Jaga Pola Makan dan Hindari Makanan Penyebab Sakit Ginjal!

Penyebab sakit ginjal ini bisa terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda, daging, dan junk food
Minuman bersoda, daging, dan junk food yang tinggi kandungan garam merupakan contoh makanan penyebab sakit ginjal

Tahukah Anda makanan dan minuman yang kita konsumsi memengaruhi kerja ginjal? Hati-hati, beberapa makanan penyebab sakit ginjal haruslah Anda hindari.

Ginjal tidak hanya berfungsi untuk mengeluarkan kotoran saja, tetapi juga berguna untuk memproduksi hormon yang mengontrol tekanan darah dan menghasilkan vitamin D.

Fungsi ginjal sangatlah penting bagi tubuh dan perlu dijaga dari penyakit gagal ginjal kronis. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018, terdapat peningkatan prevalensi penyakit gagal ginjal kronis di Indonesia dari 2% menjadi 3,8%.

Angka prevalensi penyakit gagal ginjal kronis yang meningkat menjadi suatu pengingat bahwa pencegahan terhadap penyakit gagal ginjal kronis perlu dilakukan. Salah satunya adalah melalui menghindari makanan penyebab sakit ginjal.

[[artikel-terkait]]

Apa saja makanan penyebab sakit ginjal?

Pola makan yang benar sangat berpengaruh terhadap penurunan risiko penyakit gagal ginjal kronis. Anda dapat memulai melakukannya dengan menghindari beberapa makanan penyebab sakit ginjal, seperti:

  • Makanan yang tinggi garam

Tidak hanya menjadi penyebab hipertensi, makanan yang tinggi garam adalah salah satu jenis makanan penyebab sakit ginjal karena memicu kerusakan ginjal. Anda perlu jeli dalam melihat kandungan garam dalam tabel nutrisi makanan yang dibeli.

Beberapa makanan yang mengandung garam berlebih, seperti makanan kaleng, acar, keripik dan biskuit di supermarket, serta makanan cepat saji perlu dikurangi dan dihindari untuk kesehatan ginjal Anda.

  • Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung fosfor yang berlebih dan berpotensi untuk merusak ginjal dan tulang. Minuman bersoda adalah hal lain yang harus dihindari beserta dengan makanan penyebab penyakit ginjal lainnya.

Minuman bersoda terutama yang berwarna gelap, seperti cola sebaiknya dikurangi konsumsinya dan dihindari.

fast fodd & junk food

  • Makanan yang diproses

Serupa dengan minuman bersoda, makanan yang diproses tinggi kaya akan fosfor dan garam yang berpotensi merusak ginjal dan menyebabkan penyakit gagal ginjal kronis.

Oleh karenanya makanan yang diproses dapat menjadi salah satu makanan penyebab sakit ginjal.

  • Obat antinyeri

Terkadang, obat antinyeri diperlukan untuk mengatasi rasa sakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, jangan terlalu bergantung dengan obat antinyeri, karena terlalu banyak mengonsumsi obat antinyeri dapat merusak ginjal Anda.

Selalu ikuti takaran obat yang telah dianjurkan dan sebaiknya konsumsi obat antinyeri hanya saat diperlukan.

makan daging berlebih

  • Daging

Daging merupakan sumber asupan protein untuk tubuh, tetapi mengonsumsi daging secara berlebih berpotensi mengubah daging yang adalah sumber protein menjadi makanan penyebab sakit ginjal.

Protein hewani dalam daging memiliki kadar asam yang tinggi dalam darah serta mampu merusak ginjal. Kadar asam yang tinggi membuat ginjal tidak mampu menghilangkan asam tersebut secara cepat, kondisi ini dikenal sebagai asidosis.

Cegah konsumsi daging berlebih dengan menyeimbangkan menu makanan Anda dengan biji-bijian, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

  • Alkohol

Selain makanan penyebab sakit ginjal di atas, alkohol juga harus dikurangi konsumsinya dan dihindari. Jika Anda meminum alkohol lebih dari empat kali sehari, maka Anda harus waspada terhadap intaian penyakit gagal ginjal kronis.

Hal ini akan makin parah saat Anda mengonsumsi alkohol sambil merokok. Gaya hidup sehat dengan mengurangi konsumsi alkohol dan berhenti merokok bisa menjadi langkah awal untuk ginjal yang lebih sehat.

makan gula berlebih

  • Makanan yang kaya akan gula

Terlalu banyak garam memicu kerusakan ginjal, begitupun juga dengan makanan yang kaya akan gula. Konsumsi gula berlebih menyebabkan obesitas yang meningkatkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi.

Kedua penyakit tersebut mampu menimbulkan penyakit ginjal, seperti penyakit gagal ginjal kronis. Selalu perhatikan kadar gula yang dikonsumsi dan yang tercantum di tabel nutrisi makanan Anda.

Cek lagi apakah Anda masih sering mengonsumsi hal-hal di atas yang membuat kerja ginjal semakin berat. 

Waspadai gejala penyakit ginjal

Terdapat berbagai jenis penyakit ginjal dan salah satu yang paling umum adalah penyakit ginjal kronis yang penyebab sakit ginjalnya adalah karena tekanan darah tinggi. Meskipun demikian penyebab sakit ginjal bisa diakibatkan oleh faktor-faktor lainnya.

Salah satu cara untuk mencegah agar penyakit ginjal yang dialami tidak semakin bertambah parah, Anda perlu untuk mengetahui gejala-gejala dari penyakit ginjal secara umum, seperti:

  • Kesulitan untuk tidur
  • Bengkak di sekitar mata saat pagi hari
  • Kulit yang kering dan bersisik
  • Kram otot
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Nafsu makan menurun
  • Kelelahan
  • Kaki atau pergelangan kaki yang membengkak
  • Sering buang air kecil, terutama saat malam hari.

Bila Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk menjalani pemeriksaan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-avoid-with-kidney-disease
Diakses pada 3 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/kidney-disease
Diakses pada 25 juli 2019

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. http://www.depkes.go.id/article/view/18110200003/potret-sehat-indonesia-dari-riskesdas-2018.html
Diakses pada 3 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/259203.php
Diakses pada 3 Mei 2019

National Kidney Foundation. https://www.kidney.org/content/10-common-habits-that-may-harm-your-kidneys
https://www.kidney.org/kidneydisease/howkidneyswrk

Diakses pada 03 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed