Hilangkan Jerawat Hingga Samarkan Luka, Ini Manfaat Madu untuk Wajah

Membuat masker mdu untuk diaplikasikan ke wajah haruslah menggunakan madu asli
Madu mengandung enzim bakteri baik yang bermanfaat untuk kulit wajah

Madu kerap jadi pilihan suplemen atau topping sarapan yang disukai banyak orang. Rupanya tak hanya untuk dikonsumsi, manfaat madu untuk wajah juga tak kalah melimpah! Mulai dari menghilangkan jerawat sampai menyamarkan luka bisa tercapai dengan menggunakan masker madu.

Tapi tidak semua madu bisa memberi khasiat yang sama untuk kulit. Tentunya, harus madu yang benar-benar asli dan sebisa mungkin belum melewati tahapan pasteurisasi.

Lebih jauh lagi, proses panjang terbentuknya madu yang melibatkan lebah inilah yang membuatnya begitu spesial untuk wajah. Di dalam madu, ada enzim dan bakteri baik yang bermanfaat untuk kulit.

Manfaat madu untuk wajah

Jika tidak ada reaksi alergi dan tidak ada luka pada wajah, tidak ada salahnya memasukkan perawatan dengan masker madu ke dalam jadwal Anda. Beberapa manfaat madu untuk wajah yang sayang untuk dilewatkan di antaranya:

  • Mengatasi jerawat

Jerawat membandel kerap mengganggu penampilan, terlebih jika tidak kunjung hilang setelah mencoba berbagai obat antijerawat. Bisa jadi, masker madu lebih efektif mengatasinya, terutama untuk jerawat atau masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.

Mengaplikasikan madu pada kulit wajah dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri pada wajah. Salah satu jenis madu yang paling direkomendasikan adalah madu manuka karena khasiatnya yang lebih ampuh.

Pada masalah kulit seperti eksim, madu juga dapat mempercepat proses pemulihan sekaligus mengurangi peradangan. Anda bisa mengaplikasikan masker madu secara berkala untuk mengangkat sel kulit mati di area-area yang terkena jerawat atau eksim.

  • Antioksidan

Sifat madu yang kandungannya sarat akan antioksidan juga mencegah kerusakan kulit dan menunda penuaan kulit. Artinya, mengaplikasikan masker madu bisa menghaluskan kulit sehingga menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti keriput.

Masker madu juga ampuh mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan penyebab komedo. Cobalah masker madu secara berkala untuk mendapatkan manfaat optimal.

  • Menyamarkan luka

Manfaat madu untuk wajah berikutnya berkaitan dengan fungsinya dalam menyamarkan luka. Ada kandungan dalam madu yang bermanfaat untuk bleaching sehingga pigmentasi atau perbedaan warna luka dengan kulit sekitarnya bisa tersamarkan.

Semakin rajin memakai masker madu, besar kemungkinan warna kulit wajah Anda kian merata.

Resep membuat masker madu

Di bawah ini, ada beberapa jenis masker madu yang dipadukan dengan bahan lain dan bisa digunakan sehari-hari karena minim risiko. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan dan bisa jadi sudah tersedia di dapur Anda.

Apa saja resep membuat masker madu?

1. Madu dan lemon

Siapkan air perasan ½ buah lemon dan 1 sendok makan madu. Campurkan madu dan lemon hingga teksturnya cukup lembut. Kemudian, aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan dan sebaiknya hindari area sekitar mata.

Diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air hangat. Setelah itu, keringkan wajah dengan handuk bersih dan lembut. Metode ini bisa dilakukan sekali sepekan.

Manfaatnya, lemon yang kaya vitamin C membantu mengangkat sel kulit mati dan meratakan warna kulit pada wajah. Tak hanya itu, perpaduan madu dan lemon juga menyeimbangkan kadar minyak di kulit sehingga pH nya tetap normal.

2. Madu, susu, dan cuka apel

Madu dan cuka apel dikenal sebagai bahan yang memang kaya manfaat bagi kulit. Anda bisa mencoba resep berikut ini yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan susu bubuk, 2 sendok teh cuka apel, dan ½ sendok teh madu.

Campurkan semua bahan dan aplikasikan secara perlahan ke wajah. Diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali.

Kandungan susu mengandung asam laktat yang bisa mengangkat sel kulit mati. Sementara cuka apel dan madu bisa mengecilkan pori-pori dan mengendalikan pH kulit wajah. Resep ini cocok terutama bagi yang memiliki kulit sensitif.

3. Madu, lemon, dan pisang

Ingin wajah glowing? Coba resep masker madu dan pisang berikut ini. Anda cukup mencampurkan 1 buah pisang yang telah dihancurkan dan tambahkan madu serta lemon. Setelah tercampur rata, aplikasikan ke wajah selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat.

Resep ini membantu menghilangkan bintik hitam sehingga membuat wajah lebih glowing. Campuran pisang membantu melembutkan dan memberi nutrisi pada kulit. Sementara lemon dan madu menjaga elastisitas kulit wajah.

4. Madu dan kayu manis

Bagi mereka yang suka dengan aroma kayu manis, maka resep yang satu ini bisa jadi favorit. Cukup campurkan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis. Ketika adonan sudah bertekstur seperti cokelat cair, panaskan dan tunggu hingga cukup hangat.

Kemudian, aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Barulah bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk lembut. Resep ini bisa digunakan 1-2 kali per minggu.

Manfaatnya, kayu manis dan madu dapat menutrisi wajah berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Tak hanya itu, madu membantu mengangkat sel kulit mati dari wajah.

Masih banyak kombinasi resep lainnya yang bisa memberikan manfaat madu untuk wajah Anda. Namun mengingat kondisi kulit setiap orang tidak sama, sebaiknya uji coba terlebih dahulu dan lihat reaksinya pada kulit Anda.

Apabila aman dan tidak ada reaksi alergi, then you’re good to go. Tapi ingat untuk tetap menutrisi kulit wajah dari dalam dengan mengonsumsi makanan bergizi dan hindari yang berminyak ya!

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/8-health-benefits-of-honey-for-a-happy-new-year.aspx
Diakses 18 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-for-face#how-to-use
Diakses 18 September 2019

Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/honey-to-get-glowing-skin/#gref
Diakses 18 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed