Harumnya, 9 Manfaat Marjoram Ini Layak untuk Dicoba


Marjoram adalah herbal dan penyedap rasa yang berkerabat dekat dengan oregano. Marjoram menawarkan beragam manfaat dan khasiat yang memukau untuk kesehatan.

(0)
13 Jan 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Marjoram adalah herbal dan penyedap rasa yang masih berkerabat dengan oreganoMarjoram tersedia dalam bentuk ekstrak, teh, maupun minyak esensial
Marjoram (Origanum majorana) adalah herbal aromatik yang umum dimanfaatkan untuk menyedapkan masakan. Marjoram masih berkerabat dekat dengan oregano, herbal yang juga populer sebagai penyedap. Marjoram tersedia dalam bentuk ekstrak, teh, hingga minyak esensial karena menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Ketahui apa saja khasiat dan manfaat marjoram.

9 Manfaat marjoram untuk hidup sehat 

Berikut ini berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh marjoram:

1. Menangkal efek radikal bebas

Layaknya herbal lain yang ada di muka bumi, marjoram juga mengandung zat-zat antioksidan. Zat antioksidan membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Salah satu zat antioksidan yang terkandung dalam marjoram yaitu karvakrol. Karvakrol ternyata juga menjadi komponen utama di dalam oregano, herbal lain yang menjadi kerabat marjoram.

2. Meredakan peradangan

Peradangan merupakan respons normal tubuh saat jaringan mengalami masalah, termasuk karena infeksi. Namun, peradangan yang kronis dapat berbahaya karena meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti diabetes, kanker, dan gangguan autoimun. Kandungan marjoram berpotensi untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh. 

3. Melawan aktivitas mikroba

Marjoram dilaporkan memiliki efek antimikroba. Minyak esensial marjoram yang dilarutkan sudah dimanfaatkan untuk menangani infeksi jamur. Suplemen marjoram juga dikonsumsi untuk mengatasi pertumbuhan bakteri usus yang overpopulasi. Walau riset lanjutan terkait efek antimikroba marjoram masih diperlukan, herbal ini juga diyakini dapat menjadi pestisida alami.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Menurut catatan historisnya, marjoram telah dimanfaatkan untuk mencegah masalah pencernaan seperti tukak lambung dan keracunan makanan. Marjoram juga dilaporkan memiliki efek untuk melawan mikroba penyebab penyakit dalam makanan yang disebut Clostridium perfringens.Studi pada manusia tentunya diperlukan untuk menguatkan potensi marjoram ini. 

5. Meregulasi siklus haid

Marjoram dilaporkan dapat merangsang siklus haid menjadi lebih teratur. Ekstrak atau teh herbal ini berpotensi pula untuk menyeimbangkan kadar hormon pada wanita yang mengalami siklus haid berantakan. Untuk menghindari risiko, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba manfaat marjoram ini.

6. Berpotensi untuk  menangani PCOS

Sindrom polikistik ovarium atau PCOS merupakan gangguan hormonal yang ditandai dengan haid tidak teratur dan jerawat. Selain dapat meregulasi siklus menstruasi, marjoram dalam bentuk teh juga berpotensi untuk menangani PCOS dengan memperbaiki profil hormon dan sensitivitas insulin.Diskusikan dengan dokter jika Anda ingin mencoba marjoram untuk mengatasi PCOS.

7. Mengurangi nyeri haid

Minyak esensial yang mengandung marjoram dilaporkan berpotensi untuk meredakan nyeri saat menstruasi. Namun, karena riset yang sudah ada masih mencampurkan marjoram dengan bahan lain, klaim ini masih memerlukan riset lanjut. 

8. Memperbaiki fungsi paru-paru pada penderita asma

Manfaat marjoram juga berpotensi dirasakan oleh paru-paru. Minyak marjoram disebutkan dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita asma. Potensi manfaat ini masih memerlukan kajian lebih lanjut. 

9. Meredakan kecemasan

Marjoram dilaporkan memiliki efek anticemas (ansiolitik). Pada orang yang mengalami bruxism (kondisi menggeretakkan gigi ke atas dan ke bawah), mencoba aromaterapi dengan minyak marjoram bisa didiskusikan dengan dokter untuk meredakan gejalanya.

Efek samping konsumsi marjoram

Walau marjoram menawarkan banyak manfaat, herbal ini berisiko memicu beragam efek samping. Efek samping marjoram termasuk:
  • Menimbulkan risiko komplikasi kehamilan. Ibu hamil dan menyusui tidak bisa mengonsumsi marjoram.
  • Menghambat pembekuan darah
  • Berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, pengencer darah, dan obat diabetes

Cara menggunakan dan mengonsumsi marjoram 

Seperti saudaranya, yakni oregano, marjoram juga biasanya digunakan dalam jumlah sedikit untuk menyedapkan masakan. Marjoram segar juga dapat dicampurkan bersama minyak untuk memarinasi sayur dan daging. Anda bisa mencampurkan satu sendok makan minyak dengan satu sendok teh marjoram untuk tujuan marinasi ini.Marjoram juga dijual dalam bentuk suplemen dan teh. Apabila ingin mencoba mendapatkan manfaat-manfaat kesehatan  di atas, suplemen ekstrak atau teh marjoram bisa dicoba setelah berkonsultasi dengan dokter.

Catatan dari SehatQ

Marjoram adalah herbal dan penyedap rasa yang masih berkerabat dengan oregano. Marjoram tersedia dalam bentuk ekstrak atau teh karena menawarkan beragam manfaat kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut terkait marjoram dan manfaatnya, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi tentang herbal nan terpercaya.
siklus haidperadanganantimikrobaherbalantioksidan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/marjoram
Diakses pada 30 Desember 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/marjoram-benefits-side-effects-and-preparations-4427682
Diakses pada 30 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-marjoram
Diakses pada 30 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait