Hasil Test Pack Samar, Apa Artinya?


Hasil test pack samar bisa menandakan bahwa Anda benar-benar hamil, tidak hamil, atau mungkin keguguran. Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan tes ulang atau melakukan pemeriksaan USG.

(0)
15 Apr 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Hasil test pack samar bisa mengindikasikan tiga kemungkinanHasil test pack samar dapat menyebabkan kebingungan
Berhenti menstruasi menjadi tanda kehamilan yang utama. Jika hal tersebut terjadi, biasanya wanita akan melakukan tes kehamilan dengan test pack. Bila muncul satu garis berarti hasilnya negatif, sementara bila dua garis berarti positif hamil. Namun, bagaimana jika hasil test pack samar?Saat mendapati test pack satu garis jelas satu garis samar, wanita tentu akan merasa bingung apakah dirinya hamil ataukah tidak. Sebetulnya, ada tiga kemungkinan yang berkaitan dengan hal ini. Apa saja itu?

Arti test pack samar satu garis atau keduanya

Berikut tiga kemungkinan arti garis samar pada test pack Anda:

1. Anda benar-benar hamil

Jika mendapat hasil test pack samar, ada kemungkinan besar bahwa Anda benar-benar hamil. Pada kasus ini, hasil test pack garis kedua samar yang muncul bisa jadi karena rendahnya kadar hormon kehamilan atau human chorionic gonadotropin (hCG)Test pack pun dirancang untuk mendeteksi hormon ini. Sebab segera setelah hamil, tubuh akan mulai memproduksi hormon hCG dan terus meningkat seiring kehamilan. Jika hCG terdapat dalam urine Anda, maka Anda akan mendapatkan hasil positif. Wanita yang mendapat garis samar biasanya melakukan tes terlalu dini di awal usia kehamilan, baik sebelum haid atau segera setelah berhenti menstruasi sehingga kadar hCG dalam urine pun masih rendah. Perlu diingat bahwa semakin banyak hormon hCG, maka akan semakin jelas garis yang terlihat pada testpack.

2. Anda tidak hamil

Sayangnya, hasil test pack samar juga tidak selalu berarti bahwa Anda sedang hamil. Sebab terkadang garis positif yang muncul bukanlah garis positif yang sesungguhnya, dan hanya merupakan garis evaporasi atau garis penguapan. Hasil garis samar tersebut dapat muncul ketika urin menguap dari stik test pack. Munculnya garis evaporasi pada hasil tes, tentu saja bisa membuat Anda keliru berpikir hamil. Bahkan cukup sulit dalam membedakan hasil test pack positif yang samar dengan garis evaporasi. Namun, garis evaporasi baru akan muncul beberapa menit setelah waktu yang ditentukan untuk melihat hasil tes.Bila Anda melihat hasil positif yang terlihat samar dalam rentang waktu yang tertera pada label kemasan test pack, maka kemungkinan besar Anda sedang hamil. Sementara, bila Anda melewatkan waktu tersebut untuk melihat hasil tes, maka bisa jadi itu hanyalah garis evaporasi yang berarti Anda tidak hamil. Oleh sebab itu, penting untuk membaca dan mengikuti instruksi yang benar jika Anda melakukan tes sendiri di rumah.Akan tetapi, jika Anda masih kebingungan maka Anda dapat mengulanginya. Tunggulah 2-3 hari untuk melakukan testpack lagi agar tubuh mendapat waktu tambahan untuk memproduksi lebih banyak hormon kehamilan, sehingga Anda akan mendapat hasil positif yang jelas bila memang hamil.Waktu terbaik menggunakan test pack atau alat tes kehamilan ini adalah di pagi hari karena semakin pekat urin, maka hasilnya akan semakin jelas dan memiliki tingkat keakuratan tinggi. Selain itu, pastikan juga Anda melihat hasilnya dalam waktu yang tertera pada label kemasan test pack.

3. Anda mengalami keguguran dini

Hasil test pack samar juga ternyata dapat terjadi setelah Anda mengalami keguguran. Hasil samar dapat terlihat dalam 12 minggu pertama kehamilan karena  sel telur yang dibuahi tertanam di rahim sehingga mendorong terbentuknya hormon kehamilan. Pada beberapa kasus, tak lama setelah sel telur tertanam, keguguran pun terjadi. Kehamilan ektopik bisa menjadi salah satu penyebab keguguran.Jika Anda melakukan tes kehamilan pada saat ini, maka tes pun akan menunjukkan hasil positif yang samar karena masih tersisanya hormon kehamilan dalam tubuh. Namun, pendarahan dan kram yang terjadi biasanya menyerupai menstruasi sehingga Anda mungkin tak menyadari tengah mengalami keguguran. Akan lebih baik, jika Anda segera memeriksakan diri pada dokter bila merasa mengalami keguguran.Selain mengulangi test pack, Anda juga dapat mendeteksi kehamilan dengan melakukan pemeriksaan ke dokter bila masih bingung dan tak yakin dengan hasil tespek positif samar yang Anda dapatkan. Dokter akan mengambil sampel urine atau darah Anda untuk mendapat hasil yang lebih akurat dalam menentukan apakah Anda hamil atau tidak.Jika masih ragu dengan hasil test pack samar ini, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
tes kehamilankeguguranmerencanakan kehamilantest packcara menggunakan test pack
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/faint-positive-home-pregnancy-test#next-steps
Diakses pada 14 April 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322918#what-is-an-evaporation-line
Diakses pada 14 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait