logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Mengenal Hormon Endorfin, Salah Satu Senyawa Kebahagiaan

open-summary

Hormon endorfin mungkin menjadi salah satu hormon yang populer. Tak salah, endorfin memang berkaitan dengan pereda sakit dan menambah kebahagiaan. Adakah cara untuk meningkatkan produksinya?


close-summary

3.58

(50)

17 Jan 2020

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Hormon endorfin berperan dalam mengendalikan rasa sakit dan mengurangi stres

Hormon endorfin berperan dalam mengendalikan rasa sakit dan mengurangi stres

Table of Content

  • Apa itu hormon endorfin?
  • Fungsi hormon endorfin untuk tubuh
  • Gejala kekurangan hormon endorfin
  • Cara meningkatkan hormon endorfin secara alami

Jika ditanya tentang hormon kebahagiaan, endorfin mungkin salah satu yang paling dikenal. Hormon ini memang memiliki fungsi utama meredakan stres dan meningkatkan rasa kebahagiaan.

Advertisement

Sudah tahu fungsi hingga bagaimana cara meningkatkan hormon endorfin? Ini penjelasan lengkapnya.

Apa itu hormon endorfin?

Hormon endorfin adalah zat kimia yang diproduksi secara alami oleh sistem saraf untuk meredakan rasa nyeri dan stres dalam tubuh. Maka dari itu, ini juga menjadi bagian hormon kebahagiaan.

Mengutip dari Healthline, endorfin berasal dari kata “endogenous” yang artinya di dalam tubuh, serta “morphine” yang artinya pereda nyeri opioid.

Perlu Anda ketahui bahwa hormon endorfin terdiri dari sekelompok besar peptida yang dihasilkan oleh sistem saraf pusat dan kelenjar pituitari (hipofisis).

Mekanisme kerja hormon endorfin ini adalah saat otak memberikan sinyal melepaskan endorfin pada saat syok, trauma, stres, atau kelelahan.

Hormon ini lah yang mengikat reseptor di sistem saraf dan menghambat pelepasan protein yang terlibat dalam sinyal rasa sakit.

Tubuh melepaskan senyawa ini sebagai respon aktivitas lainnya seperti makan, olahraga, hingga berhubungan seks.

Baca Juga

  • Bahaya Makan Beras Mentah bagi Kesehatan
  • Kenali Berbagai Manfaat Daun Katuk Selain untuk Melancarkan ASI
  • Bukan Mitos, Ini Rahasia Umur Panjang

Fungsi hormon endorfin untuk tubuh

Seperti penjelasan sebelumnya, fungsi utama hormon endorfin adalah untuk membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesenangan.

Namun, tidak semua perannya dapat dipahami sepenuhnya. Sebagai contoh, endorfin berkaitan dengan aktivitas makan, minum, berolahraga, hingga seks.

Selain itu, hormon ini juga meminimalisasi ketidaknyamanan, sehingga tubuh tetap berfungsi. Proses ini juga meningkatkan kadar hormon dopamin.

Dengan kelebihan hormon endorfin, kemungkinan rasa sakit dan perasaan stres bisa berkurang. Berikut adalah berbagai fungsi hormon dopamine dalam tubuh manusia, di antaranya adalah:

1. Membantu mengikis depresi

Pernahkah Anda merasa lebih ‘gembira’ setelah berolahraga? Hal ini terjadi karena tubuh merasakan euforia akibat pelepasan endorfin setelah kita melakukan aktivitas fisik.

Para ahli pun memperkirakan, olahraga dapat bermanfaat untuk mengikis gangguan seperti depresi hormon endorfin yang dilepaskan tubuh.

2. Mengurangi stres dan rasa cemas

Tak hanya depresi, endorfin pun memiliki fungsi atau peranan penting untuk meredakan stres dan rasa cemas.

Sebuah studi pada hewan di tahun 2008 menyebutkan, ada pengaruh langsung antara kadar endorfin di tubuh hewan tersebut dengan perilaku cemasnya.

Walaupun begitu, studi pada manusia diperlukan untuk mengonfirmasi lebih lanjut temuan ini.

3. Meningkatkan penghargaan diri

Hati yang gembira tentu membuat kita merasa lebih percaya diri dan optimis, sehingga penghargaan untuk diri (self-esteem) pun meningkat. Pakar pun telah menghubungkan antara hormon endorfin dengan harga diri yang lebih tinggi.

4. Mengurangi sakit saat persalinan

Endorfin pun membantu seorang ibu menjalani proses persalinan, dengan membantu meminimalisasi rasa sakitnya.

Kemungkinan, kadar hormon endorfin yang rendah dalam tubuh bisa meningkatkan rasa sakit di tengah proses persalinan. Akan tetapi, perlu penelitian lebih lanjut mengnai hal ini.

5. Membantu mengurangi berat badan

Manfaat endorfin dalam mengendalikan rasa lapar masih terbilang kompleks. Sebab, seperti yang kita tahu, mengonsumsi makanan lezat meningkatkan hormon endorfin.

Walaupun begitu, studi pun menemukan bahwa senyawa ini juga dapat mengontrol nafsu makan, sehingga berpotensi untuk membantu menurunkan badan.

Gejala kekurangan hormon endorfin

Berikut ini beberapa gejala yang dapat timbul jika tubuh tidak memproduksi endorfin dengan cukup:

  • Depresi,
  • Gelisah,
  • Murung,
  • Timbulnya rasa sakit dan nyeri,
  • Sulit tidur,
  • Perilaku impulsif,
  • Migrain kronis, hingga
  • Fibromyalgia.

Cara meningkatkan hormon endorfin secara alami

Beberapa cara berikut dapat Anda coba sebagai cara alami untuk meningkatkan kadar hormon endorfin. Namun, setiap orang mempunyai ketahanan tubuhnya masing-masing.

1. Olahraga teratur

Olahraga menjadi salah satu cara utama untuk meningkatkan endorfin. Ketika tubuh memproduksi endorfin, itu akan bermanfaat bagi kesehatan mental, bukan hanya fisik saja.

Beberapa tips agar produksi endorfin naik adalah dengan berolahraga berkelompok dan memilih olahraga dengan intensitas sedang.

2. Meditasi

Meditasi telah menjadi cara populer untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Hal ini bisa terjadi karena adanya pelepasan endorfin.

Apabila belum terbiasa duduk diam untuk bermeditasi, ada juga jenis meditasi yang bisa dilakukan sambil bergerak seperti berjalan kaki.

Caranya, coba mengenali seluruh perasaan baik positif maupun negatif. Kemudian, jangan menghakimi setiap perasaan. Akui saja satu persatu. Lakukan selama 5 menit atau bisa lebih lama.

3. Menghirup aromaterapi

Studi telah menemukan bahwa minyak aromaterapi dapat menenangkan jiwa dan berkaitan dengan produksi hormon endorfin. Beberapa contoh minyak aromaterapi yang bisa Anda coba adalah lavender, ylang-ylang, rosemary, dan jeruk.

4. Berhubungan seks

Merasa gembira setelah bercinta? Hal ini terjadi karena adanya produksi endorfin, serta hormon lain seperti oksitosin.

Tak hanya menimbulkan rasa bahagia, kondisi ini juga ditandai dengan stres yang berkurang serta kepercayaan diri yang meningkat.

5. Mengonsumsi cokelat hitam

Cokelat hitam dapat merangsang produksi endorfin. Itulah mengapa orang bisa merasa senang saat merasakan cokelat, terutama saat sedang merasa stres.

Jadi, menikmati dark chocolate sesekali tak hanya baik karena mengandung antioksidan, tapi juga dapat meredakan stres.

6. Bercengkrama dengan sahabat

Banyak tertawa membuat kita lebih bahagia dan mengurangi stres, sehingga produksi endorfin meningkat. Selera humor yang sama akan mengusir bad mood sekaligus melegakan perasaan.

Itulah mengapa, ada terapi tawa yang digunakan dalam salah satu jenis terapi perilaku kognitif pada orang yang mengalami depresi.

7. Menonton film

Saat mood begitu buruk, Anda bisa mengalokasikan waktu untuk menikmati film atauseries drama. Sebab, menonton dilaporkan dapat merangsang pelepasan endorfin.

Alasannya, ketika emosi ikut tergelitik bahkan merasa sedi, otak akan bereaksi. Bentuk responsnya adalah dengan melepaskan endorfin sama seperti ketika Anda merasakan luka fisik akibat cedera.

8. Berbuat baik

Jika Anda merasa senang karena telah membantu orang lain, maka hal itu menjadi bukti bahwa adanya produksi endorfin di tubuh. Walaupun perasaan tersebut tak berlangsung lama, perasaan positif tersebut akan menjadi ‘candu’ bagi kita untuk terus membantu orang lain.

9. Mandi air hangat

Ternyata, mandi air hangat dapat membantu tubuh untuk memproduksi hormon endorfin dalam darah. Tak hanya itu saja, rasa hangat juga dapat menenangkan otot yang tegang dan nyeri.

Bahkan, mandi air hangat secara berkala diklaim dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah.

10. Melakukan pijat

Cara meningkatkan hormon endorfin yang patut untuk dicoba adalah melakukan sesi pijat. Ini karena melakukan pijatan dapat meredakan stres serta meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh.

Selain itu, pemijatan dengan teknik yang benar bisa meredakan gejala nyeri dan lelah pada tubuh.

11 Akupunktur

Akupunktur adalah pengobatan alternatif dari Tiongkok yang dianggap sebagai cara meningkatkan hormon endorfin.

Dilansir dari sebuah studi dalam jurnal Neuroscience Letters, jarum akupunktur yang masuk ke dalam tubuh dapat merangsang produksi hormon endorfin.

Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mencoba cara ini.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai hormon endorfin, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

hormon kortisolhormonhidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved