Amankah Konsumsi Hati Ayam untuk Ibu Hamil? Ini Faktanya


Ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi hati ayam terlalu banyak karena kandungan vitamin A yang tinggi bisa memicu gangguan pada janin.

0,0
28 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ibu hamil boleh makan hati ayam selama tidak berlebihanIbu hamil boleh makan hati ayam selama tidak terlalu banyak
Bolehkah ibu hamil makan hati ayam? Tentu boleh. Ibu hamil akan membutuhkan asupan gizi yang cukup, termasuk vitamin A. Manfaat hati ayam untuk ibu hamil adalah sebagai sumber berbagai nutrisi, khususnya vitamin A.
Selama masa kehamilan, ibu harus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi. Meskipun demikian, konsumsi hati ayam untuk ibu hamil harus dibatasi. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi hati ayam dapat meningkatkan risiko gangguan kehamilan dan janin.

Manfaat hati ayam untuk ibu hamil sesuai kandungan gizinya

Manfaat hati ayam untuk ibu hamil bisa didapatkan selama tidak berlebihan
Kandungan nutrisi hati ayam baik untuk ibu hamil selama tidak berlebihan
Hati ayam mengandung banyak sekali nutrisi makro dan mikro seperti protein, lemak, zat besi, kalium, fosfor, folat, magnesium dan kalsium. Hati ayam juga merupakan sumber makanan tinggi vitamin A disamping berbagai vitamin dan mineral penting lainnya.Berkat kandungan nutrisinya, jika dikonsumsi secara terbatas, hati ayam dapat menguntungkan bagi ibu hamil dan bayi. Beberapa manfaat kandungan hati ayam untuk ibu hamil adalah:

1. Mencegah cacat pada bayi

Kandungan asam folat pada hati ayam baik untuk perkembangan sistem saraf pada janin. Komponen ini juga dapat mencegah cacat lahir pada bayi yang dikenal sebagai cacat tabung saraf atau spina bifida.

2. Membantu perkembangan janin

Hati ayam juga mengandung protein, sehingga bisa jadi salah satu sumber nutrisi bagi ibu hamil. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Komponen ini dapat membantu janin membangun kekuatannya, sehingga kelak ia bisa tumbuh menjadi anak yang kuat.

3. Menjaga kondisi imun tubuh dan penglihatan

Sebagai sumber vitamin A, hati sangat bermanfaat dalam membentuk kekebalan dan perkembangan penglihatan janin. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam mendukung perkembangan berbagai organ seperti jantung, ginjal, paru-paru hingga tulang.Selain untuk janin, manfaat vitamin A yang ada di hati ayam juga bisa dirasakan oleh ibu hamil, terutama yang sudah dekat dengan waktu persalinan. Pasalnya, vitamin ini berperan penting dalam perbaikan jaringan yang rusak akibat proses persalinan.

4. Mencegah anemia

Anemia termasuk salah satu keluhan kesehatan yang umum terjadi di masa kehamilan. Kandungan zat besi pada hati ayam untuk ibu hamil dapat bermanfaat mencegah dan mengatasi kondisi ini. Konsumsi hati ayam sesuai anjuran akan dapat mengurangi risiko anemia selama masa kehamilan dan menjaga darah tetap sehat.Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Sate? Ini Penjelasannya

Kenapa konsumsi hati ayam untuk ibu hamil harus dibatasi?

Konsumsi hati ayam harus dibatasi ibu hamil karena tinggi vitamin A
Hati ayam tinggi kandungan vitamin A yang bisa berbahaya bagi janin jika berlebihan
Meski kandungan yang ada di hati ayam baik untuk ibu hamil, tingginya kadar vitamin A yang ada pada makanan ini adalah hal yang patut diwaspadai. Pasalnya, jika Ibu hamil mendapatkan vitamin A dalam jumlah yang berlebihan, janin yang dikandungnya bisa terkena imbas yang membahayakan.Kelebihan vitamin A pada ibu hamil bisa menyebabkan janin mengalami cacat lahir dan keguguran. Vitamin A dosis tinggi juga bisa memicu keracunan pada organ hati.Kebutuhan vitamin A pada wanita hamil yang berusia 19 tahun adalah sekitar 770 mcg RAE per hari dan jumlah konsumsi maksimalnya adalah sekitar 3.000 mcg RAE. Sedangkan menurut U.S Department of Agriculture, dalam 100 gram hati ayam mentah kandungan vitamin A-nya mencapai 3.300 mcg RAE.Tentu, tidak semua sumber alami vitamin A memiliki potensi bahaya yang sama dengan hati ayam untuk ibu hamil.
Pada dasarnya ada dua jenis vitamin A dalam makanan, yaitu preformed vitamin A (retinol) dan karotenoid provitamin A.
  • Preformed vitamin A banyak ditemukan pada produk hewani, termasuk hati ayam.
  • Provitamin A ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Bentuk paling umum dari provitamin A adalah karotenoid.
Provitamin A lebih aman dikonsumsi oleh ibu hamil jika dibandingkan preformed vitamin A. Hati ayam memiliki kandungan preformed vitamin A yang sangat tinggi. Ini membuat konsumsi hati ayam untuk ibu hamil berpotensi membahayakan dan harus sangat dibatasi.Baca Juga: Daftar Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Tips mengonsumsi hati ayam untuk ibu hamil

Ibu hamil yang mengonsumsi hati ayam perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

• Porsi hati ayam untuk ibu hamil yang aman

Untuk mengetahui porsi hati ayam yang aman untuk ibu hamil, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Secara umum, wanita hamil mungkin dapat mengonsumsi hingga 65-75 gram hati per minggu. Meski begitu, kondisi kesehatan setiap ibu hamil berbeda-beda, sehingga persetujuan dokter mengenai menu yang bisa dikonsumsi pun biasanya tidak seragam.

• Kiat memasak hati ayam untuk ibu hamil yang aman

Jika dokter sudah memberikan lampu hijau bagi ibu hamil untuk mengonsumsi hati ayam, maka hal lain yang perlu diperhatikan selain jumlahnya adalah cara memasaknya.Hati ayam yang aman untuk ibu hamil harus dimasak hingga matang agar risiko infeksi bakteri salmonella yang ada pada hati mentah bisa berkurang. Hati ayam yang telah matang akan memiliki sari berwarna jernih dan tidak lagi ada sisa warna merah muda di dalamnya.

Sumber vitamin A yang aman untuk ibu hamil

Sayur dan buah adalah sumber vitamin A yang aman untuk ibu hamil
Sayur dan buah sumber vitamin A yang aman untuk ibu hamil
Mencukupi kebutuhan vitamin A selama masa kehamilan sangat penting bagi ibu dan janin. Meskipun asupan preformed vitamin A harus dibatasi, sumber provitamin A tetap aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.Sumber vitamin A yang aman untuk ibu hamil antara lain adalah:
  • Buah-buahan terutama yang berwarna kuning, oranye, dan merah seperti mangga, pepaya dan aprikot.
  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale.
  • Sayuran berwarna kuning, oranye atau merah seperti wortel, paprika merah dan kuning serta ubi jalar kuning.
  • Susu dan sereal yang diperkaya vitamin A
Itulah informasi kelebihan dan kekurangan mengonsumsi hati ayam untuk ibu hamil. Makan hati selama kehamilan diperbolehkan dalam porsi terbatas dan dipersiapkan dengan cara yang benar. Sebaiknya selalu periksakan kehamlian secara teratur dan berkonsultasi kepada dokter kandungan, termasuk mengenai diet dan konsumsi suplemen yang aman untuk Anda dan bayi dalam kandungan.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilmakanan untuk hamil
Baby Center. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/vitamin-a-in-your-pregnancy-diet_675
Diakses 18 Oktober 2021
Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/x555571/is-it-safe-to-eat-liver-during-pregnancy
Diakses 18 Oktober 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-liver-during-pregnancy-is-it-safe/
Diakses 18 Oktober 2021
U.S. Department Of Agriculture. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/171060/nutrients
Diakses 18 Oktober 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-a/
Diakses 18 Oktober 2021
NHS. https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition
Diakses 18 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait