Manfaat Mandi Pagi, Hilangkan Kantuk hingga Penyakit


Manfaat mandi pagi sangat beragam, mulai dari menghilangkan kantuk hingga mencegah penyakit kulit. Untuk meningkatkan efeknya, mandilah dengan air dingin.

(0)
27 Nov 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat mandi pagi untuk kesehatanMandi pagi dengan air dingin dipercaya bermanfaat bagi kesehatan
Pagi hari adalah saat yang tepat untuk memulai aktivitas baru dengan pikiran yang segar setelah tidur di malam harinya. Sebelum berkegiatan, ada baiknya Anda mandi karena banyak manfaat mandi pagi yang bisa Anda rasakan, termasuk bagi kesehatan.Mandi pagi dapat disesuaikan dengan preferensi Anda, ada yang memilih mandi pagi dengan air dingin, ada pula yang lebih nyaman mandi air hangat di pagi hari. Sebetulnya, mana yang lebih baik?

Manfaat mandi pagi yang bisa Anda rasakan

Bagi Anda yang sering beraktivitasi di pagi hari, rasanya belum lengkap jika harus meninggalkan rumah tanpa mandi pagi. Pasalnya, memang banyak manfaat mandi di pagi hari yang dapat dirasakan oleh setiap orang yang melakukannya, berikut di antaranya:
  • Menghilangkan kantuk, bahkan beberapa orang mengklaim tidak butuh lagi minum kopi atau teh di pagi hari karena manfaat mandi pagi yang satu ini. Mandi pagi juga disebut bisa membantu meningkatkan kewaspadaan merupakan efek lanjutan dari hilangnya kantuk ini.

  • Membuat wajah bersih dan sedap dipandang. Keluar rumah dengan wajah berseri dan segar dapat memperbaiki mood Anda sepanjang hari. Namun, para ahli tetap menyarankan Anda untuk mencuci muka dua kali sehari atau setiap usai beraktivitas.

  • Mencegah berbagai penyakit, terutama penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, dan vitiligo. Anda juga dapat terhindar dari gatal-gatal serta penyakit yang berhubungan dengan kebersihan lainnya.
  • Membuat tubuh menjadi lebih segar dan mencegah stres.
  • Manfaat mandi air dingin untuk bisa membantu meredakan gejala depresi, dengan melepas hormon endorfin dalam tubuh.Untuk mendapatkan manfaat mandi air dingin ini, Anda disarankan untuk melakukannya selama 5 menit sebanyak 2-3 kali seminggu. 
Sekalipun Anda telah mandi sebelum tidur, mandi pagi juga tetap harus dilakukan karena tubuh Anda mengeluarkan keringat ketika tidur malam. Belum lagi, ada kuman serta tungau pada kasur atau sprei Anda yang mungkin menempel pada tubuh ketika Anda terlelap.Anda juga bisa meningkatkan manfaat mandi pagi ini dengan mencampurkan bahan-bahan tambahan ke dalam air mandi Anda. Mencampur air mandi dengan serbuk oatmeal, misalnya, disebut-sebut mampu meredakan gatal-gatal, iritasi, dan peradangan kulit, serta menjadi pelembap alami bagi kulit kering.Anda juga dapat mencampur air dengan minyak esensial beraroma lavender untuk menghilangkan stres serta memperbaiki mood, terutama pada wanita yang hormonnya tengah tidak seimbang saat mengalami premenstrual syndrome (PMS). Mandi dengan campuran minyak lavender juga dipercaya dapat meredakan masalah kesehatan seperti wasir.

Bolehkah mandi jam 5 pagi?

Seperti namanya, mandi subuh adalah mandi yang dilakukan sebelum matahari terbit. Bila merujuk pada waktu salat subuh yang dilakukan umat Islam, maka mandi subuh dapat dikatakan sebagai mandi yang dilakukan sekitar pukul 5 pagi.Bagi Anda yang jarak rumah dan kantornya sangat jauh, misalnya berbeda kota, memulai aktivitas sejak pagi buta kadang tidak terelakkan. Anda wajib mandi subuh agar dapat berangkat lebih pagi dan tidak terlambat sampai ke kantor. Namun, jangan khawatir karena mandi subuh ternyata tidak jauh berbeda dengan mandi pagi yang membawa efek positif bagi kesehatan. Terdapat beberapa manfaat mandi subuh dengan air dingin, yaitu:
  • Meredakan rasa gatal, terutama pada orang dengan kesehatan kulit sensitif, baik untuk menyemarkan pori-pori.
  • Meningkatkan sirkulasi darah sehingga metabolisme di dalam tubuh juga lebih cepat dan suhu tubuh lebih ideal untuk beraktivitas. Manfaat mandi subuh dengan air dingin ini juga dianggap lebih ideal bagi pengidap penyakit hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya.
  • Mengurangi kaku otot, terutama jika Anda melakukan olahraga ringan sebelum mandi subuh.
  • Merangsang pembakaran lemak sehingga membantu Anda menurunkan berat badan.
Selain itu, mandi subuh dapat membersihkan keringat yang keluar selama Anda tidur, termasuk yang berada di wajah. Namun, manfaat mandi subuh untuk kesehatan satu ini lebih dari sekadar memperindah penampilan fisik mengingat wajah yang bersih dan terasa segar akan membuat Anda lebih percaya diri sepanjang hari.

Mana yang lebih baik, mandi pagi dengan air dingin atau air hangat?

Para ahli sepakat bahwa manfaat mandi pagi akan kian terasa ketika Anda melakukannya dengan air dingin. Namun, atur suhu air agar tidak terlalu dingin agar tidak terjadi lonjakan suhu tubuh yang drastis.Selain manfaat di atas, mandi pagi dengan air dingin juga memberi dampak positif lain bagi kesehatan, antara lain:
  • Meredakan rasa gatal, sehingga Anda tidak akan sering menggaruk yang justru akan memperburuk kondisi kulit.
  • Meningkatkan sirkulasi darah sehingga suhu tubuh Anda cenderung lebih stabil dibanding mandi air panas. Manfaat mandi pagi dengan air dingin ini juga kerap dihubungkan dengan pencegahan penyakit hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya.
  • Mengurangi kaku otot, terutama jika Anda melakukan olahraga ringan sebelum mandi pagi.
  • Merangsang pembakaran lemak sehingga membantu Anda menurunkan berat badan.
Meski manfaat mandi pagi dengan air dingin cukup banyak, tidak ada salahnya juga mandi pagi dengan air hangat. Apalagi, mandi air hangat pada dasarnya juga memiliki efek menghilangkan stres, melegakan pernapasan, dan membantu tubuh meredakan memar.
kantukmandipola hidup sehat
NY Times. https://www.nytimes.com/2017/12/22/well/showering-morning-night.html
Diakses pada 26 November 2019
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/eczema/features/take-a-healing-bath
Diakses pada 26 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-shower-vs-hot-shower
Diakses pada 26 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-shower-benefits#endorphins
Diakses pada 1 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait