Hindari Iritasi Kulit dengan Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Aman Ini

Menggunakan gel cukur, adalah salah satu cara mencukur bulu ketiak yang disarankan.
Salah satu cara mencukur bulu ketiak yang benar ialah, dengan pisau cukur yang tajam.

Memiliki bulu ketiak yang panjang dan lebat, bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak heran, mencukur bulu ketiak, menjadi kegiatan rutin yang tidak boleh terlewatkan. Akan tetapi, sudahkan Anda mengetahui cara mencukur bulu ketiak yang aman dan tepat?

Jangan disepelekan, cara mencukur bulu ketiak tidak boleh sembarangan. Sebab, ada kerugian yang bisa Anda rasakan, jika mencukur bulu ketiak asal-asalan.

Cara mencukur bulu ketiak yang aman dan tepat

Bagi pria dan wanita, cara mencukur bulu ketiak yang benar serta aman, sangat penting untuk diketahui. Jika memang Anda adalah tipe orang yang rutin mencukur bulu ketiak, ada baiknya ketahui manfaat, risiko, dan metode terbaik untuk mencukur bulu ketiak, agar terhindar dari luka pisau cukur, goresan, bahkan iritasi kulit.

Ada beberapa cara mencukur bulu ketiak, agar kulit Anda tetap lembut dan terhindar dari efek samping.

Jika baru pertama kali mencukur bulu ketiak, Anda disarankan untuk menggunakan gunting atau pisau cukur elektrik, sebelum akhirnya memilih pisau cukur tradisional, untuk mencukur bulu yang tersisa. Hal ini juga dilakukan, untuk menjaga pisau cukur tetap tajam.

Mencukur bulu ketiak

  • Pastikan ketiak Anda basah dan bersih saat mulai mencukur. Anda sebaiknya mencukur bulu ketiak, saat sedang mandi dengan shower, untuk mempermudah proses pencukurannya.
  • Walau tidak harus selalu dilakukan, menggunakan produk perawatan kulit untuk mengangkat sel kulit mati, juga disarankan, sebelum mencukur bulu ketiak. Hal ini dilakukan agar kulit ketiak Anda, terasa lebih halus saat dicukur.
  • Jangan lupa menggunakan krim atau gel pencukur, sebelum mencukur bulu ketiak Anda. Jika tidak memilikinya, busa dari sabun juga bisa digunakan.
  • Perlu diingat, bulu ketiak tumbuh ke segala arah. Untuk hasil yang terbaik dan halus, cukurlah bulu ketiak dengan menggunakan pisau cukur ke arah atas, bawah, maupun samping.

Anda harus hati-hati dalam mencukur bulu ketiak. Setelah mengetahui cara mencukur bulu ketiak yang benar, ikuti tips di bawah ini, untuk menghindari efek samping tak diinginkan:

  • Gunakan pisau cukur yang tajam. Sebab, pisau cukur yang sudah lama tak digunakan, dan tidak tajam, bisa menyebabkan luka, rambut tumbuh ke dalam, hingga iritasi kulit.
  • Menggunakan pisau cukur yang tidak tajam, bisa menyebabkan folikulitis atau radang folikel rambut. Gejala folikulitis antara lain berupa kumpulan benjolan merah kecil atau jerawat yang berkembang di sekitar folikel rambut, kulit gatal dan terasa terbakar.
  • Jangan terburu-buru saat mencukur bulu ketiak. Sebab, Anda lebih berisiko mengalami luka, jika menggunakan pisau cukur terlalu cepat.

Dengan mengikuti cara mencukur bulu ketiak di atas secara bertahap, ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan.

Manfaat mencukur bulu ketiak

Bukan tanpa alasan Anda disarankan untuk mencukur bulu ketiak. Terutama bagi pria, yang bisa merasakan banyak manfaat, dengan rutin mencukur bulu ketiak secara benar. Apa saja manfaat itu?

  • Mengurangi bau badan, akibat keringat yang berkumpul di bulu ketiak
  • Ketiak terasa lebih nyaman, karena udara bisa leluasa masuk
  • Tidak gatal karena bulu ketiak yang mengganggu

Bulu ketiak pria, lebih cepat tumbuhnya dibandingkan wanita. Selain itu, ada mitos yang mengatakan bahwa mencukur bulu ketiak, bisa membuat bulu ketiak tumbuh lebih cepat dan lebat. Nyatanya, hal itu tidak didasari penjelasan ilmiah.

Sebab, mencukur bulu ketiak, memang membuat ujung dari bulu baru yang tumbuh terasa kasar, untuk beberapa saat saja. Akibatnya, bulu ketiak terlihat lebih tebal dan panjang, meski sebenarnya tidak.

Catatan dari SehatQ

Tidak semua orang memiliki waktu untuk memusingkan bulu ketiaknya. Namun, tidak jarang juga orang yang dengan rajin mencukur bulu ketiak, agar terhindar dari bau badan berlebih, serta penampilan yang bisa membuatnya tak percaya diri.

Jika Anda merasakan pertumbuhan bulu ketiak yang berlebih, segera konsultasikan ke dokter. Sebab, hal itu bisa diakibatkan oleh pengobatan tertentu, atau kondisi medis yang mungkin Anda tidak tahu.
Selain itu, jika ada luka atau efek samping akibat mencukur bulu ketiak, segera konsultasikan ke dokter, dan mendapatkan pengobatan terbaik, untuk mengatasinya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/shaving-arms

Diakses pada 26 November 2019

 

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/folliculitis/symptoms-causes/syc-20361634

Diakses pada 26 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed