Haruskah Kalori Rendang Dikhawatirkan?


Dalam satu porsi sajian (318 gram), kalori rendang dapat mencapai 545 kalori. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar konsumsi makanan ini tidak jadi bumerang bagi kesehatan tubuh Anda.

0,0
09 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jumlah kalori rendang cukup tinggi dalam satu porsinyaRendang daging sapi memiliki banyak kalori
Rendang adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari empat bahan utama berupa daging, santan, cabai, dan variasi rempah-rempah. Makanan ini memiliki rasa khas yang lezat, lembut, dan juicy. Akan tetapi, kalori rendang tergolong tinggi sehingga Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.Walaupun begitu, bukan berarti mengonsumsi rendang sepenuhnya dilarang. Hanya saja, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya konsumsi rendang tidak membahayakan kesehatan Anda.Kalori rendang yang tinggi umumnya disebabkan karena penggunaan daging sapi sebagai bahan utamanya. Selain daging sapi, ada juga variasi rendang lainnya yang menggunakan daging ayam, bebek, hingga daging domba.Untuk mengetahui cara terbaik mengonsumsi rendang dengan aman tanpa mengganggu kesehatan atau merusak rencana diet Anda, simak artikel berikut ini.

Jumlah kalori dalam rendang dan kandungan nutrisi lainnya

Jumlah kalori rendang berkisar antara 450-500, tergantung ukuran dan jenis bahan-bahan yang digunakan. Mengutip laman Nutritonix, kandungan rendang daging sapi untuk satu porsi (318 gram) dapat mencapai hingga 545 kalori dengan sebagian besarnya (322) berasal dari lemak.Kandungan rendang lainnya meliputi natrium, kalium, karbohidrat, dan serat makanan. Ada pula kandungan protein yang kurang lebih sekitar 48 gram dalam satu porsi makan khas Padang ini. Selain itu, rendang juga mengandung vitamin A dan C, serta kaya akan mineral berupa kalsium dan zat besi.

Jadi, rendang bisa dibilang sehat atau tidak?

Rendang adalah makanan dengan bahan-bahan yang kaya nutrisi. Namun, tingginya kalori rendang, terutama pada rendang sapi, membuatnya kurang cocok untuk dinikmati saat Anda ingin menurunkan berat badan. Meskipun demikian, rendang tetap bisa dikonsumsi selama dalam porsi yang wajar.Faktor yang membuat rendang tidak sehat adalah jumlah dan jenis minyak yang digunakan, berapa banyak lemak dalam dagingnya, dan berapa banyak gula dan garam yang ditambahkan. Selain itu, walaupun bisa menambah kenikmatan makanan ini, santan juga perlu dibatasi. Konsumsilah dalam porsi sewajarnya dan jangan berlebihan.

Cara sehat mengonsumsi rendang

Jika Anda ingin makan rendang di tengah usaha untuk menurunkan berat badan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Perhatikan kandungan nutrisinya

Kalori rendang sapi terbilang tinggi karena makanan ini tinggi lemak. Sementara itu, Anda perlu mengonsumsi lemak lebih sedikit dibandingkan dengan protein dan karbohidrat jika ingin menurunkan berat badan.Salah satu perbandingan rasio terbaik untuk asupan lemak dan protein saat diet adalah 1:3. Tentunya setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Maka dari itu, Anda mungkin dapat menemukan rasio asupan nutrisi yang paling sesuai seiring berjalannya waktu.

2. Variasikan rendang yang dikonsumsi

Walaupun rendang umumnya menggunakan daging sapi, ada beberapa alternatif rendang lainnya yang lebih aman.Kandungan rendang berbahan dada ayam dinilai lebih rendah lemak dan kalori jika dibandingkan rendang berbahan daging sapi, daging domba, daging bebek, ataupun daging paha ayam.Jenis rendang daging dari dada ayam tanpa kulit mungkin tidak selembut rendang lainnya. Namun, Anda bisa mendapatkan asupan kalori rendang yang lebih menyehatkan.Selain itu, penggunaan minyak, santan, garam, serta gula, juga dapat dikurangi untuk menurunkan jumlah total kalori rendang supaya bisa lebih rendah.

3. Perhatikan porsi rendang yang dikonsumsi

Terlepas dari kalori rendang daging yang tinggi, Anda tetap dapat menikmatinya dengan memperhatikan porsi yang dikonsumsi.Jika Anda ingin mengontrol berat badan, cukup konsumsi rendang setengah porsi dari biasanya dan berikan tambahan sayur-mayur yang lebih banyak. Kandungan serat yang dimiliki sejumlah sayur-mayur dapat membuat Anda lebih cepat kenyang.Itulah informasi seputar kalori rendang dan cara sehat mengonsumsinya. Ingat, jangan konsumsi rendang secara berlebihan karena jumlah kalorinya yang tinggi. Konsumsi sewajarnya saja untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan tidak sehatmenurunkan berat badan
Purelyb. https://www.purelyb.com/be-nourished/nutrition/is-rendang-unhealthy
Diakses 24 September 2021
Aspire Fitness Walnut. https://aspirefitnesswalnut.com/is-rendang-healthy-3-tips-for-weight-loss
Diakses 24 September 2021
Nutritonix. https://www.nutritionix.com/i/nutritionix/beef-rendang-1-serving/56e863f7dd64363375c44f0c
Diakses 24 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait