logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Mengenal Penyebab Hemoroid (Wasir) yang Sering Terjadi

open-summary

Wasir atau hemoroid adalah kondisi pembesaran pembuluh darah pada bagian akhir usus besar dan anus. Penyebabnya bisa karena kehamilan, diare, atau usia tua.


close-summary

9 Agt 2022

| Ade Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Hemoroid adalah

Mengejan adalah salah satu penyebab wasir

Table of Content

  • Penyebab hemoroid atau penyakit wasir
  • Gejala hemoroid berdasarkan jenisnya
  • Cara mencegah wasir yang paling ampuh
  • Pengobatan yang efektif untuk atasi hemoroid

Hemoroid adalah kondisi yang biasa Anda sebut dengan wasir atau ambeien. Kondisi ini terjadi saat pembuluh darah vena yang ada di sekitar anus sehingga mengalami pembengkakan.  akan terbentuk benjolan yang terasa nyeri dan sangat mengganggu.

Advertisement

Ada dua jenis hemoroid berdasarkan lokasinya. Kondisi ini umum terjadi dan banyak metode yang bisa dilakukan untuk menyembuhkannya, mulai dari menggunakan obat hingga melalui cara alami.

Penyebab hemoroid atau penyakit wasir

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami hemoroid? Berikut sejumlah faktor yang bisa menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus:

1. Diare

Pada diare yang tidak kunjung sembuh atau diare kronis, pembuluh darah pada anus bisa mengalami gangguan sehingga menyebabkan hemoroid.

2. Kehamilan

Hemoroid sering terjadi pada ibu hamil. Ketika hamil, rahim akan membesar dan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar. Lama-kelamaan, tekanan tersebut akan membuat pembuluh darah mengalami pembengkakan.

3. Terlalu lama duduk

Saat Anda duduk terlalu lama, pembuluh darah yang ada di area anus juga akan tertekan sehingga menyebabkan pembengkakan.

4. Usia tua

Kondisi ini memang umumnya terjadi pada orang berusia 45—65 tahun. Meski begitu, orang segala usia juga bisa mengalaminya selama ada faktor risiko yang dimilikinya.

5. Konstipasi kronis

Bagi orang yang susah buang air besar atau konstipasi, hemoroid muncul akibat tekanan pada dinding anus yang berlebih. Tekanan ini kemudian juga akan dirasakan oleh pembuluh darah di dalamnya hingga lama-kelamaan akan membengkak.

6. Mengangkat barang yang terlalu berat

Terlalu sering mengangkat beban yang terlalu berat meningkatkan risiko terhadap hemoroid. Angkat beban yang berat membuat Anda tanpa sadar akan mengejan untuk menambah tenaga. Hal ini yang bisa membuat pembuluh darah membesar.

7. Seks anal

Tekanan yang diterima dinding anus saat seks anal dilakukan akan memicu timbulnya hemoroid. Bisa jadi memunculkan hemoroid baru atau memperparah kondisi yang sudah ada sebelumnya.

8. Obesitas dan genetik

Orang yang kelebihan berat badan berisiko lebih tinggi mengalami hemoroid. Apabila ada keluarga yang kerap mengalaminya, kemungkinan Anda mengalami kondisi serupa juga semakin tinggi.

9. Batuk kronik

Batuk dapat meningkatkan tekanan dalam perut, batuk kronik contohnya adalah tb paru, asma, pertusis, bronkitis

Baca juga: Ragam Obat Wasir Berdarah yang Bisa Anda Pilih

Gejala hemoroid berdasarkan jenisnya

Berdasarkan lokasi terjadinya, hemoroid bisa dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu hemoroid internal dan hemoroid eksternal. Masing-masingnya memiliki gejala yang sedikit berbeda.

1. Gejala hemoroid eksternal

Benjolan akibat hemoroid eksternal biasanya muncul di bawah kulit di sekitar lubang anus. Orang yang mengalami hemoroid eksternal biasanya akan merasakan gejala seperti:

  • Gatal dan iritasi di anus
  • Nyeri
  • Pembengkakan pada anus
  • Perdarahan

Hemoroid eksternal yang parah disebut sebagai hemoroid trombosis eksternal. Pada kondisi ini, darah yang ada pada pembuluh di sekitar anus menggumpal, menyebabkan rasa nyeri, dan pembengkakan yang parah di area anus. Kondisi ini juga dapat ditandai dengan munculnya benjolan keras di dekat anus.

2. Gejala hemoroid internal

Hemoroid internal adalah hemoroid yang muncul di dinding rektum bagian dalam dan tidak dapat disentuh oleh tangan. Pada kondisi tertentu, hemoroid ini bisa membesar hingga ke lubang anus.

Berbeda dari gejala yang muncul pada hemoroid eksternal, hemoroid internal umumnya tidak menyebabkan rasa nyeri, tapi bisa menyebabkan perdarahan saat buang air besar. Biasanya, percikan darah akan terlihat di toilet atau tisu yang Anda gunakan saat buang air.

Rasa nyeri dan iritasi baru akan muncul saat benjolan wasir tersebut membesar dan menembus hingga ke anus bagian luar.

Baca juga: Penjelasan Perbedaan Wasir dan Ambeien

Cara mencegah wasir yang paling ampuh

Wasir bisa dicegah dengan kebiasaan yang menyehatkan. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pembesaran pembuluh darah di bagian anus:

1. Mengonsumsi air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup akan membantu melancarkan buang air besar, sehingga Anda terhindar dari wasir.

2. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Mengonsumsi sayur, buah, dan makanan tinggi serat lainnya juga bisa membantu melancarkan buang air besar yang pada akhirnya akan membantu mencegah wasir.

3. Berolahraga secara teratur

Olahraga akan membantu percepatan proses metabolisme tubuh, termasuk salah satunya melancarkan pencernaan.

4. Hindari menahan keinginan buang air besar

Usus besar akan menyerap banyak cairan dari kotoran. Hal ini membuat feses menjadi lebih keras saat Anda mencoba menahan buang air besar.

5. Tidak duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di bagian anus. Hal ini meningkatkan risiko wasir.

Baca juga: Penyebab Wasir Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasi yang Tepat

Pengobatan yang efektif untuk atasi hemoroid

Ada beberapa pilihan perawatan yang efektif untuk meredakan hemoroid, mulai dari yang bisa dilakukan sendiri di rumah hingga prosedur yang hanya bisa dilakukan oleh dokter, seperti berikut ini:

1. Berendam air hangat atau olesi krim untuk meredakan nyeri

Untuk meredakan nyeri akibat hemoroid, Anda dapat berendam air hangat selama setidaknya 10 menit setiap hari. Anda juga dapat duduk di atas botol yang diisi air hangat untuk meredakan nyeri akibat hemoroid eksternal.

Jika nyeri yang muncul cukup hebat, Anda juga bisa menggunakan salep atau obat yang perlu dimasukkan langsung ke anus. Salep atau obat tersebut umumnya tersedia di apotek dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

2. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat

Salah satu cara alami untuk mengatasi hemoroid adalah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi. Konsumsilah banyak sayur, buah, dan gandum utuh untuk menghindari dan meredakan konstipasi penyebab hemoroid.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup serat dari asupan sehari-hari, dokter akan meresepkan suplemen serat untuk Anda untuk memperlancar pencernaan. Ingat, jangan konsumsi obat pencahar karena obat ini justru akan memicu diare dan semakin mengiritasi hemoroid yang ada. Anda juga disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas per hari.

3. Menggunakan suntikan khusus

Untuk mengatasi hemoroid internal, dokter dapat menyuntikkan cairan khusus yang akan membuat hemoroid hilang dan menggantinya dengan jaringan parut. Beberapa penelitian menyebutkan yang disuntikan adalah aluminum potassium sulfate and tannic acid (ALTA)

4. Diikat menggunakan bahan khusus

Metode ini merupakan salah satu cara mengatasi hemoroid yang paling umum dilakukan oleh dokter. Prosedur ini biasanya digunakan untuk mengatasi hemoroid internal.

Untuk melakukannya, dokter akan mengikatkan semacam tali elastis di dasar benjolan hemoroid atau ligasi untuk menghentikan aliran darah ke benjolan tersebut. Saat tidak ada lagi darah yang mengalir ke benjolan wasir, lama-kelamaan benjolan akan mengecil atau bahkan copot dengan sendirinya.

5. Dengan metode kauterisasi

Pada kauterisasi ini, dokter akan menggunakan laser, tenaga listrik, atau inframerah untuk menghilangkan hemoroid. Ketiga alat tersebut akan memancarkan panas yang akan menghentikan aliran darah ke benjolan wasir sehingga benjolan tersebut akan kempis dan copot dengan sendirinya.

Umumnya, perawatan ini digunakan untuk mengatasi hemoroid internal yang sudah membesar dan menonjol mendekati lubang anus.

6. Operasi

Apabila hemoroid berukuran besar dan menimbulkan rasa tidak nyaman yang teramat sangat, dokter dapat melakukan operasi untuk mengangkat jaringan tersebut.

Apabila hemoroid tidak juga reda setelah satu atau dua minggu diobati sendiri di rumah, segera hubungi dokter, sebelum kondisi bertambah parah.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

nyeri anuswasir

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved