Hamil Muda? Coba Perbanyak Konsumsi 10 Makanan Penguat Kandungan Ini

Mengonsumsi makanan penguat kandungan seperti sayuran hijau dapat membantu janin berkembang dengan maksimal
Sayuran hijau merupakan salah satu makanan penguat kandungan yang dibutuhkan ibu hamil

Selama setidaknya 9 bulan, seorang ibu hamil mengemban tugas mulia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin yang dikandungnya. Terutama saat trimester pertama, kehamilan muda sangat memerlukan jenis makanan penguat kandungan tertentu.

Melanjutkan ke trimester kedua dan ketiga, tubuh ibu hamil memerlukan 350-500 kalori tambahan untuk memastikan nutrisi bagi janin tercukupi. Jika nutrisi tidak terpenuhi, perkembangan janin jadi taruhannya.

Tenang, jangan langsung merasa terbebani dengan apa yang tertulis di atas ya! Sebenarnya mudah, kok. Intinya, ibu hamil harus lebih selektif dengan hanya mengizinkan makanan bergizi tinggi saja masuk ke dalam tubuh.

Hamil muda dan makanan penguat kandungan

Tidak berlebihan ketika dokter kandungan menyebut bahwa setiap hari selalu ada risiko keguguran menghantui saat seorang ibu hamil berada di fase trimester pertama.

Kehamilan muda masih sangat rawan dan harus diperlakukan dengan ekstra hati-hati, termasuk soal makanan. Dokter kandungan biasanya akan meresepkan vitamin atau bahkan penguat janin untuk kondisi kehamilan tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa mengutamakan makanan penguat kandungan untuk memastikan janin bisa tumbuh maksimal dan tetap sehat.

10 Makanan penguat kandungan

Menjadi ibu hamil tidak berarti ada banyak pantangan makanan, kok. Meski demikian, ibu hamil tetap diminta bijak dalam mengonsumsi makanan karena ada janin yang mendapat asupan langsung dari apa yang dikonsumsi sang calon ibu.

Akan lebih baik jika ibu hamil juga mengonsumsi makanan penguat kandungan seperti:

1. Produk olahan susu

Selama kehamilan, seorang ibu hamil perlu mendapat asupan protein dan kalsium yang lebih banyak. Produk olahan susu bisa menjadi jawaban atas kebutuhan ini karena kandungan casein dan whey di dalamnya.

Tak hanya itu, kebutuhan kalsium juga terpenuhi berkat kandungan fosfor, vitamin B, magnesium, dan tak ketinggalan zinc. Dengan demikian, sangat disarankan mengonsumsi yogurt yang mengandung banyak bakteri probiotik.

Sebaiknya konsumsi yogurt tanpa tambahan pemanis buatan ya! Satu lagi kelebihan dari yogurt, memastikan ibu hamil tidak mengalami konstipasi atau sembelit.

2. Ubi jalar

Rasanya yang manis dan lembut membuat ubi jalar disukai banyak orang. Rupanya, ubi jalar juga termasuk makanan penguat kandungan karena kaya akan beta-karoten atau bahan dasar vitamin A.

Terlebih, ibu hamil biasanya diminta meningkatkan konsumsi vitamin A hingga 10-40% lebih banyak. Dalam satu porsi atau 150 gram hidangan ubi saja, telah memenuhi kebutuhan betakaroten harian ibu hamil.

3. Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 pada salmon sangat melimpah. Kabar baiknya, salmon bisa memenuhi kebutuhan omega-3 bagi ibu hamil. Hal ini sangat penting bagi perkembangan otak dan mata janin.

Tak hanya omega-3, rupanya salmon juga kaya akan vitamin D. Vitamin yang satu sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi kekebalan tubuh janin. Tak kalah penting, pastikan selalu mengonsumsi salmon dalam olahan yang benar-benar matang ya!

4. Telur

Makanan favorit banyak orang karena mudah diolah ini juga masuk dalam daftar 10 makanan penguat kandungan bagi ibu hamil muda. Dalam sebutir telur ada kandungan kalori, protein, lemak, vitamin, juga mineral.

Zat gizi esensial kolin atau vitamin B4 juga terpenuhi dengan mengonsumsi telur. Jika seorang ibu hamil kurang mendapat asupan vitamin ini, ada kemungkinan terjadi penurunan fungsi otak hingga cacat bawaan akibat tidak sempurnanya perkembangan tabung saraf.

5. Brokoli dan sayuran hijau

Tak hanya bagi ibu hamil saja, semua orang juga akan mendapat manfaat dengan mengonsumsi brokoli dan sayuran hijau seperti kale dan bayam. Kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, serat, hingga potasium adalah sahabat baik bagi janin.

Tak hanya itu, sayuran berwarna hijau juga berfungsi sebagai antioksidan. Seorang ibu hamil yang sehari-hari terpapar polusi dan radikal bebas bisa mengeluarkan toksin dalam tubuh dengan mengonsumsi sayuran ini.

6. Daging rendah lemak

Sudah bukan rahasia lagi bahwa protein tinggi biasanya datang dari daging rendah lemak. Ternyata, olahan daging sapi dan ayam juga bisa jadi makanan penguat kandungan.

Kandungan zat besi dan vitamin B di dalamnya sangat penting untuk memastikan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh tetap terjaga. Terutama bagi ibu hamil. Apabila zat besi masih rendah, maka bisa terjadi anemia hingga risiko kelahiran prematur.

7. Berries

Buah-buahan seperti raspberry, blueberry, strawberry, hingga blackberry juga bisa jadi makanan penguat kandungan bagi ibu hamil trimester pertama. Buah-buahan tersebut sangat kaya akan karbohidrat sehat, vitamin C, serat, dan tak kalah penting antioksidan.

Jadi, mengganti camilan dengan buah-buahan berry ketimbang snack dalam kemasan adalah pilihan bijak demi kesehatan janin Anda.

8. Gandum

Salah satu keluhan ibu hamil bisa jadi terkait dengan meningkatnya berat badan. Untuk menyiasatinya, bisa mengganti asupan kalori dengan olahan gandum yang kaya serat dan vitamin.

Oats dan quinoa bisa jadi opsi untuk memulai hari dengan memadukannya bersama buah-buahan atau menu pendamping favorit Anda lainnya.

 9. Alpukat

Buah yang satu ini tentu layak masuk dalam daftar makanan penguat kandungan. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, serat, folat, vitamin K, potasium, dan banyak lagi vitamin lainnya menjadikannya pilihan baik untuk ibu hamil.

Lemak baik di dalam alpukat bisa membantu perkembangan kulit, otak, hingga jaringan lain pada janin Anda. Tingginya folat dalam alpukat juga mencegah cacat neural tube atau tabung saraf.

10. Kurma

Makanan penguat kandungan yang terakhir tapi tak kalah penting adalah kurma. Buah ini mengandung serat, potasium, zat besi, dan banyak manfaat lainnya. Rasanya pun manis alami dan tidak berisiko meningkatkan kadar gula darah pada tubuh selama dikonsumsi dalam porsi secukupnya.

Tak ada salahnya kan memasukkan 10 makanan penguat kandungan di atas lebih sering pada menu makanan Anda setiap harinya? Tak hanya baik untuk Anda, terlebih juga membantu perkembangan janin menjadi semakin sempurna.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#section12
Diakses 12 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/246404.php
Diakses 12 September 2019

Oxford Journal of Public Health. https://academic.oup.com/jpubhealth/article/40/3/e296/4831097
Diakses 12 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed