Hibernasi Adalah Cara Hewan Bertahan Hidup, Bisakah Manusia Melakukannya?

(0)
01 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Hibernasi adalah usaha sebagian hewan untuk bertahan hidup di musim dinginBeruang hitam Amerika melakukan hibernasi di musim dingin
Hibernasi adalah cara sekelompok hewan untuk menghemat energi agar bisa bertahan hidup dalam musim dingin. Di musim ini, sejumlah hewan tidak lagi mendapatkan cukup makanan untuk mempertahankan suhu tubuh sehingga mereka akan berhibernasi.

Apa yang terjadi saat hibernasi?

Hibernasi kerap dikaitkan dengan tidur panjang selama musim dingin. Anggapan ini tidak sepenuhnya tepat karena kadang hewan-hewan yang melakukan hibernasi terbangun secara berkala untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.Saat hewan melakukan hibernasi, ada perubahan kondisi fisiologis pada tubuh mereka, seperti terjadinya penurunan suhu tubuh, detak jatung dan pernapasan yang melambat, serta proses metabolisme yang semakin pelan.Beruang hitam Amerika merupakan salah satu hewan yang melakukan hibernasi. Ketika sedang berhibernasi, suhu tubuh mereka turun sekitar 5 derajat Celcius dan saturasi oksigennya menurun hingga 75 persen. Dalam satu menit, beruang ini hanya bernapas satu atau dua kali. Beberapa hewan bahkan mampu tidak bernapas lebih dari satu jam saat hibernasi.Detak jantung juga jauh melambat, tidak jarang beruang seakan tidak bernyawa. Detak jantung beruang saat hibernasi hanya sekitar 4 detak per menit. Sesekali suara dengkuran akan terdengar. Namun, mendengkur bukan berarti sepenuhnya tertidur, mereka juga bisa bergerak dan menyusui anaknya.Hewan-hewan yang melakukan hibernasi biasanya akan melakukan sejumlah persiapan sebelumnya. Persiapan sebelum hibernasi yang dilakukan, yaitu:
  • Banyak makan supaya timbunan lemak yang tersimpan di dalam tubuh bertambah. Lemak inilah yang akan menjaganya tetap hangat selama masa hibernasi.
  • Mempersiapkan hibernaculum, yakni sebuah tempat khusus untuk hibernasi.
Untuk hewan-hewan yang lebih kecil, seperti ulat atau kupu-kupu, mereka akan kelihatan seperti mati membeku saat tengah berhibernasi. Namun, lain halnya dengan beruang yang terkadang masih sesekali bergerak.

Bisakah manusia melakukan hibernasi?

Lantas bagamana dengan manusia? Bisakah manusia berhibernasi? Jawabannya adalah tidak.Ada dua alasan kenapa manusia tidak bisa hibernasi. Utamanya kenapa manusia tidak hibernasi adalah berkaitan dengan asal-usul nenek moyang manusia pada jaman dahulu kala.Pertama, karena nenek moyang manusia merupakan makhluk yang berasal dari wilayah tropis. Fungsi tubuh manusia kala itu tidak mengenal hibernasi karena tidak hidup di wilayah dengan suhu dingin ekstrem. Sekitar seratus ribu tahun terakhir, barulah manusia bermigrasi ke berbagai wilayah beriklim sedang dan dingin.Tubuh manusia perlahan-lahan mengalami evolusi untuk menyesuaikan diri dengan kondisi sekitarnya. Namun, seratus ribu tahun masih belum cukup lama bagi manusia mengembangkan seluruh adaptasi metabolik yang dibutuhkan untuk hibernasi.Faktor berikutnya kenapa manusia tidak hibernasi adalah ditemukannya berbagai cara lain untuk bertahan hidup di tengah iklim dingin. Misalnya saja, penggunaan pakaian, menemukan api, membangun tempat tinggal, melakukan perburuan, dan bercocok tanam. Cara-cara tersebut berhasil membuat manusia mampu bertahan tanpa harus hibernasi.

Berapa lama hibernasi berlangsung?

Untuk beruang hitam Amerika, lamanya masa hibernasi adalah sepanjang musim dingin. Mereka bisa bertahan tanpa makan, minum, bergerak, dan buang air bahkan hingga 100 hari. Saat terbangun, hewan ini akan jauh lebih kurus dibandingkan pada awal hibernasi.Namun, setiap hewan memiliki kebiasaan hibernasi yang berbeda. Misalnya pada kelelawar, mereka bisa saja terbangun saat hari-hari pada musim dingin sedikit lebih hangat. Mereka akan mencari makan sebelum kemudian melanjutkan masa hibernasinya yang panjang.Ekidna atau landak semut di pegunungan Alpen Australia akan terbangun di tengah hibernasi mereka untuk kawin, lalu melanjutkan masa hibernasinya kembali.Sementara tupai tanah kutub yang berada di Alaska, Siberia, dan Kanada, bisa benar-benar hibernasi selama 7 bulan. Saat itu, suhu tubuh mereka mencapai minus 3 derajat Celcius. Namun, dalam kondisi demikian pun, darah mereka tidak membeku.Hibernasi tidak hanya dilakukan hewan yang menghadapi musim dingin. Salah satu hewan tropis yang hibernasi adalah lemur kecil berekor lebar (Cheirogaleus medius) dari Madagaskar. Mereka melakukan hibernasi pada saat musim kemarau panjang atau musim kering.Hibernasi adalah salah satu caranya bertahan hidup menghadapi tantangan alam. Sebab pada saat itu, persediaan makanan dan air sulit didapatkan. Proses ini tidak sepenuhnya dilakukan dengan tidur karena beberapa hewan bisa terbangun dan melakukan aktivitas, seperti makan atau kawin, sebelum kembali tidur.
hewan peliharaan
Science Australia. https://www.science.org.au/curious/hibernation
Diakses 18 September 2020
Science Focus. https://www.sciencefocus.com/the-human-body/why-dont-humans-hibernate/
Diakses 18 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait