Hanya Ada 10 Persen Orang Kidal di Dunia, Ini Keunikan yang Mereka Miliki

0,0
15 Jul 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kidal adalah orang yang lebih dominan menggunakan bagian tubuh sebelah kiri, seperti tangan dan kakiMenurut penelitian, orang berbakat dengan intelektual yang baik cenderung kidal
Sebanyak 10 persen manusia di dunia terlahir dengan kondisi kidal. Orang kidal atau kiri dari lahir ini pernah dianggap sebelah mata atau malah dikira memiliki ilmu sihir. Malahan, para peneliti pernah mengira kondisi ini disebabkan oleh adanya kerusakan di bagian saraf pada awal perkembangannya.Berbagai kepercayaan tersebut kemudian terpatahkan, meskipun para peneliti belum mendapatkan sebuah hasil penelitian yang benar-benar meyakinkan. Namun, Anda bisa memercayai beberapa fakta tentang orang kidal di bawah ini.

Cara menentukan Anda kidal atau tidak

Mereka yang kidal bisa menggunakan bagian tubuh kirinya lebih baik, khususnya untuk tangan dan kaki. Kelihaian ini bisa dilakukan tanpa sadar. Menentukan Anda kidal atau tidak bisa dilihat dari tangan mana yang lebih sering digunakan untuk menulis, memotong, dan menggunting.Namun, preferensi penggunaan tangan sebenarnya sangatlah subjektif. Kadang, orang kebingungan menentukan anggota tubuh bagian mana yang harus digunakan untuk melakukan sesuatu. Ketika masih kecil, Anda mungkin akan dibantu oleh orangtua dalam menentukan preferensi sisi dari penggunaan anggota tubuh ini. Kebanyakan anak baru memiliki preferensi tangan pada usia 18 bulan. Anda baru bisa memastikan apakah si Kecil dominan kanan atau kidal saat usianya tiga tahun.Namun, hal tersebut masih harus dipastikan lebih lanjut.. Ada kalanya seseorang sangat mahir menggunakan tangan kiri untuk menulis atau menggunakan gunting. Lalu, mereka harus menggunakan tangan kanan untuk melakukan hal-hal berat lainnya, seperti membuka botol atau menuang air.Lebih mudahnya untuk membuktikan Anda kidal atau tidak adalah mencoba menggunakan gunting untuk memotong kertas dengan tangan kiri. Jika merasa canggung saat menggunakannya, berarti Anda tidak kidal.

Penyebab seseorang menjadi kidal

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang menjadi kidal. Berikut kemungkinan-kemungkinan yang membuat seseorang lebih lihai menggunakan tangan kirinya:
  • Faktor keturunan

Kondisi fisik dan kebiasaan seseorang akan diturunkan oleh orangtuanya. Sama halnya dengan pasangan suami istri yang kidal kemungkinan akan memiliki anak yang kidal juga. Namun, sebenarnya belum ada bukti yang kuat untuk teori kontroversial ini.
  • Jenis kelamin

Banyak pendapat menyebutkan bahwa pria lebih banyak yang kidal dibandingkan perempuan. Hal ini disebabkan oleh hormon testosteron yang memengaruhi tangan dominan.
  • Faktor lingkungan

Seorang anak yang melihat orangtuanya menulis dengan tangan kiri mungkin akan mengikutinya. Lama-kelamaan, anak akan mengikuti orangtuanya untuk menggunakan tangan kiri dibanding tangan kanannya.
  • Penyesuaian diri

Bukan hal yang tidak mungkin seseorang mengalami cedera pada bagian tubuh sebelah kanan. Karena itu, dia harus beradaptasi dengan menggunakan bagian tubuh sebelah kirinya.

Apa orang kidal punya otak yang cerdas?

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 16.000 orang tidak ditemukan adanya perbedaan intelektual antara orang kidal dan tidak. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa orang yang berbakat dan memiliki intelektual yang lebih baik cenderung kidal. Namun sebenarnya kecerdasan seseorang tidak ditentukan dari kidal atau tidak. Sayangnya, orang kidal juga akan lebih sering mengalami kendala dalam kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh benda yang diciptakan umat manusia dibuat untuk mereka yang dominan tangan kanan. Orang kidal butuh penyesuaian untuk menggunakannya atau memilih produk yang sudah disesuaikan untuk tangan kiri.

Catatan dari SehatQ

Penyebab orang kidal bisa ditentukan oleh banyak faktor, termasuk mereka yang sebenarnya terpaksa harus menggunakan tangan kiri lebih banyak karena satu alasan. Banyak yang menyebut bahwa orang kidal lebih superior dalam urusan kecerdasan. Namun, mereka pun bisa saja menemukan kesulitan hidup dengan benda-benda yang dibuat untuk orang yang dominan tangan kanan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar orang yang dominan dengan tangan kirinya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tumbuh kembang anakanak sekolah
Healthline. https://www.healthline.com/health/are-left-handed-people-smarter
Diakses pada 5 April 2021
Betterhealth. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/left-handedness
Diakses pada 5 April 2021
WebMD. https://www.webmd.com/brain/ss/slideshow-left-handed-vs-right
Diakses pada 5 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait