Headset vs Headphone vs Earphone, Mana yang Lebih Baik?


Perbedaan headset vs headphone vs earphone dapat dilihat dari fitur dan kegunaannya. Meski demikian, masing-masing perangkat audio ini memliki potensi bahaya bagi kesehatan pendengaran penggunanya.

0,0
26 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Perbedaan headset vs headphone vs earphone dapat dilihat dari fitur dan kegunaannyaBaik headset, headphone, atau earphone memiliki kelebihan, kekurangan, dan bahaya bagi pendengaran
Memilih antara headset, headphone, atau earphone mungkin bisa menjadi dilema bagi Anda yang menginginkan perangkat audio terbaik. Di balik istilahnya yang sering kali dipertukarkan, ada perbedaan yang cukup signifikan antara ketiga perangkat ini. Mari kenali lebih jauh seputar perbedaan headset vs headphone vs earphone.

Headset vs headphone vs earphone

Untuk dapat memilih di antara ketiga perangkat audio ini, Anda harus mengetahui masing-masing alatnya terlebih dahulu.

1. Headphone

Headphone adalah dua speaker sederhana yang terpasang pada benda mirip bando di kepala. Saat dipakai, kedua speaker pada headphone biasanya dapat menutupi seluruh telinga Anda.Sebagian besar headphone menawarkan kinerja audio yang luar biasa. Anda akan dapat mendengar rentang frekuensi terbaik dengan menggunakan perangkat audio ini.

2. Headset

Dari segi tampilannya, headset tidak terlihat jauh berbeda. Hanya saja, perangkat ini memiliki mikrofon atau mic yang digunakan untuk menyalurkan suara, seperti untuk menelfon atau merekam suara.Maka dari itu, headset adalah speaker yang dikenakan di telinga dan dilengkapi dengan mikrofon untuk memberikan pengalaman suara interaktif.

3. Earphone

Earphone adalah perangkat audio kecil yang penggunaannya dimasukkan ke dalam lubang telinga. Perangkat audio ini umumnya terbuat dari karet, silikon, atau plastik. Tidak seperti headphone, penggunaan earphone tidak menutupi seluruh bagian telinga dan tidak memiliki bando.Dibandingkan dengan headset atau headphone, earphone adalah perangkat audio paling ringkas karena ukurannya yang lebih kecil dan praktis sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Pertimbangan kesehatan dan fitur

Pilihan headset, headphone, atau earphone, seluruhnya kembali pada kebutuhan Anda. Saat ini, lebih banyak orang memilih earphone karena alasan praktis. Meskipun demikian, jika dilihat dari dampaknya bagi kesehatan, penggunaan headphone mungkin lebih direkomendasikan.Beberapa kekurangan dari earphone yang perlu Anda ketahui, di antaranya:
  • Earphone mengirimkan suara langsung ke saluran telinga sehingga risikonya untuk merusak telinga jauh lebih besar jika volume suara terlalu keras.
  • Earphone dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam sehingga berpotensi menyebabkan penyumbatan telinga.
  • Telinga yang tersimbat dapat mendorong Anda untuk mengeraskan volume, yang berarti risiko kerusakan pendengaran menjadi semakin tinggi.
  • Earphone kurang nyaman dipakai jika dibandingkan dengan headphone.
Di samping itu, banyak orang yang mendebatkan antara headset vs headphone. Headset dilengkapi dengan mikrofon dan umumnya digunakan untuk berkomunikasi saat bekerja, bermain game online, atau melakukan panggilan telepon. Sebagian produk headset memiliki mikrofon yang dapat disesuaikan atau dilepas.Sementara itu, headphone ukurannya lebih besar dari headset, tetapi fitur audionya yang lebih mumpuni. Perangkat audio ini juga lebih nyaman di telinga sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama tanpa membuat telinga sakit.Maka dari itu, sebaiknya pertimbangkan kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum membeli headset, headphone, atau earphone. Misalnya, jika Anda menginginkan perangkat audio yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan, Anda bisa memilih headset.

Tips menggunakan perangkat audio di telinga dengan aman

Terlepas dari apa pun pilihan Anda, ada sejumlah bahaya headset, headphone, atau earphone bagi pendengaran. Berikut adalah tips menggunakan berbagai perangkat audio di telinga ini dengan aman.
  • Atur volume headset, idealnya tidak lebih dari 60 persen volume maksimal.
  • Volume suara jangan lebih dari 70 desibel (dB).
  • Pilihlah perangkat audio yang memiliki fitur peredam bising (noise-cancelling), banyak headphone memiliki fitur ini.
  • Cobalah beristirahat selama 5 menit setiap 30 menit atau 10 menit setiap 60 menit penggunaan berbagai perangkat audio ini.
Telinga manusia dapat mendengarkan suara hingga 70 dB dengan aman, tetapi headset, headphone, ataupun earphone mampu memancarkan suara maksimum 85-110 dB.Bahaya headset atau perangkat audio lainnya yang disetel pada volume di atas 85 dB dapat menyebabkan kerusakan pendengaran permanen. Dengan volume yang lebih tinggi, kerusakan telinga bahkan bisa saja terjadi kurang dari satu jam.Itulah perbandingan headset, headphone, dan earphone. Untuk menghindari berbagai potensi bahaya bagi pendengaran, sebaiknya Anda selalu memperhatikan tips keamanan di atas.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
gangguan pendengaranpenyakit telinga
Eartrons. https://www.eartrons.com/headphones-vs-headsets/
Diakses 13 September 2021
Hearing Health Foundation. https://hearinghealthfoundation.org/blogs/earbuds-vs-over-the-ear-headphones-which-should-you-use
Diakses 13 September 2021
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/blog/healthy-headphone-use-how-loud-and-how-long-2020072220565
Diakses 13 September 2021
CNET. https://www.cnet.com/health/do-headphones-cause-hearing-loss/
Diakses 13 September 2021
Ligo. https://www.ligo.co.uk/blog/difference-headsets-headphones-earphones/
Diakses 13 September 2021
Humavox. http://www.humavox.com/blog/headphones-vs-earbuds-whats-difference/
Diakses 13 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait