Hidung Tiba-tiba Mimisan? Ini Penyebab yang Perlu Anda Waspadai

TIba-tiba mimisan dapat disebabkan oleh berbagai hal
Seorang wanita sedang mengalami mimisan

Jika Anda tiba-tiba mimisan, kondisi ini mungkin akan membuat Anda terkejut dan bingung. Supaya bisa mengatasinya dengan tepat, Anda perlu tahu apa saja penyebab di balik mimisan tersebut.

Mimisan terjadi ketika sel pembuluh darah di dalam hidung Anda mengalami perdarahan. Mimisan, yang dalam istilah medis dikenal dengan epistaksis, umumnya terjadi karena udara yang terlalu dingin atau kering dan kebiasaan mengorek hidung.

Selain penyebab umum di atas, ada beberapa kondisi lainnya yang juga bisa menyebabkan Anda tiba-tiba mimisan. Apa saja kondisi tersebut?

Penyebab tiba-tiba mimisan

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan Anda mengalami mimisan secara tiba-tiba.

1. Rhinitis alergi

Rhinitis alergi atau hay fever adalah respons alergi terhadap pemicu dari dalam atau luar ruangan, seperti debu, serbuk sari, atau bulu hewan. Rhinitis alergi dapat menyebabkan tiba-tiba mimisan, meskipun ini bukanlah gejala umum.

Gejala lain yang umumnya disebabkan oleh kondisi ini, di antaranya pilek, hidung mampet, mata gatal, tekanan sinus, atau bersin.

Anda akan lebih berisiko mengalami rhinitis alergi apabila menderita asma, eksim, tinggal atau kerja di wilayah yang rawan penyebab alergi, memiliki ibu yang perokok, dan memiliki anggota keluarga yang mengidap asma atau alergi.

2. Infeksi saluran pernapasan

Mimisan bisa terjadi ketika Anda mencoba membuang ingus dari hidung karena tersumbat atau infeksi saluran pernapasan. Pendarahan mungkin terjadi saat Anda meniup udara dari hidung dengan terlalu keras.

Hembusan dari hidung yang cukup kencang dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. Beberapa jenis infeksi saluran pernapasan yang bisa membuat Anda mengalami mimisan, yakni pilek atau sinusitis.

3. Tumor hidung

Meski kondisi ini jarang terjadi, kondisi tiba-tiba mimisan bisa disebabkan oleh adanya tumor hidung. Selain mimisa, gejala tumor ini juga bisa ditandai dengan berkurangnya kemampuan untuk mencium bau, nyeri di sekitar mata, dan hidung tersumbat yang semakin memburuk.

4. Pengobatan tertentu

Selain tumor hidung dan infeksi saluran pernapasan, Anda juga bisa tiba-tiba mimisan karena mengonsumsi obat tertentu. Beberapa obat pengencer darah, seperti warfarin, aspirin, dan obat lainnya, berpotensi memengaruhi kemampuan darah untuk menggumpal dan bisa menyebabkan mimisan ketika Anda meniup udara dari hidung.

Selain sejumlah hal di atas, mimisan juga bisa disebabkan karena terbentur, membersihkan hidung dengan tidak hati-hati, cuaca panas dengan kelembapan yang rendah, ketinggian tempat, penyakit hati yang memengaruhi penggumpalan darah, dan penggunaan obat terlarang.

Tips mengatasi mimisan

Jangan panik jika Anda tiba-tiba mimisan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk pertolongan pertama. Pertama, duduk dan jepit bagian lembut dari hidung, lalu bernapaslah melalui mulut.

Setelah itu, condongkan tubuh ke depan untuk mencegah darah mengalir ke area sinus dan tenggorokan. Hati-hati dalam melakukan hal ini karena posisi yang salah bisa menyebabkan tersedak atau darah terhirup.

Duduk tegak, kepala sedikit menunduk Lalu, kompres hidung dan pipi dengan menggunakan kompres es. Tetap pada posisi yang disebutkan sebelumnya setidaknya selama sekitar 20 menit. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar darah membeku.

Jika pendarahan berlangsung lebih dari 20 menit, segera periksakan diri Anda ke dokter demi mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk mencegah mimisan datang kembali, hindari melakukan aktivitas berat selama beberapa hari ke depan. Jika kondisi ini terus terjadi dan cukup mengganggu aktivitas harian Anda, segeralah konsultasikan ke dokter.

Apabila dokter merasa kondisi yang Anda alami disebabkan oleh suatu penyakit, dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan lanjut. Pemeriksaan tersebut meliputi denyut nadi, tekanan darah, atau bahkan x-ray sebelum merekomendasikan opsi perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Itulah beberapa penyebab tiba-tiba mimisan yang perlu Anda ketahui. Jika hal ini terjadi, berusahalah untuk tidak panik dan melakukan beberapa tips di atas. Selain itu, segera hubungi dokter jika Anda merasakan gejala lainnya.

Medicinet
https://www.medicinenet.com/nosebleed/article.htm
https://www.medicinenet.com/high_blood_pressure_hypertension/article.htm#how_is_blood_pressure_measured
Diakses pada 20 April

Mayoclinic
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hay-fever/symptoms-causes/syc-20373039
Diakses pada 20 April

Healthline
https://www.healthline.com/health/blood-when-blowing-nose#treatment
Diakses pada 20 April

Medical news today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/164823#causes
https://www.medicalnewstoday.com/articles/164823#treatment
Diakses pada 20 April

Artikel Terkait