logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Manfaat Es Batu untuk Wajah yang Layak Dicoba, Hilangkan Jerawat Hingga Keriput

open-summary

Manfaat es batu untuk wajah adalah menghilangkan jerawat, keriput, bengkak, hingga memar. Meski ada berbagai manfaat es batu bagi wajah, pastikan Anda tetap mewaspadai efek samping es batu untuk kulit wajah yang mungkin terjadi dengan cara menggunakannya yang aman.


close-summary

22 Jul 2020

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat es batu untuk wajah ada beragam dari hilangkan jerawat hingga keriput

Manfaat es batu untuk wajah tidak hanya memberikan sensasi dingin di kulit

Table of Content

  • Apa manfaat es batu untuk wajah?
  • Apa efek samping es batu untuk wajah yang mungkin terjadi?
  • Cara menggunakan es batu untuk wajah dengan aman
  • Catatan dari SehatQ

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik. Salah satunya adalah menggunakan es batu. Sebab, ada beragam manfaat es batu untuk wajah yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Advertisement

Ya, tampil cantik tak harus mahal. Hanya dengan bermodalkan bahan-bahan yang ada di rumah, Anda bisa mendapatkan kulit wajah sehat sesuai impian.

Meski ada berbagai manfaatnya, Anda tetap perlu waspada akan bahaya es batu untuk wajah yang mungkin mengintai di baliknya. 

Apa manfaat es batu untuk wajah?

Manfaat es batu memang sudah sering digunakan dalam berbagai metode penyembuhan kulit, terutama pada kondisi cedera saat olahraga. 

Namun, tahukah Anda kalau manfaat es batu buat wajah ternyata tak kalah berlimpah? 

Berikut adalah beberapa manfaat es batu untuk wajah yang bisa Anda coba di rumah. 

1. Mengatasi jerawat

manfaat es batu untuk wajah adalah menghilangkan jerawat
Es batu bisa bantu mengempiskan jerawat

Salah satu manfaat es batu untuk wajah adalah mengatasi jerawat. Manfaat es batu untuk jerawat ini bisa dibilang sudah cukup populer. 

Saat berjerawat, kulit bisa mengalami inflamasi atau peradangan. Nah, manfaat es batu untuk wajah berjerawat adalah meredakan kemerahan, nyeri, dan bengkak. 

Cara menghilangkan jerawat dengan es batu ini bisa dilakukan dengan mengompresnya. Nantinya, jerawat yang meradang akan memunculkan titik putih di atasnya.

Manfaat es batu untuk jerawat juga dapat mendorong kotoran naik ke permukaan kulit sehingga ukuran jerawat secara bertahap akan berkurang. Kemudian, masalah kulit ini hilang sepenuhnya.

Namun, perlu diketahui bahwa cara menghilangkan jerawat dengan es batu mungkin lebih ampuh digunakan untuk mengobati jerawat meradang yang tergolong ringan.

2. Membersihkan pori-pori wajah

Membersihkan pori-pori juga menjadi manfaat es batu untuk kulit wajah. Bagaimana bisa?

Ada banyak kotoran yang dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. 

Selain itu, penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran dapat membuat kulit wajah tampak kusam dan lebih tua. 

Manfaat es batu untuk wajah mampu membersihkan kulit sampai ke dalam pori-pori. 

Jika melakukannya secara rutin dapat membuat wajah tampak lebih sehat, halus, dan tampak bercahaya. 

3. Mencerahkan dan meremajakan kulit wajah

Manfaat es batu untuk wajah bisa membuat kulit glowing
Manfaat es batu untuk wajah salah satunya membuat kulit glowing

Penggunaan es batu untuk wajah pada pagi hari juga dapat memberikan manfaat yang tak terduga. 

Ya, manfaat es batu untuk wajah di pagi hari dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih cerah bercahaya karena mampu meningkatkan sirkulasi darah. 

Dengan demikian, kulit bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari aliran darah yang lancar.

Cara menggunakan es batu untuk wajah dengan cara memijay kulit pun diyakini dapat meredakan stres.

Fungsi es batu untuk wajah ini dipercaya dapat membuat wajah tampak lebih muda dan cerah secara alami.

4. Menyamarkan kerutan

Manfaat es batu untuk kecantikan wajah dipercaya dapat membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan atau garis-garis halus. 

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa manfaat es batu untuk wajah ini belum pernah diteliti secara mendalam sehingga masih dibutuhkan studi ilmiah lanjutan guna membuktikan efektivitasnya. 

5. Menghilangkan rambut wajah

Memiliki rambut wajah bisa jadi hal mengganggu bagi wanita. Nah, Anda bisa memperoleh manfaat es batu untuk wajah satu ini guna membantu menyingkirkan rambut halus di wajah.

Walaupun prosesnya tentu tidak secepat waxing, manfaat es batu bagi wajah setidaknya dapat menyingkirkan rambut wajah secara bertahap untuk hasil yang permanen.

6. Mengontrol minyak berlebih

Kondisi wajah yang berminyak dapat membuat seseorang terlihat kusam dan tua. Belum lagi, kulit berminyak juga rentan terkena jerawat.

Cara menggunakan es batu untuk wajah yang dilakukan sebelum tidur di malam hari disinyalir dapat mengontrol sel lemak di bawah kulit sehingga produksi minyak pada wajah terkendali. 

Cara mengatasi wajah berminyak secara alami ini dapat membuat wajah terlihat lebih cerah dan berseri.

Namun perlu diketahui, manfaat batu es untuk wajah sebelum tidur ini belum dibuktikan keefektifannya secara ilmiah.

7. Menyamarkan kantung mata

Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur dipercaya mampu menangani berbagai masalah kulit. Salah satunya, menyamarkan kantung mata.

Manfaat mengompres mata dengan es batu selama beberapa menit seraya menekan-nekannya secara perlahan dinilai bisa membantu menyamarkan kantung mata yang terlihat jelas. 

Pasalnya, suhu dingin yang berasal dari es batu dapat merasuk ke dalam kulit sehingga mampu melancarkan sirkulasi darah pada area tersebut. 

8. Meredakan bibir pecah-pecah

Manfaat es batu untuk wajah bisa menyehatkan bibir
Mengompres bibir dengan es batu bisa atasi bibir pecah-pecah

Manfaat es batu untuk bibir ternyata bisa meredakan bibir pecah-pecah, terutama yang sampai menyebabkan luka. 

Cara menggunakan es batu satu ini dapat menghidrasi bibir dan mengembalikan kesegarannya. 

Di samping itu, kondisi bibir yang meradang atau terdapat luka juga dapat diatasi dengan kompres es batu. Dengan demikian, bibir dapat kembali terasa lembut dan sehat. 

9. Meredakan kemerahan di kulit wajah

Manfaat es batu untuk wajah yang tak kalah penting adalah meredakan kemerahan di kulit wajah. Biasanya, salah satu kondisi kulit yang bisa membuat kulit wajah memerah adalah rosacea. 

Rosacea adalah penyakit kulit kambuhan yang ditandai dengan kulit wajah memerah. Selain kulit kemerahan, gejala rosacea terkadang disertai benjolan-benjolan kecil mirip jerawat, iritasi mata, dan penebalan kulit.

Saat kondisi ini kambuh, di sinilah manfaat es batu untuk wajah berperan. Cara mengompres wajah dengan es batu dapat membantu meredakan gejala penyakit kulit ini. 

10. Meredakan kulit terbakar matahari atau sunburn

Cara mengompres wajah dengan es batu tidak harus selalu membuatnya dari air matang. 

Selain dengan teh hijau, Anda juga bisa membuat es batu dari lidah buaya. 

Manfaat lidah buaya yang dibuat beku menjadi es diyakini dapat meredakan kulit yang perih dan panas akibat terbakar sinar matahari (sunburn).

11. Meredakan wajah bengkak

Wajah bisa terlihat bengkak karena benturan, efek samping operasi, maupun terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam dan alkohol saat malam hari.

Saat mengalami bengkak akibat kondisi-kondisi di atas, cara mengompres wajah dengan es batu pada pagi hari dapat dilakukan guna mengembalikan bentuk wajah seperti semula.

Tergantung penyebabnya, cara memperoleh manfaat es batu di pagi hari ini bisa Anda lakukan satu atau beberapa kali sehari selama beberapa waktu hingga pembengkakan mereda.

Jika pembengkakan di wajah disebabkan oleh alergi, sebaiknya langsung menghubungi dokter, terutama bila disertai dengan gejala lain, seperti sesak napas.

12. Menyamarkan memar di wajah

Cedera di wajah akibat benturan maupun hal lain juga bisa menjadi penyebab memar terjadi. 

Selain bisa menimbulkan rasa nyeri, perubahan warna di area wajah ini tentu dapat terlihat dengan sangat jelas sehingga mengganggu penampilan.

Anda bisa mengurangi kemungkinan terjadinya memar sesaat setelah benturan atau cedera terjadi dengan cara mengompres wajah dengan es batu.

Letakkan kompres es di wajah selama minimal 10 menit dan maksimal 30 menit. Lalu, lepas kompres dan biarkan wajah istirahat selama 15 menit. 

Setelah itu, ulangi lagi tahapan ini dari awal selama tiga jam. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara mengompres wajah dengan es batu ini secara rutin selama 36 jam atau 3 hari setelah benturan terjadi.

13. Mempersiapkan kulit menerima produk skincare

Bagi Anda yang kerap menggunakan produk perawatan kulit atau skincare pada pagi dan malam hari, cobalah untuk mengoleskan es batu ke permukaan wajah terlebih dahulu. 

Pasalnya, manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur dipercaya mampu membantu penyerapan produk skincare dengan baik ke dalam lapisan kulit. Menarik, bukan?

Cara menggunakan es batu untuk wajah ini dapat dilakukan dengan cara mengoleskannya ke permukaan wajah terlebih dahulu sebelum menerapkan urutan pemakaian skincare malam hari

Apa efek samping es batu untuk wajah yang mungkin terjadi?

Meski ada berbagai manfaat es batu bagi wajah, pastikan Anda tetap mewaspadai efek samping es batu untuk kulit wajah yang mungkin terjadi. 

Bahaya es batu untuk wajah yang dilakukan secara berlebihan dan tidak aman adalah kerusakan pembuluh darah hingga risiko kulit terbakar.

Kondisi tersebut mungkin dialami oleh beberapa orang yang memiliki kulit sensitif atau penyakit kulit tertentu.

Beberapa efek samping es batu untuk wajah yang patut diwaspadai, antara lain: 

1. Kerusakan kulit

Manfaat es batu untuk wajah sebaiknya jangan digunakan sembarangan
Bahaya es batu untuk wajah bisa muncul karena penggunaan yang salah

Salah satu efek samping es batu untuk wajah adalah kulit jadi lebih rentan mengalami kerusakan. 

Selain sel-sel kulit yang rentan rusak, pembuluh darah bisa mengerut sehingga mengurangi aliran dan oksigen pada kulit wajah. 

Paparan dingin yang ekstrem juga menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga darah akan mengalir ke organ vital tubuh untuk melindunginya.

Efek samping es batu untuk kulit wajah ini mungkin terjadi apabila Anda langsung menggunakan es batu pada permukaan kulit tanpa membungkusnya dengan handuk atau kain waslap bersih.

Selain itu, bahaya es batu pada wajah ini bisa terjadi akibat penggunaan es batu yang didiamkan terlalu lama pada kulit.

2. Kulit wajah mati rasa

Manfaat es batu untuk jerawat dipercaya dapat menyembuhkannya. Es batu bekerja dengan meredakan nyeri sementara pada jerawat yang meradang parah. Namun, klaim khasiat ini dapat menimbulkan efek samping es batu untuk kulit wajah berupa efek mati rasa.

3. Kulit terbakar akibat es batu atau radang dingin (ice burn)

Manfaat es batu untuk wajah tidak lepas dari efek samping
Penggunaan es batu untuk wajah bisa membuat kulit memerah

Efek samping es batu untuk wajah berikutnya adalah kulit terbakar atau kondisi radang dingin (ice burn). Kondisi ini dapat terjadi bila es batu untuk wajah yang digunakan terlalu dingin. 

Beberapa ciri-ciri radang dingin, termasuk kulit memerah, serta berwarna putih atau keabuan, rasa nyeri, muncul lepuhan, mati rasa, nyeri, hingga terasa gatal. 

Paparan es batu langsung pada permukaan kulit dalam jangka waktu terlalu lama juga bisa menyebabkan bahaya es batu pada wajah ini muncul. Kulit terbakar akibat es batu lebih rentan terjadi pada:

  • Perokok aktif.
  • Orang-orang yang mengonsumsi obat penurun tekanan darah.
  • Orang dengan kondisi yang terganggu sirkulasi darahnya.
  • Orang dengan kondisi lain yang membuat penderitanya tidak memiliki kemampuan dalam merasakan cedera.

4. Biduran atau urtikaria

Biduran atau urtikaria juga bisa menjadi bahaya es batu untuk wajah. Biasanya kondisi ini mungkin muncul pada orang yang rentan mengalami alergi.

Biduran bisa terjadi akibat penggunaan es batu langsung pada permukaan kulit wajah dalam waktu yang lama. Akibatnya, jadi timbul ruam, gatal-gatal, dan pembengkakan sesaat pada wajah.

Ruam kulit akibat efek samping es batu untuk kulit wajah ini berlangsung selama 2-5 menit setelah terpapar es batu.

Cara menggunakan es batu untuk wajah dengan aman

Setelah mengetahui berbagai manfaat es batu untuk wajah, Anda mungkin jadi tertarik untuk menggunakannya sebagai rutinitas perawatan kecantikan. 

Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada kulit, sah-sah saja untuk mencoba manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur.

Akan tetapi, berbeda bagi orang-orang dengan jenis wajah atau masalah kulit tertentu. Apalagi bagi orang yang memiliki reaksi alergi tertentu. 

Maka dari itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit guna mengetahui apakah dapat memperoleh manfaat es batu bagi wajah atau tidak. 

Dokter mungkin akan memberikan saran sesuai dengan kondisi kulit, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, atau kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Jika Anda sudah mendapatkan “lampu hijau” dari dokter, berikut adalah cara mengompres wajah dengan es batu yang aman dilakukan. 

  • Pastikan Anda sudah membuat es batu dari air dan memasukkannya ke dalam freezer
  • Bersihkan wajah Anda dengan air suam-suam kuku atau air hangat dan sabun pembersih wajah terlebih dahulu. 
  • Keringkan area kulit yang sudah dibersihkan secara perlahan dengan cara menepuk-nepuknya perlahan menggunakan handuk.
  • Sebaiknya, jangan langsung menempelkan es batu ke wajah begitu dikeluarkan dari kulkas. Anda disarankan untuk merendamnya terlebih dahulu dengan air guna menghilangkan efek sengatan dingin yang berlebihan. 
  • Kemudian, bungkus beberapa buah es batu menggunakan handuk waslap atau kain bersih.
  • Cara mengompres wajah dengan es batu bisa mulai dilakukan dengan menempelkannya pada area kulit tertentu yang mengalami masalah. 
  • Kompres wajah seraya melakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar selama 1-2 menit. 
  • Jangan terlalu lama mengompres wajah dengan es batu. Pastikan untuk menyisakan waktu kurang lebih 5 menit di antara tiap semenit kompres es batu. Langkah ini bertujuan untuk mencegah kerusakan jaringan kulit.  
  • Gunakan lap bersih lainnya untuk mengeringkan tetesan air yang berasal dari es batu. 

Pada kulit berjerawat, cara menghilangkan jerawat dengan es batu dapat bekerja dengan baik bila dikombinasikan dengan kompres hangat. 

Caranya, gunakan kompres hangat terlebih dahulu untuk membantu menghilangkan kotoran yang terperangkap dalam pori-pori. 

Setelah melakukan kompres hangat selama 5-10 menit, lanjutkan dengan kompres es batu selama 1 menit guna mengurangi peradangan dan pembengkakan. Ulangi proses ini setiap hari hingga jerawat menghilang. 

Sebaiknya, hindari cara menggunakan es batu untuk menghilangkan jerawat yang diikuti dengan langkah kompres hangat. Sebab, langkah ini justru dapat berisiko merusak kulit.

Manfaat es batu untuk wajah berjerawat perlu dilakukan berulang
Cara menghilangkan jerawat dengan es batu diyakini ampuh

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan cara mengompres wajah dengan es batu pada pagi dan malam hari setelah cuci muka atau mandi. 

Anda juga dapat membuat es batu yang terbuat dari campuran bahan lain, seperti susu, air mawar, gel lidah buaya, atau teh hijau, guna mendapat manfaat es batu untuk wajah secara maksimal. 

Cara menggunakan es batu untuk wajah yang terbuat dari campuran lidah buaya diklaim baik untuk mengatasi kulit terbakar matahari dan kulit berjerawat. 

Sedangkan, penggunaan es batu yang terbuat dari campuran ekstrak teh hijau diyakini dapat memberikan efek antivirus dan antibakteri pada kulit. 

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam British Journal of Pharmacology, senyawa katekin pada teh hijau mengandung efek antivirus dan antibakteri. 

Perlu diingat, jika selama cara menggunakan es batu untuk wajah dilakukan, timbul rasa tidak nyaman dan sensasi rasa terbakar, sebaiknya segera hentikan dan konsultasikan dengan dokter kulit. 

Catatan dari SehatQ

Manfaat es batu untuk kulit wajah sangatlah beragam. Namun, perlu diketahui bawah belum semuanya terbukti secara ilmiah. Maka, Anda tetap perlu berhati-hati saat mempraktikkannya.

Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum mencoba manfaat batu es untuk wajah.

Dokter kulit bisa membantu Anda dalam menentukan apakah kulit wajah Anda cocok menerapkan cara mengompres wajah dengan es batu atau tidak.

Dengan ini, manfaat es batu bagi wajah bisa Anda dapatkan dengan efektif dan tetap aman.

Baca Juga

  • Beda dengan Jerawat di Wajah, Ini Penyebab Jerawat di Pantat dan Cara Mengobatinya
  • Mengenal Ciri-Ciri Krim Bermerkuri yang Membahayakan Kesehatan
  • Rekomendasi Obat Penghilang Bekas Jerawat yang Tepat untuk Mengobati Bekas Jerawat

Masih ada pertanyaan lainnya seputar manfaat batu es untuk wajah? Yuk, tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. 

Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

perawatan kulitpengobatan jerawatkesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved