Hindari Kosmetik Palsu, Begini Cara Mudah Cek Produk Kosmetik BPOM

Tidak semua produk-produk kosmetik aman digunakan
Produk kosmetik hendaknya diperiksakan terlebih dahulu di BPOM sebelum dipakai

Anda mungkin sudah familiar dengan anjuran untuk selalu mengecek nomor registrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada setiap kemasan produk kosmetik. Nah, tahukah Anda kini cek produk kosmetik BPOM sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah lewat situs resmi BPOM?

Pengecekan nomor registrasi BPOM ini penting dilakukan untuk memastikan Anda menggunakan kosmetik yang aman. Seperti diketahui, saat ini banyak beredar kosmetik palsu dan mengandung bahan berbahaya.

Salah satu zat berbahaya yang sering ditemukan dalam kosmetik, terutama pada produk pemutih kulit, adalah merkuri. Zat kimia ini dapat menyebabkan kerusakan saraf, ginjal, serta merusak otak pada anak atau janin.

Cara cek produk kosmetik BPOM

Untuk melakukan cek produk kosmetik BPOM, Anda dapat mengunjungi situs resmi BPOM. Setelah itu, Anda bisa memilih tulisah ‘daftar produk’ menu bar, kemudian klik ‘cek produk BPOM’, maka Anda akan diarahkan pada halaman baru untuk melakukan pengecekan.

Di halaman tersebut, Anda dapat melakukan langkah berikut ini:

  • Bila Anda sudah mengetahui nomor registrasi BPOM

Pilih pencarian produk berdasarkan ‘NOMOR REGISTRASI’. Kemudian, masukkan nomor BPOM yang tertera pada kemasan produk yang biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka sebanyak 13-15 digit (misalnya NA18171300714), lalu tekan ‘CARI’ atau enter.

Cek produk kosmetik BPOM seperti ini bisa dilakukan untuk mengecek keaslian nomor registrasi atau mencocokkan produk yang Anda beli dengan produk yang terdaftar di BPOM. Bila hasil pengecekan menunjukkan ‘data tidak ditemukan’, bisa jadi kosmetik yang Anda gunakan belum terdaftar di BPOM atau bisa juga kosmetik palsu.

  • Bila Anda belum mengetahui nomor registrasi BPOM

Anda juga dapat melakukan cek produk kosmetik BPOM berdasarkan merk dan nama produknya. Cara pengecekannya pun sama, yakni cukup pilih menu ‘MERK’ atau ‘NAMA PRODUK’, kemudian klik tombol ‘CARI’ atau enter.

Dengan cara seperti ini, Anda dapat mengetahui produk kosmetik yang aman berdasarkan kategori yang Anda pilih. Bila merek atau nama produk (misalnya bedak, lip balm, maskara, dan sebagainya) tidak ditemukan dalam database BPOM, bisa jadi kosmetik yang Anda gunakan belum terdaftar atau merupakan kosmetik palsu.

Selain melihat nomor registrasinya, Anda juga dapat melihat pendaftar dan tanggal penerbitan nomor registrasi BPOM dari produk tersebut. Hingga pertengahan Februari 2020, sudah ada lebih dari 10 ribu produk kosmetik yang terdaftar di BPOM.

Tips memilih kosmetik yang aman

Secara keseluruhan, BPOM meminta Anda untuk melakukan cek KLIK (kemasan, label, izin edar, dan kadaluwarsa) sebelum membeli produk kosmetik. Pilihlah kosmetik dengan kemasan yang baik (tidak bolong, sobek, karatan, dan lain-lain) dan pastikan produk tersebut belum melewati masa kadaluwarsanya.

Pada label, Anda perlu mengecek komposisinya dan menghindari bahan-bahan berbahaya sebagai berikut:

  • Logam berat (termasuk merkuri dan turunannya, seperti calomel, cinnabaris, hydrargyri oxydum rubrum, dan quicksilver)
  • 1,4 Dioxane
  • Nitrosamine
  • Timbal
  • Parabens
  • Ethanolamine.

Bila memungkinkan, pilihlah produk kosmetik yang terbuat dari sedikit mungkin komposisi agar lebih mudah dipastikan keamanannya. Pilih juga produk yang tidak mengandung pewangi tambahan, terutama untuk produk kosmetik yang digunakan pada kulit sensitif.

Produk yang diklaim ‘natural’ dan ‘alami’ juga belum tentu merupakan kosmetik yang aman, apalagi jika tidak memiliki izin edar dari BPOM. Sekalipun banyak testimonial yang menyatakan produk tanpa izin BPOM itu adalah kosmetik yang bagus, Anda sebaiknya tidak tergiur dan menghindarinya demi keamanan dan kesehatan jangka panjang.

Jadilah konsumen yang pintar dengan selalu mengecek produk kosmetik sebelum membeli dan menggunakannya.

AAD. https://www.aad.org/public/cosmetic/age-spots-marks/skin-lightener-containing-mercury-cause-health-problems
Diakses pada 19 Februari 2020

Badan POM. https://www.pom.go.id/new/
Diakses pada 19 Februari 2020

Badan POM. https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/17858/Cantik-Luar-Dalam-dengan-Kosmetik-Aman.html
Diakses pada 19 Februari 2020

Cek BPOM. http://cekbpom.pom.go.id/
Diakses pada 19 Februari 2020

American Beauty Association. https://beautyassociation.org/how-to-choose-safe-cosmetics/
Diakses pada 19 Februari 2020

Artikel Terkait