Hobi Main Gadget Bisa Bikin Jempol Bengkak, Benarkah?

Gerakan berulang saat scroll media sosial dapat menyebabkan jempol cedera dan nyeri
Terlalu sering menggunakan gadget dapat menyebabkan jempol bengkak

Mungkin beberapa dekade silam, tidak ada yang pernah membayangkan bahwa ibu jari bisa bermasalah akibat terlalu sering melakukan gerakan tertentu. Tapi di era digital saat semua orang mengakses smartphone tanpa henti, jempol bengkak akibat intensitas tinggi bermain gadget bisa saja terjadi.

Hampir seluruh ponsel yang ada saat ini menggunakan teknologi touchscreen. Artinya, ibu jari tangan kanan dan kiri yang lebih dominan digunakan untuk menyentuh keypad, menggeser layar, dan seluruh aktivitas dengan ponsel pintar.

Mungkin ada yang merasa berlebihan jika jempol bengkak terjadi akibat terlalu lama menggunakan ponsel pintar. Nyatanya, hal itu benar-benar terjadi walaupun tidak terlalu banyak kasusnya.

Mengenal istilah “Gamer’s Thumb” yang menyebabkan jempol bengkak

Pertama kita tengok dulu apa yang dimaksud dengan “Gamer’s Thumb”. Pada dasarnya, tubuh manusia tidak dirancang untuk bermain game terus-menerus memainkan ponsel pintar, apalagi game yang kerap membuat lupa waktu.

Gerakan jempol yang berulang dapat menyebabkan gamer’s thumb, atau cedera karena tendon mengalami stres dari gerakan repetitif. Biasanya, kondisi ini akan berdampak pada ibu jari dan pergelangan tangan.

Penderitanya bisa merasakan nyeri bahkan bunyi di sekitar pergelangan tangan atau ibu jari. Tak hanya itu, kemampuan untuk memegang sesuatu dan fleksibilitas untuk menggerakkan ibu jari bisa menurun karenanya.

Anatomi tubuh untuk mekanisme gerak jempol adalah hanya maju dan mundur ke arah pergelangan tangan. Jempol didesain untuk menekan sesuatu, namun bukan untuk gerakan tiga dimensi.

Sementara game yang ada saat ini menuntut jempol bergerak sedemikian rupa demi melancarkan misi permainan.

Serupa dengan “Texter’s Thumb”

Sebelum gamer’s thumb berkembang, istilah texter’s thumb juga sudah lebih dulu ada. Ini adalah sindrom yang kerap dialami orang yang mengalami gangguan tendon pada jempol karena terlalu banyak intensitas mengetik di ponsel pintar.

Ketika jempol bengkak, yang terjadi adalah peradangan pada membran di dalam jempol yaitu tenosynovium. Fungsi dari membran ini adalah sebagai pelumas sehingga koordinasi ibu jari dan pergelangan tangan lebih lancar.

Namun ketika terjadi peradangan, akibatnya adalah jempol bengkak, kemampuan memegang menurun, dan juga terasa nyeri.

Kondisi ini pernah diceritakan oleh Nellie Bowles, seorang penulis di San Francisco yang menceritakan pengalamannya kepada New York Times. Pada kasusnya, Bowles merasa tiba-tiba tidak dapat menggerakkan jempolnya secara leluasa karena rasa nyeri.

Bahkan ketika semakin parah, jempolnya mati rasa. Menurut dokter, istilah medis dari kondisi yang dialaminya adalah De Quervain’s Tendinosis. Pemicunya adalah penggunaan tendon jempol secara berlebihan.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin jempol bengkak dan butuh dioperasi. Biasanya, hal ini terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut karena fleksibilitas tendonnya tak lagi seperti dulu.

Terapi mengatasi penyakit di era digital

Para dokter kerap merekomendasikan penderita De Quervain’s Tendinosis untuk mengubah kebiasaan mengetik pesan di ponsel pintar. Jangan berlebihan dan kurangi intensitasnya.

Ketika jempol terlalu banyak digunakan, maka tubuh secara alami akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang berisiko mengakibatkan peradangan.

Artinya, kaitannya sangat erat dengan gaya hidup dan bagaimana beraktivitas saat mengakses ponsel pintar.

Serupa dengan itu, penderita gamer’s thumb juga diminta untuk terapi radial abduction. Terapi ini dilakukan dengan menempatkan kedua tangan saling bertumpu menghadap ke bawah dan menggerakkan perlahan ibu jari ke atas, bawah, kanan, dan kiri.

Cara ini mampu melatih tendon di pergelangan tangan dan jempol tetap berfungsi. Tentu saja, diiringi dengan mengurangi intensitas bermain game di ponsel.

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi jempol bengkak adalah:

  • Kompres es batu pada jempol
  • Gunakan alat bantu untuk menyangga jaringan yang lemah atau splint di malam hari agar lebih stabil
  • Obat pereda nyeri
  • Suntik steroid untuk persendian
  • Operasi jika tendon mengalami kerusakan parah

Penyebab jempol bengkak lainnya

Selain intensitas mengakses ponsel pintar, ada juga masalah lain yang dapat mengakibatkan jempol bengkak. Beberapa di antaranya adalah:

Mengantisipasi jempol bengkak atau masalah lain pada jari, jika urusannya dengan ponsel pintar, artinya kendali ada di tangan Anda. Sebisa mungkin, kurangi intensitas menggunakan ponsel pintar jika tidak benar-benar perlu.

Secara berkala, stretching bagian jari tangan sehingga tendon tidak terasa kaku. Melakukan gerakan memutar pada pergelangan tangan juga bisa membantu.

Akan lebih baik lagi jika Anda bisa membatasi akses ponsel pintar hanya untuk hal yang benar-benar perlu saja. Jika tidak, berinteraksi langsung dengan orang lain mungkin justru lebih menyenangkan, bukan?

Healthline. https://www.healthline.com/health/thumb-pain
Diakses 24 Oktober 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/hand-pain/thumb-pain/
Diakses 24 Oktober 2019

The New York Times. https://www.nytimes.com/2018/05/19/technology/smartphone-overuse-numb-thumb.html
Diakses 24 Oktober 2019

Thought Co. https://www.thoughtco.com/what-is-gamers-thumb-1205946
Diakses 24 Oktober 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed