Hilangkan Jerawat Hingga Keriput, Ini Manfaat Es Batu untuk Wajah yang Layak Dicoba

Manfaat es batu untuk wajah ada beragam dari hilangkan jerawat hingga keriput
Manfaat es batu untuk wajah salah satunya adalah cegak keriput

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik. Salah satunya adalah dengan menggunakan es batu. Sebab, manfaat es batu untuk wajah ternyata beragam.

Cantik tak harus mahal. Hanya dengan bermodalkan bahan-bahan yang ada di rumah, Anda pun bisa mendapatkan kulit wajah sehat sesuai impian.

Ragam manfaat es batu untuk wajah

Es batu memang sudah sering digunakan dalam berbagai metode penyembuhan, terutama pada kondisi cedera saat olahraga. Namun tahukah Anda kalau manfaat es batu untuk wajah ternyata tak kalah berlimpah? Ini beberapa kebaikan yang bisa Anda dapatkan saat memanfaatkan es batu untuk merawat wajah:

manfaat es batu untuk wajah: hilangkan jerawat
Es batu bisa bantu kempiskan jerawat

1. Bantu mengempiskan jerawat

Manfaat es batu untuk wajah yang paling populer adalah sebagai bahan untuk mengecilkan jerawat. Saat kita berjerawat, kulit bisa mengalami inflamasi atau peradangan.

Dengan mengompreskan es batu ke wajah, maka tanda-tanda inflamasi seperti kemerahan, nyeri, dan bengkak bisa reda.

Untuk bisa menghilangkan jerawat, Anda juga tidak harus selalu menggunakan es batu yang terbuat dari air. Membuat es batu dari teh hijau dipercaya bisa menambah efek antijerawat yang ada, sebab bahan ini terkenal akan kandungan antibakterinya yang melimpah.

2. Hilangkan keriput

Es batu juga dipercaya dapat bantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dini di wajah, seperti keriput. Namun, manfaat yang satu ini belum pernah diteliti secara mendalam.

3. Samarkan kantung mata

Mengompres area kantung mata dengan es batu selama beberapa menit sambil di tekan-tekan ringan dinilai bisa bantu samarkan kantung mata yang terlihat jelas. Sebab, suhu dingin yang merasuk ke kulit akan bantu melancarkan sirkulasi di area tersebut.

Wajah merah bisa diobati dengan es batu
Roscacea bisa sebabkan wajah memerah

4. Pudarkan kemerahan di kulit wajah

Salah satu kondisi yang bisa membuat kulit wajah memerah adalah rosacea. Penyakit kulit ini merupakan penyakit kambuhan yang membuat pengidapnya memiliki kulit wajah merah yang terkadang disertai benjolan-benjolan kecil mirip jerawat, iritasi mata, dan penebalan kulit.

Saat kondisi ini kambuh, di sinilah manfaat es batu untuk wajah bisa berperan. Mengompres wajah dengan kompres es batu akan membantu meredakan gejala penyakit ini.

5. Kurangi minyak di wajah

Mengoleskan es batu ke wajah juga dipercaya bisa bantu kurangi minyak di wajah. Namun, metode ini belum pernah dibuktikan manfaatnya secara ilmiah.

6. Redakan sunburn

Es batu yang dioleskan ke wajah tidak harus selalu terbuat dari air. Selain dengan teh hijau, Anda juga bisa membuat es batu dari lidah buaya. Es batu lidah buaya ini dipercaya bisa meredakan kulit yang perih dan panas akibat terbakar sinar matahari.

Es batu di wajah bisa membuat kulit glowing
Manfaat es batu untuk wajah salah satunya membuat kulit glowing

7. Membuat kulit glowing

Satu lagi manfaat es batu untuk wajah yang banyak beredar dan dipercaya masyarakat adalah bisa membuat kulit terlihat lebih glowing atau bercahaya. Hanya saja, belum pernah ada penelitian yang memastikan manfaat yang satu ini secara ilmiah.

8. Redakan wajah bengkak

Wajah bisa terlihat bengkak karena benturan, efek samping operasi, maupun terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam dan alkohol saat malam hari.

Mengaplikasikan es batu saat wajah mengalami bengkak karena kondisi-kondisi di atas bisa jadi salah satu cara paling sederhana untuk mengembalikan wajah ke bentuk semula.

Tergantung penyebabnya, Anda bisa mengompres wajah satu kali atau beberapa kali sehari selama beberapa waktu hingga pembengkakan mereda.

Pembengkakan di wajah juga bisa disebabkan oleh alergi. Namun, saat kondisi ini terjadi, sebaiknya Anda langsung menghubungi dokter, terutama jika pembengkakan disertai dengan gejala lain seperti sesak napas.

9. Samarkan memar di wajah

Cedera di wajah akibat benturan maupun hal lain juga bisa menimbulkan memar. Selain memang bisa menimbulkan rasa nyeri, perubahan warna di area wajah ini tentu dapat terlihat dengan sangat jelas dan akan mengganggu penampilan.

Anda bisa mengurangi kemungkinan terjadinya memar sesaat setelah benturan atau cedera terjadi dengan mengompres area wajah yang sakit dengan es batu.

Letakkan kompres es di wajah selama minimal 10 menit dan maksimal 30 menit. Lalu, lepas kompres dan biarkan wajah istirahat selama 15 menit. Setelah itu, ulangi lagi tahapan ini dari awal, selama tiga jam.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini secara rutin selama 36 jam atau 3 hari setelah benturan terjadi.

10. Meredakan bibir pecah-pecah

Manfaat es batu untuk wajah yang terakhir adalah untuk meredakan bibir pecah-pecah, terutama yang sampai terluka. Kompres es batu bisa bantu redakan rasa nyeri yang timbul pada kondisi ini, sekaligus membantu meredakan bengkak di bibir.

Catatan dari SehatQ

Manfaat es batu untuk wajah sangatlah beragam. Namun, belum semuanya terbukti secara ilmiah sehingga Anda tetap perlu berhati-hati saat mempraktikkannya.

Jangan langsung tempelkan es batu ke wajah begitu dikeluarkan dari kulkas. Anda disarankan untuk merendamnya terlebih dahulu untuk menghilangkan efek sengatan dingin yang berlebihan. Selain itu, jika ingin menggunakannya sebagai kompres, balutlah es batu dengan kain atau handuk berbahan lembut yang steril.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327180
Diakses pada 20 Juli 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/bruised-face
Diakses pada 20 Juli 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-reduce-swelling-in-face
Diakses pada 20 Juli 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/ice-for-face
Diakses pada 20 Juli 2020

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/rosacea-pictures/rosacea-skin-care-tips.aspx
Diakses pada 20 Juli 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/ice-on-pimple
Diakses pada 20 Juli 2020

Artikel Terkait