenjar adrenal dan sel lemak. Selama masa kehamilan, hormon ini juga dibuat di plasenta.

Estrogen memiliki peran penting dalam proses reproduksi dan perkembangan seksual, seperti kehamilan dan menstruasi. Selain itu, hormon ini juga berperan dalam masa pubertas dan menopause seorang wanita.

Hormon ini juga dapat memengaruhi otak, jantung, dan rambut. Tidak hanya itu, bagian tubuh seperti tulang, otot, kulit, dan saluran kemih, juga dapat dipengaruhi oleh estrogen.

2. Progesteron

Hormon yang satu ini berfungsi untuk menstabilkan siklus menstruasi pada wanita dan membantu tubuh mempersiapkan kehamilan. Kadar progesteron yang terlalu rendah dapat mengakibatkan:

Hormon ini dibuat di kelenjar adrenal, ovarium, serta plasenta. Kadar progesteron pada wanita akan meningkat saat masa ovulasi, dan selama kehamilan.

Selain kedua hormon tersebut, pada wanita juga terdapat testosteron, yang merupakan jenis hormon sex utama pada pria. Namun pada wanita, jumlahnya sangatlah kecil jika dibandingkan dengan pria.

Testosteron memiliki peran pada wanita dalam hal gairah seksual, siklus menstruasi, dan kekuatan tulang serta otot.

Jenis dan peran hormon sex pada pria

Pada pria, hormon yang dikategorikan sebagai hormon sex adalah testosteron. Hormon inilah yang membuat pria memiliki ciri khas fisik seperti suara berat, tubuh yang tinggi, serta rambut-rambut di wajah, berupa kumis dan jenggot.

Hormon ini juga berguna untuk pertumbuhan penis dan testis pada pria. Selain itu, testosteron membantu tubuh untuk membentuk otot dan tulang yang kuat. Pria juga membutuhkan hormon ini untuk bisa memproduksi sperma dan membuahi sel telur.

Jika kadar testosteron di tubuh kurang dari normal, akan timbul gejala-gejala seperti berikut ini.

  • Berkurangnya gairah seksual
  • Mudah berkeringat dan tubuh terasa panas
  • Payudara membesar
  • Depresi
  • Mudah lelah dan lemas
  • Menumpuknya lemak, terutama di area perut
  • Ereksi menjadi tidak maksimal
  • Berkurangnya jumlah sperma yang keluar saat ejakulasi
  • Rambut di tubuh mulai rontok
  • Penurunan kekuatan otot dan tulang

Baik pada pria maupun wanita, hormon sex adalah bagian penting dari metabolisme tubuh. Karena itu, penting bagi Anda untuk memahami lebih jauh mengenai hal ini, agar dapat segera menyadari apabila terjadi kelainan maupun gejala, akibat ketidakseimbangan kadar hormon tersebut di tubuh.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324887.php
Diakses pada 17 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/female-sex-hormones#types
Diakses pada 17 Mei 2019

Hormone Health Network. https://www.hormone.org/hormones-and-health/hormones/testosterone
Diakses pada 17 Mei 2019

Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/androgen-deficiency-in-men
Diakses pada 17 Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed