Hati-hati! Inilah Macam-Macam Ruam Kulit yang Bisa Terjadi pada Tubuh Manusia

Ruam adalah kondisi di mana kulit mengalami perubahan abnormal
Selain disebabkan karena peradangan kulit, terdapat cukup banyak jenis ruam yang perlu diketahui

Ruam adalah kondisi di mana kulit mengalami perubahan abnormal, baik pada warna maupun teskturnya. Selain disebabkan oleh peradangan kulit, terdapat cukup banyak jenis ruam yang perlu diketahui. Berikut ulasan mengenai macam-macam ruam yang dapat terjadi pada tubuh manusia.

1. Jenis Ruam Eczema

Eczema merupakan istilah untuk kondisi kulit gatal, memerah, kulit bersisik, hingga kulit dalam keadaan meradang. Munculnya ruam eczema bisa disebabkan karena berbagai faktor, termasuk stres dan alergi. Tak hanya dapat menyerang orang dewasa, ruam eczema juga bisa diderita oleh anak-anak.

Jika ingin mendiagnosis penyakit ini, Anda bisa melakukan analisis riwayat hidup tentang gejala melalui pemeriksaan kulit. Sedangkan untuk penanganannya, oleskan salep yang mengandung steroid hidrokortison pada area yang bermasalah.

Selain membantu mengendalikan gatal, zat yang terdapat dalam salep tersebut dapat meminimalisir efek bengkak serta kemerahan yang disebabkan karena ruam eczema.

2. Jenis Ruam Granuloma Annulare

Jenis ruam kulit selanjutnya yang bisa terjadi pada tubuh manusia adalah granuloma annulare. Ini merupakan kondisi kulit kronis di mana terdapat ruam berbentuk lingkaran dengan benjolan berwarna merah. Meski bisa terjadi pada orang yang sehat, penyebab ruam jenis ini belum diketahui secara pasti.

Bagi yang mengalami ruam dengan ciri-ciri di atas, silakan memeriksakannya langsung ke dokter kulit. Umumnya, beberapa dokter akan menyuntikkan steroid ke cincin-cincin benjolan untuk membekukan lesi. Sementara perawatan lain, seperti terapi ultraviolet digunakan pada kasus yang lebih berat.

3. Jenis Ruam Lichen Planus

Lichen planus merupakan kelainan kulit lainnya berupa tonjolan-tonjolan datar yang mengilap serta berwarna merah keunguan. Walau bisa menyerang di bagian mana saja, ruam jenis ini sering terjadi di pergelangan tangan atau pergelangan kaki, punggung, hingga bagian leher. Sedangkan pada kasus yang lain, beberapa orang menderita penyakit lichen planus pada area dalam mulut, rambut, serta kuku.

Secara umum, ruam lichen planus sering diderita oleh orang-orang berumur 30 sampai 70 tahun. Sementara mereka yang memiliki umur lebih muda atau lanjut usia tidak mudah terserang penyakit ini. Di banyak kasus, ruam lichen planus tidak dapat disembuhkan. Meski begitu, Anda masih bisa mengobati gejalanya dengan obat anti gatal, seperti antihistamin.

4. Jenis Ruam Pityriasis Rosea

Pityriasis rosea adalah salah satu dari macam-macam ruam kulit yang terbilang ringan. Secara umum, orang-orang yang menderita ruam ini akan mengalami beberapa gejala. Gejalanya berupa bercak kulit besar, bersisik, hingga berwarna merah muda yang terjadi di area dada atau pun punggung. Lebih dari itu, jumlah serta ukurannya juga bervariasi.

Untuk mendiagnosis penyakit ini, Anda bisa berkonsultasi dan memeriksakannya langsung ke dokter kulit. Tak hanya melalui tes darah dan mengikis kulit, pityriasis rosea juga dapat didiagnosis melalui proses biopsi.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/common-rashes#1

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed