Bermain HP saat BAB ternyata dapat menyebabkan ambeien
Membawa HP ke kamar mandi sering dilakukan untuk mengisi waktu sembari buang air besar

Bagi beberapa orang, main HP saat BAB bisa jadi salah satu me-time yang ditunggu-tunggu. Oleh mereka, menjalankan kewajiban yang satu ini bisa jadi lebih menyenangkan jika dibarengi dengan memainkan HP. Tapi, belum tentu hal ini tidak berdampak negatif bagi kesehatan Anda.

Di masa kini, survei menunjukkan bahwa setidaknya 9 dari 10 orang selalu membawa HP mereka ke kamar mandi, dan tentu saja main HP saat BAB. Bisa jadi bahkan hal ini dilakukan lebih dari sekali setiap harinya.

Bahaya main HP saat buang air besar

Bisa jadi main HP saat BAB memang terasa menyenangkan. Anda bisa menunggu sembari membaca artikel dari situs favorit, melihat unggahan Instagram terbaru, hingga memeriksa surat elektronik.

Sayangnya, hal ini bisa membawa konsekuensi negatif bagi kesehatan Anda. Apa saja?

1. Tekanan berlebih pada anus

Ketika main HP saat BAB, seseorang akan duduk untuk waktu yang lebih lama. Jelas saja, konsentrasi untuk mengeluarkan feses terdistraksi dengan apa yang dilihat di HP. Waktu untuk BAB yang seharusnya hanya perlu 5 menit, bisa menjadi 15 menit karena keasyikan main HP.

Kabar buruknya lagi, duduk terlalu lama ini bisa jadi penyebab ambeien. Para peneliti menyimpulkan bahwa yang berdampak buruk sebenarnya bukan apa yang ada di HP, melainkan aktivitas duduk yang terlalu lama.

2. Penyebab ambeien

Ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di dalam dan luar anus. Ambeien terjadi apabila ada pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah. Ketika seseorang kerap main HP saat BAB, risiko penyebab ambeien ini diperparah dengan kemungkinan terkontaminasi bakteri.

3. Kontaminasi bakteri

HP adalah salah satu tempat mengendapnya bakteri dan kuman terbanyak. Bahkan, layar HP disebut-sebut lebih kotor ketimbang dudukan toilet! Hal ini diperparah apabila seseorang tidak terbiasa mencuci tangan dengan bersih sebelum menyentuh HP mereka.

Lebih jauh lagi, HP juga merupakan benda yang paling sering dipegang oleh pemiliknya. Entah itu saat kondisi tangan sedang bersih atau masih kotor. Inilah mengapa HP menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman.

Ketika Anda main HP saat BAB, pastikan untuk menutup dudukan toilet sebelum menekan tombol flush. Mengapa demikian? Ketika Anda menekan flush, partikel-partikel dari kotoran atau tinja akan beterbangan ke udara dan bisa saja berpindah menempel ke HP atau bagian tubuh Anda yang lain.

4. Konstipasi

Ketika main HP saat BAB dan menyebabkan Anda tidak benar-benar fokus saat mengeluarkan kotoran, hal ini bisa juga menyebabkan konstipasi. Ada istilah gerakan reverse peristalsis di mana usus besar menyerap lebih banyak cairan dari feses dan membuat feses lebih kering. Hal ini dapat memicu terjadinya konstipasi.

Lakukan BAB tanpa HP

Akan jauh lebih bijak apabila Anda bisa meninggalkan atau bahkan tidak mencoba sama sekali main HP saat BAB. Dengan cara ini, Anda akan lebih fokus pada pergerakan usus besar ketika membuang kotoran. Istilahnya lebih mindful terhadap apa yang dilakukan.

Contohnya, apabila tidak ada tanda-tanda pergerakan usus besar lagi setelah beberapa menit, jangan paksakan. Itu artinya proses BAB telah rampung. Saatnya membersihkan anus secara menyeluruh dan meninggalkan toilet dengan terlebih dahulu memastikan tangan telah dicuci bersih.

Idealnya waktu yang diperlukan untuk BAB adalah mulai dari 1 hingga 15 menit. Jika lebih dari itu, ada indikasi Anda mengalami konstipasi. Hindari duduk dan mengejan terlalu lama yang bisa jadi tidak Anda sadari apabila main HP saat BAB.

Cuci tangan dengan tepat

Hal yang tak kalah penting adalah memastikan Anda mencuci tangan dengan bersih dan menyeluruh. Toilet, terutama yang digunakan oleh publik seperti toilet umum atau toilet di kantor menyimpan banyak sekali kuman dan bakteri di setiap jengkalnya.

Anda pun pasti bersentuhan dengan bagian-bagian itu. Mulai dari pintu toilet, keran wastafel, dudukan toilet, tisu toilet, tombol flush, dan banyak lagi. Satu-satunya cara efektif untuk memastikan Anda tidak terkontaminasi bakteri dan kuman adalah dengan mencuci tangan dengan tepat.

Setidaknya alokasikan waktu 20 detik untuk menggosok setiap bagian tangan Anda. mulai dari telapak tangan, punggung tangan, sela jari, kuku, dan seluruh bagian lainnya.

Melihat banyaknya konsekuensi negatif dari main HP saat BAB di atas, ada baiknya meninggalkan sejenak HP Anda di meja ketika ada panggilan untuk ke toilet. Selain lebih ramah kesehatan, Anda juga tak mau ada risiko HP terjatuh ke lubang toilet, bukan?

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/transcripts/1409_hemorrhoids-ask-the-doctor
Diakses 23 Agustus 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/phone-toilet-health-risks#7
Diakses 23 Agustus 2019

Joe. https://www.joe.ie/tech/you-shouldt-sit-on-the-toilet-for-longer-than-15-minutes-546048
Diakses 23 Agustus 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed