logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

8 Makanan Penyebab Sakit Ginjal yang Harus Anda Hindari

open-summary

Hindari makanan yang bisa menyebabkan dan memperburuk sakit ginjal kronis. Biasanya Anda perlu menjaga asupan kalium, fosfor, dan sodium untuk membantu mengelola penyakit.


close-summary

3 Jun 2019

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Makanan penyebab sakit ginjal

Minuman bersoda, daging olahan, dan junk food adalah contoh makanan penyebab sakit ginjal

Table of Content

  • Makanan penyebab sakit ginjal
  • Makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan ginjal
  • Apa saja pantangan penderita sakit ginjal?

Tahukah Anda kalau ada makanan dan minuman yang bisa memengaruhi kerja ginjal? Hati-hati, karena bisa menjadi faktor penyebab sakit atau gagal ginjal, sehingga perlu dibatasi asupannya.

Advertisement

Ginjal tidak hanya berfungsi untuk mengeluarkan kotoran saja, tetapi juga berguna untuk memproduksi hormon yang mengontrol tekanan darah dan menghasilkan vitamin D

Fungsi ginjal sangatlah penting bagi tubuh dan perlu dijaga untuk mencegah penyakit gagal ginjal kronis.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018, ada peningkatan prevalensi penyakit gagal ginjal kronis di Indonesia dari 2% menjadi 3,8%. Angka prevalensi yang meningkat menjadi suatu pengingat untuk menghindari makanan yang buruk untuk ginjal.

Makanan penyebab sakit ginjal

Gaya hidup sangat memengaruhi kondisi tubuh keseluruhan, termasuk kerja ginjal. Bahkan, makan makanan yang tidak sehat dapat jadi penyebab kondisi kesehatan tertentu, seperti sakit ginjal.

Pasalnya, makanan dan minuman yang kita konsumsi mengandung berbagai bahan kimia. Di sini, organ ginjal berfungsi sebagai salah satu penyaring untuk membuang limbah, termasuk dari yang kita makan dan minum.

Kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda. Namun, tidak ada salahnya untuk mulai memantau asupan gula, mineral, natrium, kalium, dan juga fosfor.

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang bisa meningkatkan risiko sakit ginjal:

1. Daging olahan

Daging olahan diproduksi melalui berbagai proses sehingga memengaruhi nutrisinya. Biasanya, proses pengolahan itu bertujuan untuk meningkatkan rasa, tekstur, dan umur simpan.

Dalam prosesnya ini, daging biasanya ditambahkan berbagai macam zat tambahan makanan seperti natrium, agar lebih tahan lama. Makanan yang mengandung natrium tinggi dapat membebani kinerja ginjal.

Ini bisa memicu tekanan darah tinggi juga penumpukan cairan pada pergelangan kaki, jantung, dan paru-paru.

2. Buah tinggi kalium

Buah mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Namun, jika Anda memiliki penyakit ginjal, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah tinggi kalium dan gula dalam jumlah berlebihan. Beberapa buah tinggi kalium yang sebaiknya dibatasi oleh orang yang punya penyakit gagal ginjal, antara lain pisang, alpukat, kiwi, atau jeruk.

Saat memiliki penyakit ginjal, ginjal mungkin tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal ini membuat ginjal tidak dapat mengeluarkan kelebihan kaliun dari dalam tubuh dengan benar. Kondisi ini dapat bisa menyebabkan peningkatan kadar kalium dalam darah (hiperkalemia).

Kalau tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan otot, masalah jantung, dan bahkan kematian. Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang direkomendasikan dokter.

3. Makanan tinggi protein

Protein menjadi bagian penting sumber energi dan membuat sel baru dalam tubuh. Namun, makanan tinggi protein ini bisa menyebabkan gagal ginjal kronis pada tahap awal semakin memburuk.

Protein dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan kinerja ginjal menjadi lebih berat serta kesulitan menyaring produk limbah dari metabolisme protein.

Jumlah protein yang dibutuhkan seseorang tergantung pada berat badan, nilai gizi, dan seberapa baik fungsi ginjal. Jika Anda memiliki masalah ginjal, cobalah konsultasikan kebutuhan nutrisi Anda dengan dokter gizi.

Baca Juga

  • Mengenal Gejala Fibrosis Hati Serta Penyebab dan Cara Menanganinya
  • Apakah Efek Samping Suntik Difteri Berbahaya?
  • Menginap di Hotel saat Pandemi Covid-19, Apakah Aman?

4. Makanan tinggi sodium

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makanan tinggi sodium dapat jadi makanan penyebab sakit ginjal jika dikonsumsi berlebihan. Makanan tinggi natrium sering kali ditemukan di makanan olahan dan makanan ringan.

Jadi, untuk menjaga kesehatan ginjal, Anda perlu membatasi makanan yang tinggi garam. Terlebih jika Anda sudah memiliki penyakit ginjal.

The National Kidney Foundation merekomendasikan agar Anda tidak mengonsumsi lebih dari 2.300 mg sodium per harinya. Batasi makanan ringan serta makanan olahan. Jika Anda punya penyakit ginjal, mungkin jumlahnya akan berbeda (lebih rendah).

5. Sayuran tinggi kalium

Beberapa sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan bit hijau, juga dapat jadi penyebab penyakit ginjal memburuk. Ini karena sayuran-sayuran tersebut mengandung kalium tinggi.

Perlu Anda ketahui bahwa makanan yang mengandung asupan kalium tinggi bisa menjadi faktor penyebab sakit ginjal.

Ini juga tergolong buruk bagi penderita gagal ginjal. Tak hanya itu saja, sayuran hijau juga mengandung asam oksalat senyawa organik yang dapat memicu pembentukan batu ginjal.

6. Minuman bersoda

Minuman soda, terutama yang berwarna gelap bisa menjadi faktor penyebab sakit ginjal, sehingga tidak disarankan untuk penderita sakit ginjal.

Soda berwarna gelap mengandung fosfor yang berfungsi untuk mencegah perubahan warna, pengawet, dan menambah rasa. Kadar fosfor yang tinggi dalam tubuh dapat memicu kerusakan ginjal, pengeroposan tulang, hingga risiko penyakit jantung.

7. Minum alkohol berlebihan

Minum alkohol berlebihan juga bisa menjadi penyebab sakit ginjal serta gagal ginjal. Minum alkohol secara teratur dan lebih dari empat gelas dalam sehari bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

Makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan ginjal

Anda perlu menyesuaikan pola makan, untuk mencegah faktor risiko penyebab sakit ginjal. Begitu juga pada penderita penyakit ginjal. Pilihlah makanan yang kadar sodium, kalium, fosfor, dan proteinnya lebih rendah, seperti:

  • Buah apel, cranberry, anggur, nanas, stroberi, mangga
  • Sayuran, seperti kembang kol, sawi putih, selada putih, wortel
  • Protein, seperti dada ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, susu rendah lemak
  • Karbohidrat, seperti nasi putih, roti, pasta
  • Mencukupi kebutuhan cairan seperti air putih

Konsultasikan lebih lanjut mengenai asupan harian yang Anda butuhkan untuk mencegah kerusakan ginjal.

Apa saja pantangan penderita sakit ginjal?

Apabila Anda sudah memiliki penyakit ginjal tertentu, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari agar kondisinya tidak bertambah parah.

Berikut adalah beberapa pantangan penyakit ginjal yang perlu Anda perhatikan:

1. Sering mengonsumsi obat pereda nyeri

Beberapa obat pereda nyeri, seperti paracetamol memang dijual bebas di apotek dan dapat dibeli tanpa resep dokter. Meski begitu, Anda perlu berhati-hati dengan aturan dosisnya, karena jika berlebihan bisa membahayakan ginjal. Terutama jika sudah memiliki penyakit ginjal.

Konsumsi obat-obatan dapat memperberat kerja ginjal. Kurangi penggunaan obat pereda nyeri secara teratur dan jangan melebihi dosis dari aturan.

2. Mengonsumsi makanan asin

Saat ingin mengonsumsi makanan yang terasa gurih dan asin, batasi asupannya. Makanan tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah, yang dapat berdampak pada ginjal.

Coba bumbui makanan dengan rempah-rempah, seperti bawang putih atau lada, sebagai pengganti garam.

3. Minum air putih berlebihan

Minum air putih yang cukup memang dapat mencegah berbagai penyakit ginjal, termasuk batu ginjal. Ini karena air dapat membantu tubuh membilas dan mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh.

Akan tapi, lain halnya dengan orang yang memiliki penyakit ginjal. Salah satu pantangan bagi orang yang punya gagal ginjal adalah minum air putih secara berlebihan. Sebab, orang dengan penyakit ginjal, ginjalnya tidak dapat berfungsi secara optimal. Terlalu banyak minum air putih malah dapat memperberat kerja ginjal yang mungkin saja membahayakan. 

Minumlah 8 gelas per hari atau sesuai rekomendasi dokter.

4. Makanan tinggi fosfor

Batasi pula asupan makanan yang tinggi fosfor untuk membantu melindungi tulang dan pembuluh darah. Terlalu banyak fosfor dapat menarik kalsium dari tulang, sehingga membuat tulang tipis dan lebih mudah patah. Ini juga bisa memicu nyeri tulang dan nyeri sendi.

Tak hanya itu, pada penderita penyakit ginjal kronis, fosfor dapat menumpuk di dalam darah. Saat menyaring darah yang tinggi fosfor, ginjal akan bekerja lebih keras lagi untuk mengeluarkannya.

5. Merokok

Pantangan lain yang harus dipatuhi penderiiita penyakit ginjal adalah merokok. Bukan hanya paru-paru, banyak organ tubuh lain yang dapat terdampak jika Anda merokok.

National Kidney Foundation menyebutkan, zat kimia dalam rokok dapat menghambat aliran darah menuju organ-organ penting, tak terkecuali ginjal. Kondisi ini dapat memperburuk penyakit ginjal yang Anda alami.

Jika Anda perokok aktif, tidak ada salahnya untuk berhenti. Konsultasikan dengan dokter mengenai apa yang bisa dilakukan atau melakukan konseling dengan grup pendukung.

Beberapa pantangan dan makanan penyebab penyakit ginjal memburuk adalah acuan saja. Anda mungkin masih membutuhkan beberapa konsumsi makanan di atas tergantung kondisi Anda. Untuk mengetahuinya, cobalah berkonsultasi ke dokter. Anda juga bisa bertanya langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

penyakit ginjalgangguan ginjal akutgangguan ginjalgagal ginjal kronisgagal ginjalpenyakit

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved