Rayakan Hari Jantung Sedunia dengan Makanan untuk Kesehatan Jantung Ini

Apel merah merupakan salah satu makanan untuk kesehatan jantung
Apel merah merupakan salah satu makanan untuk kesehatan jantung

Sebentar lagi, masyarakat global akan bersama-sama memperingati Hari Jantung Sedunia. Peringatan ini dirayakan setiap tanggal 29 September, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan jantung.

Perayaan Hari Jantung Sedunia dapat menjadi refleksi bagi kita, bahwa jantung memiliki peranan sangat penting, seperti memompa darah ke seluruh tubuh. Agar terhindar dari penyakit jantung, gaya hidup sehat perlu diterapkan.

Menjalani gaya hidup sehat yang perlu dilakukan, termasuk dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Berikut ini rekomendasi makanan sehat, untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Beberapa makanan untuk kesehatan jantung

Ada banyak makanan untuk kesehatan jantung, yang tak susah untuk ditemukan. Makanan sehat tersebut dapat berasal buah, sayur, bahkan cokelat yang banyak digemari.

Ini beberapa makanan untuk kesehatan jantung, yang bisa Anda konsumsi.

  • Kelompok buah beri

Berbagai studi telah menunjukkan, rajin mengonsumsi kelompok buah beri dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Buah beri tersebut, termasuk stroberi, blackberry, raspberi, dan blueberry.

Buah-buahan ini mengandung molekul antioksidan, seperti antosianin yang dapat melawan inflamasi dan tekanan oksidatif pemicu penyakit jantung.

Selain itu, sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Nutrition Research menemukan, rutin meminum jus stroberi dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Studi ini dilakukan dengan melibatkan 27 orang dewasa yang menderita sindrom metabolik (kombinasi dari berbagai gangguan medis yang meningkatkan risiko penyakit jantung).

  • Apel merah

Buah yang lezat ini termasuk dalam makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Salah satu kandungannya, kuersetin, merupakan agen inflamasi dan dapat mencegah gumpalan darah.

Baca juga:
Temukan 5 Manfaat Apel yang Menyehatkan Ini

Selain memiliki kuersetin, apel juga mengandung jenis serat yang larut dalam air, sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat. Tak sampai di situ, senyawa polifenol pada apel, flavonoid epikatekin, berpotensi menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang juga dapat memicu risiko penyakit jantung.

  • Alpukat

Buah yang menjadi makanan untuk kesehatan jantung lainnya, yakni buah alpukat. Buah dengan kulit berwarna hijau ini mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang tergolong sebagai jenis lemak baik. Lemak tak jenuh merupakan jenis lemak yang disarankan untuk mencukupi kebutuhan lemak Anda.

Selain itu, lemak tak jenuh tunggal juga dapat menurunkan kolesterol jahat, yang juga dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

  • Ikan berlemak baik

Ikan makerel, salmon, sarden dan tuna merupakan kelompok ikan, yang mengandung asam omega 3. Omega 3 merupakan sejenis lemak yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Ilmuwan juga membuktikan, mengonsumsi ikan dalam jangka panjang, dipercaya mampu menurunkan berbagai faktor risiko penyakit jantung. Misalnya, tekanan darah, kadar trigliserida, dan kolesterol.

  • Cokelat hitam

Tak hanya buah dan sayuran yang menjadi makanan untuk kesehatan jantung. Cokelat hitam, yang mungkin menjadi kegemaran hampir semua orang, juga dapat melindungi jantung Anda. Salah satu senyawa dalam cokelat hitam, yakni flavonoid, memiliki sifat antioksidan, untuk meningkatkan kualitas kesehatan jantung.

Berbagai studi telah membuktikan khasiat coklat hitam, seperti menurunkan risiko penyakit jantung coroner, serta mengurangi plak pada pembuluh darah. Tentunya, manfaat ini didapatkan jika Anda tidak mengonsumsinya berlebihan.

Pilihlah cokelat hitam berkualitas tinggi, yang mengandung setidaknya 70% kakao.

  • Tomat

Buah tomat kaya dengan likopen, yaitu pigmen alami tumbuhan yang juga berperan sebagai molekul antioksidan. Selain itu, para ilmuwan juga menemukan bahwa buah sayur ini juga dapat menurunkan penyakit jantung, penyakit stroke, serta meningkatkan kolesterol baik di tubuh.

  • Bawang putih

Bawang putih tidak hanya membantu menyedapkan masakan. Selama berabad-abad, tanaman ini sudah dikenal memiliki khasiat medis. Salah satu kandungan bawang putih yang menyehatkan adalah alicin.

Dalam sebuah studi yang dimuat di Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences, ditemukan bahwa bawang putih membantu menurunkan tekanan darah. Studi lain yang dirilis dalam Nutrition Reviews juga membuktikan, bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat.

Baca juga: 
Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Menyenangkan

Itulah beberapa makanan untuk kesehatan jantung, yang bisa Anda konsumsi. Tentunya, ada banyak makanan lain, termasuk sayuran hijau, minyak zaitun, bahkan teh hijau, yang bisa menjadi pilihan.

Selain rutin mengonsumsi makanan di atas, Anda juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan gaya hidup sehat lain. Termasuk tidak merokok, menghindari alkohol, serta berolahraga secara teratur. Selain itu, Anda juga disarankan untuk rutin mengecek tekanan darah, kadar kolesterol, serta gula darah.

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-heart-tips

Diakses pada 5 September 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods

Diakses pada 5 September 2019

 

Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000785.htm

Diakses pada 5 September 2019

 

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23590705

Diakses pada 5 September 2019

 

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24035939

Diakses pada 5 September 2019

 

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/foods-that-are-good-for-your-heart-2507169

Diakses pada 5 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed