Rekomendasi Daftar dan Harga Pil KB yang Bisa Anda Pilih


Harga pil KB beragam, mulai dari belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah per stripnya. Berkonsultasilah dengan dokter maupun bidan untuk memilih yang paling sesuai.

(0)
30 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Harga pil KB berbeda-beda untuk setiap mereknyaAnda dapat membeli pil KB dengan harga beragam, tergantung mereknya
Alat kontrasepsi oral alias pil KB merupakan salah satu metode pengontrol kelahiran yang populer di tengah masyarakat Indonesia. Namun, banyaknya merek dan harga pil KB di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung. Yang mana yang harus Anda pilih?Pil KB biasanya mengandung hormon yang dapat mengendalikan kesuburan wanita. Pil ini mengandung hormon, baik progestin, hormon estrogen, maupun kombinasi keduanya dalam bentuk sintetis.Untuk mengetahui merek pil KB yang sebaiknya Anda gunakan, berkonsultasilah dulu dengan bidan atau dokter kandungan. Berbagai pilihan berikut bisa Anda jadikan salah satu bentuk pertimbangan, tapi bukan untuk menggantikan rekomendasi dokter.

Harga pil KB di Indonesia 

Ada 3 merek pil KB yang umum dijumpai
Di Tanah Air, ada berbagai merek pil KB yang bisa Anda pilih. Namun, terdapat 3 merek utama yang biasanya digunakan oleh para ibu, yakni Andalan, Diane, dan Yasmin.

1. Pil KB Andalan

Pil KB Andalan adalah jenis kontrasepsi oral yang mengandung zat aktif levonorgestrel dan etinilestradiol. Levonorgestrel dan etinilestradiol sendiri adalah kombinasi kontrasepsi hormonal yang dapat menghambat pembuahan sel telur (ovulasi) dengan cara membentuk lapisan dinding rahim (endometrium) untuk mencegah menempelnya sel telur yang dibuahi.Produk yang diproduksi oleh DKT Indonesia ini dikemas dalam boks berisi 2 strips yang masing-masing mempunyai 28 tablet. Pil KB harus diminum satu kali sehari pada waktu yang sama setiap hari setelah makan malam atau sebelum tidur.Pil KB merek Andalan ini hanya boleh dikonsumsi setelah Anda mendapat rekomendasi dari dokter karena tergolong obat keras. Jika Anda hamil, segera hentikan penggunaan pil KB Andalan karena kandungan di dalamnya dikhawatirkan mengganggu pertumbuhan janin hingga mengganggu kesehatan janin.Pil KB Andalan juga memiliki berbagai varian yang bisa disesuaikan dengan kondisi ibu. Misalnya, ibu menyusui dapat minum Andalan Laktasi atau ibu yang kekurangan zat besi bisa minum Andalan FE.Harga pil KB Andalan beragam pada tiap apotek maupun toko obat. Namun, rata-rata harga pil KB ini ialah:
  • Pil KB Andalan: Rp 16.000 per boks (2 strip)
  • Andalan Laktasi: Rp 15.000 per strip
  • Andalan FE: Rp 8.500 per strip

2. Pil KB Diane

Pil KB Diane juga populer di kalangan ibu-ibu Indonesia karena penggunaannya yang aman dan praktis. Pil KB ini mengandung hormon sintetis berupa cyprotone acetate (progestin) dan etinil estradiol (estrogen) yang bekerja dengan mengentalkan lendir pada leher rahim sehingga sperma sulit masuk ke ovarium untuk membuahi sel telur.Sama seperti Pil KB Andalan, Diane harus diminum satu kali sehari di waktu yang sama dan hanya boleh Anda gunakan setelah mendapat rekomendasi dokter (karena merupakan obat keras). Satu strip pil KB Diane berisi 21 butir dengan harga sekitar Rp 175.000 per strip.

3. Pil KB Yasmin

Pil KB Yasmin mengandung progestin drospirenone (progestin) dan etinil estradiol (estrogen). Kombinasi hormon sintetis ini dapat membantu mengatur fungsi reproduksi wanita dengan menekan hormon gonadotropin untuk menghambat ovulasi, mengurangi terjadinya implantasi atau penempelan sperma dan ovum di dinding rahim, dan mengentalkan lendir di leher rahim sehingga sperma sulit bergerak di dalam ovarium.Dibanding pil KB lainnya, pil KB Yasmin punya kelebihan dapat sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Dengan kata lain, risiko wajah berjerawat juga semakin kecil selama mengonsumsi pil KB ini dengan benar.Sama seperti Diane, satu strip Yasmin berisi 21 pil KB yang diminum sekali sehari pada waktu yang sama dan harus berdasarkan rekomendasi dokter. Harga pil KB Yasmin adalah sekitar Rp 258.000 per strip.Selain ketiga merek di atas, ada beberapa merek pil KB lainnya yang bisa Anda pilih. Konsultasikan dengan dokter atau bidan untuk memilih produk yang tepat.

Pro dan kontra penggunaan pil KB

Konsumsi pil KB berpotensi memicu mual
Penggunaan pil KB sebagai alat kontrasepsi sendiri tidak lepas dari pro dan kontra. Beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan saat menggunakan pil KB adalah:
  • Aman
  • Pil KB cukup nyaman digunakan dibanding IUD (yang harus dimasukkan lewat vagina) atau KB suntik
  • Dapat melindungi Anda dari penyakit radang panggul
  • Membantu menormalkan periode menstruasi
  • Dapat mengurangi kram menstruasi dan haid yang terlalu deras
  • Bisa dihentikan langsung setelah Anda memutuskan ingin punya anak lagi
Di lain pihak, kekurangan penggunaan metode ini ialah:
  • Sakit kepala
  • Payudara sensitif
  • Mual (kadang kala disertai muntah)
  • Munculnya bercak darah saat tidak sedang haid
Namun, efek samping tersebut bisa perlahan memudar setelah 2-3 bulan Anda menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi. Pada masa ini, tubuh sudah mulai terbiasa dengan hormon progestin maupun estrogen yang Anda konsumsi secara reguler.

Catatan dari SehatQ

Beberapa merek pil KB di atas adalah contoh yang tersedia terbanyak di pasaran. Artikel ini bukanlah rekomendasi dari SehatQ dalam penggunaan merek tertentu. Tetap konsultasikan dengan dokter maupun bidan untuk mendapatkan rekomendasi pil KB sesuai kondisi kesehatan Anda.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang penggunaan pil KB, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kehamilanpenggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Healthline. https://www.healthline.com/health/birth-control-pills
Diakses pada 19 Januari 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/the-pill-pros-vs-cons-906927
Diakses pada 19 Januari 2020
Harga. https://harga.web.id/daftar-harga-pil-kb-di-pasaran-semua-merek.info
Diakses pada 19 Januari 2020
Cek Aja. https://www.cekaja.com/info/merek-pil-kb-yang-aman
Diakses pada 19 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait