Homofobia atau Kebencian terhadap Orang Homoseksual, Ini Tips Menguranginya

(0)
20 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Homofobia adalah suatu bentuk kebencian, ketakutan, dan ketidaknyamanan pada orang homoseksual atau pria gay dan wanita lesbianHomofobia diwujudkan dengan sikap negatif terhadap kelompok homoseksual yang terjadi dalam level personal, budaya, hingga institusi
Topik terkait LGBT dan orientasi seksual tak pernah habis dibicarakan orang-orang. Dalam melihat perdebatan di dunia maya terkait topik tersebut, Anda mungkin pernah mendengar istilah homofobia. Sebenarnya, apa itu homofobia?

Mengenal apa itu homofobia

Homofobia adalah suatu bentuk kebencian, ketakutan, dan ketidaknyamanan pada orang homoseksual atau pria gay dan wanita lesbian. Homofobia diwujudkan dengan sikap negatif terhadap kelompok homoseksual yang terjadi dalam level personal, budaya, hingga institusi.Homofobia dapat diekspresikan dengan berbagai bentuk. Sikap dan perilaku ini bisa berakar dari kebencian yang tidak rasional serta salah dalam pemahaman. Beberapa orang berisiko memiliki perilaku homofobia karena berbagai faktor, termasuk keyakinan beragama serta ajaran dari keluarga atau orangtua.Pada praktiknya, orang-orang dengan homofobia sering menggunakan bahasa yang kejam saat berbicara pada orang orang homoseksual atau saat membicarakan individu gay dan lesbian. Pada level yang ekstrem, homofobia dapat diekspresikan dengan bully atau perundungan, pelecehan, dan kekerasan terhadap orang-orang homoseksual (dan biseksual).

Jenis-jenis homofobia

Perilaku homofobia mulai banyak dikaji oleh para ahli dan diidentifikasi atas beberapa jenis. Beberapa jenis homofobia, yaitu:

1. Homofobia terinternalisasi

Homofobia terinternalisasi dapat diartikan sebagai homofobia yang diarahkan pada diri sendiri. Homofobia ini dapat terjadi pada seseorang yang mengidentifikasi diri sebagai seorang homoseksual, namun ia merasa malu dengan orientasi seksualnya. Homofobia terinternalisasi juga bisa terjadi pada orang yang berusaha menekan ketertarikan seksual sesama jenisnya.

2. Homofobia interpersonal

Sesuai namanya, homofobia interpersonal adalah homofobia yang ditujukan pada orang lain dalam level individual. Perilaku homofobia dapat ditunjukkan melalui diskriminasi di tempat kerja oleh sesama karyawan, perundungan di sekolah, hingga diskriminasi halus oleh individu heteroseksual terhadap temannya yang seorang homoseksual.

3. Homofobia institusional

Homofobia institusional merupakan homofobia yang dilakukan oleh penanggung jawab institusi, organisasi, lembaga pemerintah, atau perusahaan. Homofobia di level ini ditunjukkan melalui kebijakan yang diskriminatif dan merugikan individu non-heteroseksual.

4. Homofobia kultural

Terakhir, homofobia juga dapat digaungkan melalui budaya populer dan media hiburan. Homofobia ini dapat dilihat di acara televisi, majalah, hingga cerita dalam berbagai jenis film.  

Homofobia dan kebencian terhadap kelompok spesifik

Homofobia juga bisa ditujukan pada kelompok biseksual
Bifobia adalah kebencian terhadap kelompok biseksual
Pada awalnya, homofobia memang merujuk pada perilaku kebencian dan diskriminasi terhadap kelompok homoseksual. Namun sebenarnya, istilah ini juga bisa dipakai untuk menjelaskan kebencian dan ketakutan tak rasional terhadap kelompok biseksual dan transgender. Kebencian terhadap kelompok biseksual, transgender, maupun lesbian juga memiliki istilah spesifik, yaitu:
  • Lesbofobia, yakni kebencian dan ketakutan tak rasional terhadap kelompok lesbian (wanita yang menyukai sesama jenis)
  • Bifobia, yakni kebencian dan tetakutan tak rasional terhadap kelompok biseksual (individu yang menyukai pria maupun wanita)
  • Transfobia, yakni kebencian dan ketakutan tak rasional yang diarahkan pada kelompok transgender dan transseksual

Tips mengurangi sikap homofobia terhadap rekan Anda

Walau mungkin belum optimal, beberapa orang telah mencoba untuk mengurangi sikap homofobia dalam dirinya. Berikut ini tips yang bisa Anda coba untuk mengurangi sikap homofobia di lingkungan pertemanan Anda:
  • Memahami bahwa biseksual dan homoseksual bukanlah gangguan mental 
  • Memahami bahwa apa yang dihadapi kelompok LGBT tidaklah mudah
  • Memahami bahwa diskriminasi yang dihadapi kelompok LGBT berisiko memicu gangguan psikologis pada beberapa individu di kelompok tersebut
  • Berusaha mendengarkan pengalaman yang dihadapi oleh rekan Anda yang menjadi bagian dari komunitas LGBT
  • Mengedukasi orang-orang terdekat untuk tidak mendiskriminasi kelompok LGBT
  • Memahami hal-hal yang berkaitan dengan LGBT sehingga Anda bisa memberikan informasi akurat terhadap orang lain dan mengurangi prasangka mereka
  • Menjaga rahasia rekan Anda yang melela atau come out sebagai individu nonheteroseksual.

Catatan dari SehatQ

Homofobia adalah kebencian dan ketakutan tak rasional terhadap individu homoseksual. Definisi homofobia juga meluas pada kebencian terhadap kelompok biseksual dan transgender. Untuk mendapatkan informasi lain terkait orientasi seksual, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh Appstore dan Playstore untuk memberikan informasi seksualitas terpercaya.
homoseksualorientasi seksual
Lambda Legal. https://www.lambdalegal.org/know-your-rights/article/youth-ally
Diakses pada 6 Oktober 2020
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/sexual-orientation/sexual-orientation/what-homophobia
Diakses pada 6 Oktober 2020
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-homophobia-5077409
Diakses pada 6 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait