Hidup Sehat dengan 17 Buah yang Mengandung Vitamin C Ini

14 Agt 2019 | Oleh Nina Hertiwi Putri
Ditinjau oleh dr. Reni Utari
Buah yang mengandung vitamin C salah satunya adalah melon jingga
Melon jingga adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C

Meski saat ini telah banyak suplemen vitamin C yang beredar, tentu mendapatkannya secara alami menjadi pilihan terbaik. Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C adalah salah satunya.

Selama ini, jeruk menjadi buah yang identik dengan vitamin C. Namun, ragam buah lain pun ternyata tidak kalah baiknya untuk membantu memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda. Agar tidak bosan, Anda bisa coba masukkan buah-buah di bawah ini ke dalam menu harian Anda.

Ragam buah yang mengandung vitamin C

Kekurangan vitamin C bisa menimbulkan kondisi yang di sebut scurvy atau skorbut. Kondisi ini membuat penderitanya menjadi lebih mudah memar, rentan mengalami perdarahan, dan akan merasakan nyeri sendi dan otot.
Karena itu, konsumsilah buah yang mengandung vitamin C di bawah ini agar kondisi tubuh tetap terjaga dan sehat.

Jambu biji mengandung vitamin C yang cukup tinggi

1. Jambu biji

Mengonsumsi satu buah jambu biji, sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda. Buah ini mengandung sekitar 125 mg vitamin C, atau sekitar 140% kebutuhan vitamin C harian.

2. Melon jingga

Melon jingga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Dalam 150 mg (sekitar 10 sendok makan) melon jingga, terkandung vitamin C sebanyak kurang lebih 60 mg. Buah ini juga mengandung mineral lain yang baik untuk tubuh, seperti natrium dan vitamin A.

3. Melon hijau

Meski tidak sebanyak melon jingga, kandungan vitamin C dalam melon hijau ternyata juga cukup tinggi. Dalam 150 mg melon hijau, terkandung 30 mg vitamin C yang bisa Anda nikmati.

4. Kiwi

Satu buah kiwi berukuran sedang, mengandung sekitar 70 mg vitamin C. Hal tersebut membuat buah khas dari negara Selandia Baru ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengonsumsi stroberi bisa memberikan Anda asupan vitamin C, serat, dan folat

5. Stroberi

Sekitar 150 mg stroberi mengandung hampir 100 mg vitamin C. Tidak hanya itu, stroberi juga merupakan sumber folat, serat serta mineral, seperti kalium dan magnesium.

6. Lemon

Buah dengan rasa asam, memang merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Salah satunya lemon. Buah ini juga merupakan sumber mineral yang bisa membuat tubuh Anda semakin sehat.

7. Pepaya

Manfaat pepaya, seringkali dikaitkan dengan kesehatan saluran pencernaan. Namun, buah ini ternyata juga berpotensi untuk membantu melegakan rongga sinus, mencerahkan kulit, dan menguatkan tulang.

Semua manfaat tersebut didapatkan dari kandungan vitamin C di dalamnya. Dalam 150 mg pepaya, terkandung sekitar 90 mg vitamin C.

8. Nanas

Selain kaya akan vitamin C, nanas juga mengandung bromelain. Karena itu, buah ini dipercaya dapat membantu meredakan perut kembung, serta mengembalikan energi setelah melakukan aktivitas fisik.

Tidak hanya vitamin C, mangga juga mengandung vitamin A dan vitamin B6

9. Mangga

Mengonsumsi setengah buah mangga berukuran sedang, sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda sekitar 70%. Buah ini juga mengandung vitamin lain seperti vitamin A dan vitamin B6, yang baik untuk tubuh.

10. Blackberry

Selain vitamin C, ada kandungan vitamin K, serat, dan tembaga dalam buah blackberry. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai menambahkan buah ini dalam daftar kudapan sehari-hari.

11. Raspberry

Buah berwarna merah ini ternyata juga kaya akan kandungan vitamin C. Anda bisa memenuhi separuh kebutuhan vitamin C harian, dengan mengonsumsi 150 mg raspberry.

12. Leci

Satu buah leci mengandung sekitar 7mg vitamin C. Leci juga kaya akan omega-3 dan asam lemak omega-6 yang baik untuk otak, jantung, serta pembuluh darah.

13. Blackcurrant

Buah lainnya dengan kandungan vitamin C yang bisa Anda konsumsi adalah blackcurrant. Kandungan vitamin C dalam buah ini cukup tinggi. Mengonsumsi sekitar 50 gram (sekitar 4 sendok makan) blackcurrant sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda hingga 112%.

Markisa dalam bentuk jus mengandung lebih banyak vitamin C

14. Markisa

Jika dikonsumsi dalam bentuk jus, kandungan vitamin C dalam 150 ml sari markisa sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda. Namun, ingatlah bahwa sari buah berbeda dari sirup. Sirup mengandung banyak gula yang justru akan menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan Anda.

15. Tomat

Satu buah tomat, dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda sekitar 28%. Lalu, jika dikonsumsi dalam bentuk jus, maka vitamin C dalam tomat akan semakin terkonsentrasi, dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian hingga sekitar 70%.

16. Ceri

Buah lain yang mengandung vitamin C dan sayang jika dilewatkan adalah ceri. Lebih tepatnya, ceri berjenis acerola. Begitu kayanya kandungan vitamin C di dalamnya, hingga 40 gram (sekitar 3 sendok makan) buah ini dapat memenuhi 913% kebutuhan harian vitamin C.

17. Grapefruit

Anda mungkin lebih mengenal buah ini dengan sebutan jeruk Bali. Mengonsumsi buah ini, tidak hanya akan memberikan pasokan vitamin C untuk tubuh Anda, tapi juga serat, natrium, dan vitamin A.

Mengapa vitamin C penting untuk tubuh?

Kebutuhan vitamin C penting untuk dipenuhi, karena komponen ini berperan dalam begitu banyak fungsi di tubuh, seperti:

  • Melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab kanker.
  • Berperan dalam pembuatan kolagen yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan kulit
  • Menjaga daya tahan tubuh

Jika Anda kurang mengonsumsi vitamin C, maka tubuh dapat lebih mudah terserang penyakit akibat infeksi virus, bakteri, maupun patogen lainnya.

Kebutuhan harian vitamin C setiap orang berbeda-beda tergantung dari usia dan jenis kelamin, seperti berikut:

  • Bayi usia 0-6 bulan: 40mg
  • Anak usia 4-8 tahun: 25 mg
  • Remaja usia 14-18 tahun: 75 mg untuk laki-laki dan 65 mg untuk perempuan
  • Dewasa usia 19 tahun ke atas: 90 mg untuk pria dan 75 mg untuk wanita

Beberapa orang juga membutuhkan vitamin C lebih banyak, seperti ibu hamil yang membutuhkan 85 mg vitamin C per hari, dan ibu menyusui yang membutuhkan 120 mg vitamin C per harinya. Perokok juga perlu mendapatkan tambahan vitamin C sebanyak 35 mg, dari rekomendasi konsumsi harian.

Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C merupakan cara yang menyenangkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin Anda. Agar tidak bosan, cobalah beragam olahan buah mulai seperti salad, puding, atau mencampurnya dengan oatmeal dan sereal.

Referensi

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/foods-high-in-vitamin-c-2507745
Diakses pada 14 Agustus 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-foods
Diakses pada 14 Agustus 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325067.php
Diakses pada 14 Agustus 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/top-foods-high-in-vitamin-c.aspx
Diakses pada 14 Agustus 2019

Health. https://www.health.com/health/gallery/0,,20745689,00.html?slide=122721#122721
Diakses pada 14 Agustus 2019

Patient. https://patient.info/healthy-living/vitamin-c-deficiency-leaflet
Diakses pada 14 Agustus 2019

Med Alert Help. https://medalerthelp.org/vitamin-c-foods/
Diakses pada 14 Agustus 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top