Tanda-Tanda Hodophobia atau Fobia Bepergian Jauh dan Cara Mengatasinya


Hodophobia adalah fobia terhadap traveling atau bepergian jarak jauh. Cara mengatasi kondisi ini bisa dengan mengajak teman, membawa makanan, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi selama perjalanan.

0,0
Penderita hodophobia mengalami ketakutan ekstrem terhadap travelingHodophobia picu ketakutan ekstrem terhadap traveling
Siapa yang tidak suka traveling? Aktivitas ini seringkali dijadikan orang-orang untuk melepas penat dan stres setelah banyak menghabiskan waktu untuk bekerja. Berjalan di alam bebas, melihat pemandangan, atau menghabiskan waktu bersama orang tersayang bisa membantu mengembalikan energi yang terkuras karena urusan pekerjaan.Namun, ternyata ada beberapa orang yang mempunyai ketakutan ekstrem terhadap traveling. Jika Anda termasuk salah satunya, kondisi ini dikenal dengan istilah hodophobia.

Apa itu hodophobia?

Hodophobia adalah kondisi ketika seseorang mengalami ketakutan atau kecemasan ekstrem terhadap traveling. Beberapa penderitanya mungkin hanya takut untuk pergi jauh dari rumah. Namun, tak jarang juga kondisi ini diikuti dengan fobia terhadap alat transportasi seperti mobil, kereta, kapal, dan pesawat.Sejumlah contoh hodophobia di kehidupan nyata, antara lain:
  • Takut pergi jauh dari rumah
  • Tidak bisa mengemudi atau mengendarai kendaraan dalam jarak yang jauh
  • Takut untuk bepergian memakai bus, pesawat, kereta, kapal, atau moda transportasi lainnya
  • Tidak dapat bepergian jauh sendirian, harus ada orang lain yang ikut menemani dan membantu menenangkan dari rasa takut

Tanda-tanda seseorang menderita hodophobia

Tanda hodophobia atau fobia traveling adalah sakit perut
Sakit perut jelang keberangkatan bisa jadi tanda hodophobia
 Sama seperti fobia lain, beberapa gejala mungkin akan dirasakan penderita hodophobia saat dihadapkan dengan rasa takutnya. Gejala yang muncul dapat dirasakan secara fisik maupun psikologis.Berikut ini beberapa gejala yang mungkin dirasakan oleh penderita hodophobia saat berpikir atau harus pergi traveling:
  • Mual
  • Diare
  • Sakit perut
  • Berkeringat
  • Sakit kepala
  • Serangan panik
  • Ketegangan otot
  • Tubuh gemetaran
  • Napas terasa cepat
  • Ketakutan berlebihan
  • Kehilangan selera makan
  • Kecemasan tidak rasional
  • Peningkatan tekanan darah
  • Meningkatnya detak jantung
  • Kehilangan kendali atas tubuhnya
Gejala yang dirasakan oleh masing-masing penderitanya mungkin akan berbeda satu sama lain. Untuk mencari tahu kondisi apa yang mendasarinya, segeralah berkonsultasi ke dokter apabila mengalami gejala-gejala di atas ketika memikirkan atau harus pergi jauh dari rumah.

Penyebab seseorang mengalami hodophobia

Orang-orang yang menderita fobia traveling umumnya pernah mengalami peristiwa traumatis terkait bepergian dalam jarak jauh. Sebagai contoh, Anda sebelumnya pernah menjadi korban kecelakaan saat traveling atau terpisah dari orangtua ketika bepergian jauh. Kedua situasi itu dapat berkontribusi dalam berkembangnya hodophobia dalam diri Anda.Jika tidak segera mendapat penanganan, fobia ini dapat menghambat aktivitas Anda. Anda mungkin akan melewatkan beberapa acara penting atau kesulitan menyelesaikan pekerjaan yang mengharuskan untuk bepergian dalam jarak jauh.

Bagaimana cara mengatasi hodophobia?

Ada berbagai macam tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi fobia traveling. Berikut ini sejumlah cara mengatasi hodophobia:

1. Hindari konsumsi alkohol atau obat saat bepergian

Untuk menghilangkan ketakutan, beberapa orang seringkali mengonsumsi alkohol atau obat tidur saat hendak bepergian jauh. Bukannya mengatasi masalah, kondisi tersebut malah bisa memperburuk kondisi Anda.

2. Istirahat yang cukup dan jaga tubuh tetap terhidrasi

Beberapa hari jelang kepergian, pastikan Anda beristirahat dengan cukup. Jangan lupa juga untuk membawa air ketika traveling untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama perjalanan. Kelelahan dan dehidrasi dapat memperburuk kondisi Anda.

3. Bawa camilan dan makanan

Selain menjaga tubuh agar selalu terhidrasi, bawalah beberapa makanan atau camilan untuk mengisi perut Anda selama perjalanan. Rasa lapar bisa memperburuk kecemasan yang Anda rasakan.

4. Ajak teman

Cegah hodophobia dengan traveling bersama teman
Ajak teman saat Anda harus bepergian jauh
Penderita hodophobia disarankan untuk mengajak teman atau keluarga ketika bepergian jauh. Dengan adanya teman atau keluarga di dekat mereka, penderitanya dapat merasa lebih tenang selama traveling. Jika mengalami serangan panik, mereka juga bisa membantu menenangkan.

5. Berkonsultasi ke dokter

Apabila Anda sudah kewalahan dalam mengatasi kondisi ini, maka segeralah berkonsultasi ke dokter. Nantinya, dokter akan membantu mengatasi masalah Anda dengan terapi, meresepkan obat-obatan tertentu, atau kombinasi antara keduanya.

Catatan dari SehatQ

Hodophobia adalah kondisi yang membuat penderitanya mengalami ketakutan atau kecemasan ekstrem terhadap traveling. Kondisi ini biasanya dipicu oleh pengalaman traumatis yang dialami penderitanya di masa lalu.Cara mengatasi kondisi ini dapat dengan mengajak teman, membawa makanan, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi selama perjalanan. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengatasinya, segeralah berkonsultasi dengan dokter.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal fobia traveling dan cara mengatasinya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
fobia
Healthline. https://www.healthline.com/health/anxiety/hodophobia
Diakses pada 25 Juni 2021
Health Central. https://www.healthcentral.com/article/hodophobia-the-fear-of-traveling
Diakses pada 25 Juni 2021 
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-the-fear-of-travel-2671901
Diakses pada 25 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait