Hidung Terasa Sakit dan Perih? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


Hidung terasa sakit dan perih bisa terjadi akibat iritasi pada saluran hidung atau kondisi medis tertentu. Cara mengatasi kondisi ini juga tergantung pada penyebabnya yang harus Anda kenali.

(0)
10 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Hidung terasa sakit dan perih bisa terjadi akibat benturan atau gesekanHidung terasa sakit dan perih bisa berlangsung singkat atau dalam waktu yang lama
Pernahkah Anda mengalami hidung terasa sakit dan perih? Kondisi ini umumnya dipicu oleh iritasi di saluran hidung atau disebabkan kondisi medis tertentu. Sensasi sakit dan perih ini bisa berlangsung singkat atau dalam waktu yang lama sehingga membuat Anda tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengetahui penyebab hidung terasa sakit dan perih terlebih dahulu. Anda juga tidak perlu khawatir secara berlebihan karena kondisi ini umumnya bisa diatasi.

Penyebab hidung terasa sakit dan perih

Beberapa penyebab hidung terasa sakit dan perih yang harus Anda waspadai, yaitu:

1. Udara dingin

Terpapar udara dingin atau berada di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama dapat menghilangkan kelembapan selaput lendir di dalam hidung. Akibatnya, hidung menjadi kering dan iritasi sehingga menimbulkan rasa sakit dan perih. Bahkan, Anda juga bisa menemukan darah dalam kotoran hidung.

2. Iritasi akibat menghirup zat atau bahan kimia

hidung terasa sakit
Menghirup zat atau bahan kimia sebabkan hidung sakit dan perih
Menghirup zat atau bahan kimia tertentu bisa membuat saluran hidung menjadi kering dan iritasi. Anda juga akan merasakan perih di hidung yang sensasinya seperti tersengat. Kondisi ini dapat dipicu oleh paparan asap rokok, bahan kimia industri, bahan kimia dalam produk pembersih, hingga gas seperti klorin atau amonia.

3. Benturan atau gesekan

Mengupil terlalu keras atau benturan di hidung dapat menyebabkan hidung terasa sakit dan perih. Anda juga mungkin mengalami mimisan karena pembuluh darah dalam hidung bisa rusak akibat gesekan atau benturan.

4. Rhinitis alergi

Rhinitis alergi adalah peradangan pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Kondisi ini terjadi setelah Anda terpapar pemicu alergi, seperti debu, bulu hewan peliharaan, serbuk sari, atau jamur.Anda juga bisa mengalami hidung terasa sakit dan perih akibat iritasi yang terjadi dalam hidung. Selain itu, ada pula gejala-gejala lain yang bisa muncul, seperti batuk-batuk, kelopak mata bengkak, dan gatal pada kulit.

5. Sinusitis

sinusitis menyebabkan pilek
Sinusitis terjadi akibat infeksi virus atau bakteri
Sinusitis adalah peradangan pada sinus (rongga kecil di hidung yang menghasilkan lendir) akibat infeksi virus atau bakteri. Selain menyebabkan pilek atau hidung tersumbat, kondisi ini juga bisa membuat hidung terasa sakit dan perih.Kemungkinan gejala sinusitis lainnya yang dapat Anda alami, yaitu nyeri di pipi dan dahi, sakit kepala, hidung mengeluarkan lendir hijau, sakit tenggorokan, menetesnya lendir ke tenggorokan, batuk, hingga demam yang mengganggu.

6. Flu

Flu kadang juga bisa menyebabkan hidung terasa sakit dan perih. Kondisi ini terjadi akibat infeksi virus influenza pada saluran pernapasan. Gejala flu dapat berkisar dari ringan hingga berat. Selain itu, Anda juga bisa merasakan nyeri di sekujur tubuh, kelelahan, batuk, sakit tenggorokan, dan demam.Pada sebagian kasus, pasien Covid-19 yang mengalami hidung tersumbat dan pilek juga bisa merasakan sakit dan perih di hidungnya. 

Cara mengatasi hidung terasa sakit dan perih

Cara mengatasi hidung terasa sakit dan perih bergantung pada penyebabnya. Jadi, diperlukan pemeriksaan ke dokter THT untuk menemukan penyebab dan menentukan penanganan yang tepat.Dokter kemungkinan akan meresepkan obat-obatan untuk keluhan Anda. Di samping itu, terdapat perawatan di rumah yang bisa Anda coba lakukan untuk meredakan gejala, di antaranya:

1. Menghirup uap atau mandi air hangat

Jika Anda mengalami hidung tersumbuat yang disertai rasa nyeri dan perih, cobalah menghirup uap atau mandi air hangat. Hal ini dapat merangsang lendir untuk keluar sehingga hidung Anda menjadi lebih plong.

2. Hindari membersihkan atau mengeluarkan ingus dari hidung terlalu keras

mengeluarkan ingus
Jangan mengeluarkan ingus terlalu keras
Membersihkan atau mengeluarkan ingus terlalu keras bisa memperparah kondisi hidung terasa sakit dan perih. Jadi, sebaiknya hindari melakukan hal tersebut hingga kondisi Anda membaik.

3. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, misalnya sayuran, buah-buahan, daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Konsumsi berbagai makanan ini dapat membantu mempercepat pemulihan tubuh Anda.

4. Hindari mengonsumsi makanan yang memberi rangsangan berlebih pada hidung

Makanan pedas, berminyak, dan digoreng bisa memberi rangsangan berlebih pada hidung sehingga membuatnya semakin perih. Oleh sebab itu, hindari mengonsumsi berbagai jenis makanan ini terlebih dahulu.

5. Istirahat dengan cukup

Pastikan Anda beristirahat dengan cukup supaya energi tubuh bisa terisi kembali. Kebiasaan ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh Anda.Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar hidung terasa sakit dan perih, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
sinusitisfluhidung tersumbatrhinitis alergi
WHO. https://www.who.int/indonesia/news/detail/08-03-2020-knowing-the-risk-for-covid-19
Diakses pada 24 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/nose-burning#home-remedies
Diakses pada 24 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/painful-sores-in-nose#treatment
Diakses pada 24 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/burning-nose#weather-changes
Diakses pada 24 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait