HIIT, Olahraga Berintensitas Tinggi yang Manfaatnya Berlimpah

(0)
22 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
HIIT adalah jenis olahraga yang efektif turunkan berat badan.Dikenal ampuh turunkan berat badan, HIIT adalah jenis olahraga yang berintensitas tinggi.
HIIT (high intensity interval training) adalah olahraga berintensitas tinggi dengan jangka waktu yang relatif pendek. Biasanya, olahraga HIIT berdurasi sekitar 10-30 menit.Meskipun durasinya sangat singkat, HIIT adalah olahraga yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, khasiatnya dipercaya dua kali lipat lebih besar dibandingkan olahraga berintensitas sedang.

HIIT adalah olahraga berintensitas tinggi, apa saja manfaatnya?

Ada banyak jenis olahraga HIIT yang bisa dilakukan, seperti berlari cepat, bersepeda, lompat tali, hingga angkat beban.Umumnya, HIIT terbagi dalam beberapa sesi atau ronde yang dilakukan dengan gerakan yang sama, tapi dengan intensitas berbeda. Di sela-sela ronde HIIT ada sesi istirahat supaya tubuh bisa rehat sejenak.Berikut adalah manfaat HIIT yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan:

1. Membakar lemak lebih cepat

HIIT adalah olahraga yang mampu menurunkan berat badan
HIIT adalah jenis olahraga yang efektif turunkan berat badan
Menurut sebuah studi, HIIT terbukti sebagai jenis olahraga yang mampu membakar lemak lebih cepat dibandingkan olahraga lain, misalnya joging.Dalam studi yang diikuti oleh 46 pria dengan berat badan berlebih, partisipan diminta untuk rutin melakukan sesi HIIT selama 20 menit, sebanyak 3 kali dalam seminggu.Setelah 12 minggu, para penderita obesitas mampu membakar lebih banyak lemak perut yang signifikan dibandingkan partisipan lain yang berada di grup kontrol.

2. Menjaga kesehatan jantung

Inti dari olahraga HIIT ialah memacu jantung dengan beraktivitas fisik. Jadi tidak heran kalau HIIT dianggap sebagai olahraga yang mampu menjaga kesehatan jantung.Dalam sebuah penelitian, partisipan diminta untuk mengikuti sesi HIIT selama 10 minggu. Hasilnya, HIIT mampu meningkatkan kesehatan jantung dan metabolisme tubuh, dibandingkan mereka yang hanya melakukan olahraga berintensitas sedang.

3. Mendukung kesehatan mental

Siapa bilang manfaat HIIT hanya berdampak pada kesehatan fisik saja? Ternyata, kesehatan mental juga diuntungkan dari berolahraga HIIT.Dalam sebuah laporan, para ahli menemukan bahwa HIIT adalah olahraga yang bisa menurunkan gejala depresi pada penderitanya.Ditambah lagi, mereka yang memiliki masalah mental cenderung lebih malas untuk berolahraga. HIIT dianggap sebagia solusi paling tepat untuk mereka. Sebab, sesi olahraga HIIT tidak berlangsung lama, tapi dampaknya sangat besar bagi kesehatan.

4. Membakar kalori dalam waktu yang singkat

HIIT adalah olahraga yang mampu membakar lemak dengan cepat
HIIT adalah olahraga yang ampuh bakar lemak dengan cepat
Dalam sebuah riset, para peneliti menemukan bahwa HIIT dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan jenis olahraga lainnya.Satu buah studi membandingkan olahraga HIIT dengan angkat beban, lari, dan bersepeda selama 30 menit. Hasilnya, HIIT berhasil membakar 25-30 persen lebih banyak kalori.Kesimpulannya, HIIT memang berdurasi singkat, tetapi kemampuannya dalam membakar kalori boleh diadu dengan jenis olahraga lain.

5. Membentuk massa otot

Tidak hanya angkat beban yang dapat membantu Anda membentuk massa otot. Olahraga HIIT juga bisa membantu Anda membentuk otot-otot di bagian tubuh.Namun, manfaat HIIT yang satu ini dianggap lebih efektif jika dilakukan oleh mereka yang memang tidak aktif secara fisik.Meski HIIT mampu membantu Anda membentuk otot, harus tetap diakui bahwa angkat beban adalah jenis olahraga yang paling efektif dalam membentuk otot.

6. Membantu otot menyerap oksigen dengan lebih baik

Biasanya, latihan ketahanan adalah jenis olahraga yang dipilih untuk meningkatkan penggunaan oksigen pada otot. Namun jangan salah, HIIT pun dapat membantu otot menyerap oksigen lebih baik juga.Sebuah studi membuktikan, melakukan HIIT selama 4 hari (20 menit per sesi) dalam seminggu, mampu meningkatkan konsumsi oksigen pada otot sebanyak 9 persen.

7. Menurunkan tekanan darah

Para peneliti membuktikan bahwa olahraga HIIT dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah pada pasien obesitas yang memang cenderung mengidap tekanan darah tinggi.Namun perlu diingat, manfaat HIIT yang satu ini dianggap tak bisa dirasakan oleh mereka yang sudah punya berat badan ideal dan tekanan darah yang normal.

Cara melakukan olahraga HIIT

Untuk meraih berbagai manfaat HIIT di atas, tentu Anda harus melakukannya dengan benar. Pertama-tama, Anda harus memilih jenis olahraga HIIT apa yang akan dilakukan, baik itu bersepeda, berlari, atau lompat tali. Setelah itu, Anda bisa bereksperimen dengan durasi latihan dan istirahat yang berbeda-beda.Berikut adalah beberapa contoh olahraga HIIT yang bisa dilakukan:
  • Setelah joging untuk pemanasan, cobalah berlari cepat selama 15 detik. Setelah itu, kurangi kecepatannya dan berjalan kaki santai selama 2 menit. Anda bisa melakukannya berulang-ulang selama 10-20 menit
  • Lakukan squat jumps secepat yang Anda bisa selama 30-90 detik, kemudian berhenti dan jalan kaki selama 30-90 detik juga. Ulangi gerakan ini selama 10-20 menit
  • Dengan menggunakan sepeda statis, kayuhlah dengan cepat selama 30 detik. Setelah itu, kurangi kecepatan kayuhan Anda selama 2-4 menit. Anda bisa mengulangi gerakan ini selama 15-30 menit.
Ingat, jangan memaksakan diri dan melampaui batas maksimal tubuh Anda. Jika memang tubuh sudah merasa lemah, berhentilah. Hal ini dilakukan guna mencegah cedera atau hal-hal yang tak diinginkan lainnya.

Catatan dari SehatQ:

HIIT adalah olahraga berintensitas tinggi dengan durasi yang singkat. Namun tenang saja, terdapat sesi istirahat di sela-sela aktivitas berintensitas tinggi itu.Ingat, jangan pernah memaksakan diri untuk melakukan olahraga HIIT kalau memang Anda belum terbiasa melakukannya. Mulailah dari intensitas yang sedang dulu, jika sudah terbiasa, Anda boleh melakukannya dengan intensitas yang lebih tinggi lagi.Untuk berkonsultasi mengenai berbagai jenis olahraga HIIT dan manfaatnya, Anda bisa langsung bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
olahragatips olahragahidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-hiit#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 8 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327474#benefits
Diakses pada 8 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait