Haphephobia atau Fobia Sentuhan: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya


Haphephobia adalah kondisi yang menyebabkan ketakutan ekstrem terhadap sentuhan. Cara mengontrol fobia ini adalah dengan terapi perilaku kognitif, terapi pemaparan, teknik relaksasi, dan pengobatan medis.

(0)
Sentuhan merupakan hal yang paling ditakuti oleh penderita haphephobiaHaphephobia, kondisi yang memicu ketakutan ekstrem terhadap sentuhan
Disentuh oleh orang yang tak dikenal tentu saja membuat kita merasa risih. Namun, pernahkah Anda mengalami rasa takut berlebihan ketika menerima sentuhan dari keluarga maupun orang terdekat? Jika iya, mungkin kondisi tersebut disebabkan oleh haphephobia.

Apa itu haphephobia?

Haphephobia adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan rasa takut pada sentuhan. Tidak hanya membuat Anda takut menerima sentuhan dari orang lain, perasaan serupa juga muncul dirasakan saat disentuh orang-orang yang sudah dikenal, misalnya saat berpelukan, bersalaman, maupun bergandeng tangan.Kondisi ini kerap dikaitkan dengan allodynia atau hipersensitivitas terhadap sentuhan. Namun, haphephobia dan allodynia merupakan kondisi yang berbeda. Penderita allodynia menghindari sentuhan bukan karena takut, melainkan mencegah rasa sakit yang muncul ketika kulit mereka disentuh.Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat berkembang menjadi agoraphobia. Agoraphobia akan membuat penderitanya merasa cemas dan menghindari tempat maupun situasi yang memicu terjadinya sentuhan.

Gejala yang umumnya dialami penderita haphephobia

Ketika menerima sentuhan dari orang lain, beberapa gejala mungkin akan dirasakan penderita haphephobia. Gejala yang muncul tak hanya memengaruhi kondisi Anda secara mental, tetapi juga fisik.Berikut sejumlah gejala yang umumnya dialami oleh penderita haphephobia:Gejala yang dialami oleh masing-masing penderitanya mungkin akan berbeda satu sama lain. Jika Anda mengalami gejala di atas saat menerima sentuhan, segera berkonsultasi ke dokter untuk mencari tahu kondisi yang mendasarinya.

Penyebab seseorang mengalami haphephobia

Penyebab seseorang menderita haphephobia belum diketahui secara pasti. Namun, peneliti menyebut bahwa kondisi ini disebabkan kejadian traumatis yang mengakibatkan penderitanya ketakutan ketika disentuh.Fobia akan sentuhan ini juga bisa diturunkan oleh orangtua. Anda bisa saja menderita kondisi ini setelah melihat orang yang dicintai mengungkapkan rasa takut atau menghindari sentuhan orang lain.Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami haphephobia, antara lain:
  • Turunan keluarga atau genetik
  • Pengalaman buruk atau traumatis di masa lalu
  • Gangguan kecemasan lain seperti gangguan stres pasca trauma (PTSD) ata gangguan obsesif kompulsif (OCD)
  • Mempunyai kepribadian neurotik (ketidakmampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar)

Bagaimana cara mengatasi haphephobia?

Hingga kini, belum ada cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan Anda dari haphephobia sepenuhnya. Meski begitu, beberapa tindakan dapat dilakukan untuk mengontrol kondisi Anda meminimalkan kemunculan gejala.Sejumlah tindakan perawatan yang bisa dilakukan untuk mengontrol haphephobia, meliputi:
  • Terapi perilaku kognitif

Terapi ini bertujuan mengubah pemikiran Anda akan sentuhan dan cara meresponsnya. Hal tersebut secara perlahan akan membantu mengurangi ketakutan atau kecemasan yang muncul ketika menerima sentuhan.
  • Terapi pemaparan

Dalam terapi pemaparan atau exposure therapy, terapis akan menghadapkan Anda dengan situasi yang memungkinkan terjadinya sentuhan. Pemaparan ini akan terus dilakukan hingga ketakutan yang dirasakan menghilang, dan Anda merasa nyaman dengan situasi tersebut.
  • Melatih pernapasan dan relaksasi

Penderita haphephobia akan diajarkan latihan pernapasan dan teknik relaksasi untuk mengontrol kecemasan serta ketakutan yang mereka rasakan. Teknik pernapasan dalam bisa membantu meredakan gejala, sedangkan relaksasi seperti berolahraga dapat mendukung kesehatan mental Anda secara keseluruhan.
  • Pengobatan medis

Obat-obatan seperti beta blocker dan antidepresan dapat membantu meredakan gejala panik dan kecemasan yang Anda rasakan. Terapis umumnya akan memberikan obat-obatan ini untuk memaksimalkan psikoterapi.

Kapan harus ke dokter?

Jika ketakutan terhadap sentuhan ini terjadi ada anak-anak, fobia ini dapat menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu tanpa memerlukan perawatan medis. Namun, jika kondisi ini terjadi pada orang dewasa, berkonsultasi dengan psikiater dapat membantu meminimalkan kemunculan gejala.Apabila ketakutan yang Anda rasakan tidak hilang selama 6 bulan atau lebih, segeralah berkonsultasi dengan psikiater. Anda juga harus segera memeriksakan diri ke psikiater ketika fobia tersebut mulai memberi pengaruh buruk terhadap pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai haphephobia atau fobia terhadap sentuhan dan cara untuk mengatasinya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan kecemasanfobia
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320763
Diakses pada 26 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/haphephobia
Diakses pada 26 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait