Hindari Dehidrasi, Ini Cara Minum Air Saat Puasa yang Tepat

Jika tidak mengonsumsi cukup air saat sahur maupun berbuka, Anda bisa mengalami dehidrasi.
Selalu minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka, agar terhindar dari dehidrasi selama puasa.

Saat berpuasa, kebutuhan cairan tubuh tidak berbeda dari waktu lainnya. Hal ini membuat orang yang berpuasa berisiko terkena dehidrasi. Jangan cemas, ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan, saat sedang berpuasa.

Kuncinya adalah dengan cukup minum air putih saat sahur dan berbuka. Kenapa air putih? Sebab, meski cairan bisa didapatkan dari minuman lainnya, air putihlah cairan yang paling baik untuk kesehatan Anda.

Pentingnya air putih untuk kesehatan tubuh kita

Tubuh terdiri dari kurang lebih 60% air dan rata-rata, akan dikeluarkan sebanyak kurang lebih dua hingga tiga liter cairan melalui urine, keringat, dan napas. Hal ini juga berlangsung saat berpuasa.

Sehingga, jika Anda tidak mengonsumsi cukup air saat sahur maupun berbuka, maka kondisi ini dapat berkembang menjadi dehidrasi. Hal ini disebabkan oleh penurunan kadar air secara keseluruhan dalam periode yang lama di dalam tubuh.

Gejala dehidrasi yang sering muncul pada orang yang berpuasa di antaranya:

  • Lemas
  • Sakit kepala
  • Tubuh terasa lelah
  • Detak jantung tidak teratur
  • Muncul rasa haus

Dengan mengonsumsi cukup air putih, selain terhindar dari dehidrasi, Anda juga akan mendapatkan manfaat lainnya seperti:

  • Tubuh terasa lebih berenergi
  • Peningkatan fungsi otak
  • Pencernaan yang lancar
  • Mencegah timbulnya jerawat
  • Penurunan berat badan

Cara memenuhi kebutuhan cairan saat puasa

Untuk memenuhi kebutuhan cairan, Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas per hari, termasuk saat berpuasa.

Namun, karena saat berpuasa Anda hanya bisa minum air putih saat sahur dan berbuka, maka Anda perlu membagi delapan gelas tersebut antara sahur dan berbuka, serta sebelum tidur.

Perlu diingat, bahwa kebutuhan cairan setiap orang bisa berbeda. Bagi beberapa orang, minum delapan gelas sehari mungkin belum cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan di tubuh.

Untuk mengetahui apakah Anda kekurangan cairan, Anda bisa memeriksa warna urine yang keluar. Urine yang baik umumnya tidak berwarna atau berwarna kuning muda. Jika warna urine Anda kuning gelap atau bahkan cenderung kecokelatan, maka itu bisa jadi tanda bahwa Anda dehidrasi.

Makanan sehat yang bisa bantu penuhi kebutuhan cairan Anda

Selain dengan air, buah dan sayur di bawah ini juga dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda.

1. Timun

Timun terdiri dari 95% air. Selain itu, makanan ini juga mengandung zat antiperadangan yang dapat membantu menyingkirkan zat-zat berbahaya dari tubuh, dan mengurangi peradangan pada kulit.

2. Semangka

Di dalam daging buah semangka, terkandung 91% air. Tidak hanya itu, buah ini juga kaya akan kandungan likopen, yang dapat dapat melindungi sel dari kerusakan, akibat paparan sinar matahari, dan baik bagi kesehatan kulit.

3. Stroberi

Sama seperti semangka, kandungan air dalam stroberi pun berada pada angka sekitar 91%. Buah ini juga mengadung flavonoid, yang dipercaya baik untuk kesehatan otak.

4. Kembang kol

Sering digunakan dalam sop, kembang kol juga ternyata memiliki kandungan air sebanyak 92%. Sayuran ini kaya akan vitamin C, vitamin K, serta nutrisi lain yang baik untuk tubuh.

Makanan-makanan tersebut dapat Anda jadikan pendamping air putih, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa. Bukan berarti Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman lain selain air putih.

Anda tetap dapat mengonsumsi minuman lain, selama tidak mengandung terlalu banyak gula.

Sebab, minuman manis yang sering dikonsumsi saat berbuka puasa, meski bisa memenuhi kebutuhan cairan, dapat menambah jumlah kalori serta gula yang Anda konsumsi.

Cleveland Clinic Abu Dhabi. https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/pages/stay-hydrated-for-a-healthier-ramadan.aspx
Diakses pada 10 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-much-water-should-you-drink-per-day#section2
Diakses pada 10 Mei 2019

Health Xchange. https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/healthy-ramadan-fasting-tips
Diakses pada 10 Mei 2019

Family Doctor. https://familydoctor.org/hydration-why-its-so-important/
Diakses pada 10 Mei 2019

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/dehydrated-these-7-foods-will-satisfy-your-thirst-and-hunger/
Diakses pada 10 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed