Hazelnut adalah Kacang yang Bisa Buat Jantung Sehat, Benarkah?

(0)
22 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Hazelnut adalah kacang yang bisa bikin jantung sehat.Hazelnut adalah jenis kacang yang punya rasa manis.
Hazelnut adalah kacang yang dipanen dari pohon Corylus. Rasanya yang manis menjadikan hazelnut sebagai camilan lezat, walaupun dimakan mentah.Umumnya, hazelnut dibudidayakan di negara Turki, Italia, Spanyol, dan Amerika Serikat. Namun, karena rasa lezatnya yang meningkatkan permintaan terhadapnya, hazelnut pun ditanam di banyak negara, termasuk Indonesia.Ternyata, hazelnut adalah kacang yang punya banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bikin jantung sehat.

Hazelnut adalah kacang yang punya banyak manfaat

Sama seperti kebanyakan jenis kacang lainnya, hazelnut adalah kacang yang memiliki berbagai macam nutrisi penting untuk tubuh. Itulah mengapa, hazelnut dipercaya memiliki berbagai macam manfaat kesehatan.

1. Memiliki berbagai nutrisi

Walaupun tinggi kalori, tapi hazelnut memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Dalam 28 gram kacang hazelnut, berbagai macam nutrisi ini dapat Anda rasakan:
  • Kalori: 176
  • Lemak: 17 gram
  • Protein: 4,2 gram
  • Karbohidrat: 4,7 gram
  • Serat: 2,7 gram
  • Vitamin E: 21% dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Vitamin B1: 12% dari RAH
  • Magnesium: 12% dari RAH
  • Tembaga: 24% dari RAH
  • Mangan: 87% dari RAH
Selain kandungan nutrisi di atas, hazelnut juga mengandung zat mineral zinc, kalium, hingga fosfor. Ada juga asam folat, vitamin B6, sampai asam oleat di dalamnya.

2. Memperlancar proses pencernaan

Hazelnut adalah sumber serat yang cukup tinggi. Dalam 28 gram kacang hazelnut, terdapat 2,7 gram serat di dalamnya.Mengonsumsi serat secara rutin terbukti bisa memperlancar sistem pencernaan dan mencegah datangnya sembelit.

3. Menurunkan berat badan

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi kacang seperti hazelnut, dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam riset itu, para peneliti menemukan adanya korelasi antara mengonsumsi kacang, turunnya berat badan, dan rendahnya risiko obesitas.Para responden yang mengonsumsi kacang lebih sering juga terbukti tidak mengalami kenaikan berat badan berlebih, dibandingkan mereka yang hanya memakan kacang dalam jumlah kecil.Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan adanya hubungan antara mengonsumsi kacang dan turunnya berat badan.

4. Mencegah kerusakan sel

Hazelnut
Hazelnut adalah kacang yang lezat
Hazelnut adalah kacang yang mengandung antioksidan. Itulah sebabnya, hazelnut dipercaya bisa mencegah stres oksidatif, sehingga kerusakan sel dapat diatasi.Bahkan, salah satu antioksidan yang dikandung hazelnut, yaitu vitamin E, dianggap ampuh dalam menjaga tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

5. Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah riset, hazelnut ternyata membuktikan kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL), jenis kolesterol yang dapat mengundang penyakit jantung.Dalam penelitian itu, para partisipan yang mengonsumsi kacang hazelnut pun tidak mengalami kenaikan berat badan. Temuan ini menjawab keresahan terhadap potensi kenaikan berat badan, karena mengonsumsi kacang yang mengandung kalori.

6. Mengurangi peradangan

Hazelnut
Hazelnut adalah kacang yang punya banyak manfaat
Ternyata, kacang hazelnut juga dipercaya mampu mengurangi tanda-tanda peradangan pada tubuh. Sebuah penelitian membuktikan, mengonsumsi kacang hazelnut dalam menu sehari-hari bisa meredakan gejala peradangan pada tubuh.Namun, riset lain menemukan, efek kacang hazelnut pada peradangan, tidak terlalu signifikan. Masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikannya.

7. Meningkatkan kesehatan sperma

Baru-baru ini, sebuah riset menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak kacang, termasuk hazelnut, bisa meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.Namun, penelitian ini hanya diikuti oleh partisipan pria dalam jumlah terbatas. Maka dari itu, dibutuhkan riset dengan skala lebih besar.

Efek samping mengonsumsi hazelnut

Meski kacang hazelnut memiliki banyak manfaat, terdapat beberapa efek samping yang bisa dirasakan. Salah satunya bagi Anda yang punya alergi kacang. Berbagai reaksi alergi dapat muncul, mulai dari diare, sulit menelan, gatal-gatal di bagian mulut, mual, hingga sesak napas.Selain itu, jangan sampai Anda mengonsumsi hazelnut secara berlebihan. Perhatikan juga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda per harinya.Sebab, hazelnut mengandung kalori yang tinggi. Jika Anda mengonsumsinya bersamaan dengan makanan berkalori tinggi lainnya, ada risiko peningkatan jumlah kalori dalam tubuh, yang mengundang naiknya berat badan.
makanan sehatalergi kacanghidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/hazelnut-benefits#section7
Diakses pada 8 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323807#8-benefits
Diakses pada 8 Juni 2020
ACAAI. https://acaai.org/allergies/types/food-allergies/types-food-allergy/tree-nut-allergy
Diakses pada 8 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait