Hilangkan Kantuk hingga Penyakit, Ini Manfaat Mandi Pagi

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mandi pagi
Mandi pagi dengan air dingin dipercaya bermanfaat bagi kesehatan

Pagi hari adalah saat yang tepat untuk memulai aktivitas baru dengan pikiran yang segar setelah tidur di malam harinya. Sebelum berkegiatan, ada baiknya Anda mandi karena banyak manfaat mandi pagi yang bisa Anda rasakan, termasuk bagi kesehatan.

Mandi pagi dapat disesuaikan dengan preferensi Anda, ada yang memilih mandi pagi dengan air dingin, ada pula yang lebih nyaman mandi air hangat di pagi hari. Sebetulnya, mana yang lebih baik?

Manfaat mandi pagi yang bisa Anda rasakan

Bagi Anda yang sering beraktivitasi di pagi hari, rasanya belum lengkap jika harus meninggalkan rumah tanpa mandi pagi. Pasalnya, memang banyak manfaat mandi pagi yang dapat dirasakan oleh setiap orang yang melakukannya, berikut di antaranya:

  • Menghilangkan kantuk, bahkan beberapa orang mengklaim tidak butuh lagi minum kopi atau teh di pagi hari karena manfaat mandi pagi yang satu ini. Mandi pagi juga disebut bisa meningkatkan kewaspadaan merupakan efek lanjutan dari hilangnya kantuk ini.

  • Membuat wajah bersih dan sedap dipandang. Keluar rumah dengan wajah berseri dan segar dapat memperbaiki mood Anda sepanjang hari. Namun, para ahli tetap menyarankan Anda untuk mencuci muka dua kali sehari atau setiap usai beraktivitas.

  • Mencegah berbagai penyakit, terutama penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, dan vitiligo. Anda juga dapat terhindar dari gatal-gatal serta penyakit yang berhubungan dengan kebersihan lainnya.
  • Membuat tubuh menjadi lebih segar dan mencegah stres.

Sekalipun Anda telah mandi sebelum tidur, mandi pagi juga tetap harus dilakukan karena tubuh Anda mengeluarkan keringat ketika tidur malam. Belum lagi, ada kuman serta tungau pada kasur atau sprei Anda yang mungkin menempel pada tubuh ketika Anda terlelap.

Anda juga bisa meningkatkan manfaat mandi pagi ini dengan mencampurkan bahan-bahan tambahan ke dalam air mandi Anda. Mencampur air mandi dengan serbuk oatmeal, misalnya, disebut-sebut mampu meredakan gatal-gatal, iritasi, dan peradangan kulit, serta menjadi pelembap alami bagi kulit kering.

Anda juga dapat mencampur air dengan minyak esensial beraroma lavender untuk menghilangkan stres serta memperbaiki mood, terutama pada wanita yang hormonnya tengah tidak seimbang saat mengalami premenstrual syndrome (PMS). Mandi dengan campuran minyak lavender juga dipercaya dapat meredakan masalah kesehatan seperti wasir.

Mana yang lebih baik, mandi pagi dengan air dingin atau air hangat?

Para ahli sepakat bahwa manfaat mandi pagi akan kian terasa ketika Anda melakukannya dengan air dingin. Namun, atur suhu air agar tidak terlalu dingin agar tidak terjadi lonjakan suhu tubuh yang drastis.

Selain manfaat di atas, mandi pagi dengan air dingin juga memiliki dampak positif lain bagi kesehatan, antara lain:

  • Meredakan rasa gatal, sehingga Anda tidak akan sering menggaruk yang justru akan memperburuk kondisi kulit.
  • Meningkatkan sirkulasi darah sehingga suhu tubuh Anda cenderung lebih stabil dibanding mandi air panas. Manfaat mandi pagi dengan air dingin ini juga kerap dihubungkan dengan pencegahan penyakit hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya.
  • Mengurangi kaku otot, terutama jika Anda melakukan olahraga ringan sebelum mandi pagi.
  • Merangsang pembakaran lemak sehingga membantu Anda menurunkan berat badan.

Meski manfaat mandi pagi dengan air dingin cukup banyak, tidak ada salahnya juga mandi pagi dengan air hangat. Apalagi, mandi air hangat pada dasarnya juga memiliki efek menghilangkan stres, melegakan pernapasan, dan membantu tubuh meredakan memar.

NY Times. https://www.nytimes.com/2017/12/22/well/showering-morning-night.html
Diakses pada 26 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/eczema/features/take-a-healing-bath
Diakses pada 26 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-shower-vs-hot-shower
Diakses pada 26 November 2019

Artikel Terkait