Hamil Muda? Awasi 7 Masalah Trimester Pertama Kehamilan Ini!

Mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan terjadi karena dehidrasi dan kekurangan elektrolit
Mual dan muntah merupakan salah satu masalah trimester pertama kehamilan

Selamat, Anda telah hamil! Tubuh ibu hamil secara perlahan-lahan akan berubah, disertai dengan kejutan dan gejala yang harus diberikan perhatian ekstra pada bulan awal kehamilan.

Jika Anda mengalami masalah pada trimester pertama kehamilan, ada beberapa cara untuk mengetahui seberapa serius masalah tersebut, dan perlu atau tidaknya untuk konsultasi lebih lanjut ke dokter. Mari kita kaji bersama masalah trimester pertama kehamilan demi kesehatan ibu dan bayi.

1. Perdarahan Vagina

Bercak-bercak kecil umumnya bukan masalah trimester pertama kehamilan yang serius, kecuali jika perdarahan tersebut berlebihan.

Perdarahan berlanjut dan kram perut seperti menstruasi bisa menjadi pertanda keguguran. Sementara perdarahan yang disertai dengan rasa sakit pada bagian bawah perut bisa menjadi tanda-tanda kehamilan ektopik (kehamilan yang berkembang di luar rahim yang memiliki komplikasi serius).

Segera hubungi dokter jika masalah trimester pertama kehamilan ini terjadi, supaya dokter bisa segera melakukan USG, analisa, dan tes darah lanjut.

2. Mual dan Muntah Hebat

Morning sickness sudah merupakan hal yang lumrah semasa trimester pertama. Namun jika Anda mengalami mual dan muntah hebat yang mengakibatkan dehidrasi, atau tidak bisa minum/makan tanpa muntah dalam waktu 12 jam, segeralah hubungi dokter Anda.

Mual dan muntah hebat bisa menjadi masalah trimester pertama kehamilan yang berakibat pada penurunan berat badan, dehidrasi, dan kekurangan elektrolit dalam tubuh. Jika terlalu ekstrim, maka dokter umumnya akan menyarankan perawatan intensif di rumah sakit.

3. Demam Tinggi

Pada trimester pertama kehamilan, demam yang berkisar di atas 38 derajat Celcius harus segera mendapatkan penanganan dokter. Masalah trimester pertama kehamilan ini bisa menjadi pertanda infeksi yang bisa memengaruhi kondisi janin.

Jika demam tinggi saat hamil dibarengi dengan gatal-gatal dan sakit persendian, ini bisa menjadi gejala serangan virus cytomegalovirus (CMV), toxoplasma, dan parvovirus. Semua virus tersebut dapat mengakibatkan cacat atau bahkan kematian pada janin.

4. Cairan dan Gatal pada Vagina

Adanya cairan pada vagina merupakan hal normal pada kehamilan Anda. Namun hal tersebut juga dapat menjadi gejala infeksi atau penyakit menular seksual yang dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kehamilan.

Infeksi ini biasanya dapat diatasi atau diobati jika ditangani secara tepat. Jangan biarkan rasa malu menghalangi penanganan masalah trimester pertama kehamilan ini. Segeralah hubungi dokter untuk berkonsultasi.

5. Sakit atau Panas saat Buang Air Kecil

Ibu hamil memiliki kemungkinan mengalami infeksi saluran kandung kemih. Jika hal ini dibiarkan, inteksi tersebut akan menjadi masalah yang serius, seperti kelahiran prematur. Bila ada masalah trimester pertama kehamilan yang ditandai dengan sensasi panas atau sakit saat buang air kecil, segera hubungi dokter untuk penanganan tepat.

6. Sakit Kaki atau Betis, Bengkak Separuh Badan/Sakit Kepala Hebat

Saat mengandung, ada potensi penggumpalan darah yang bisa mengakibatkan beberapa kondisi medis di atas. Namun, hal ini umumnya tidak akan terjadi pada rata-rata kehamilan.

Penggumpalan darah pada betis yang terasa sakit atau bengkak dapat berakibat fatal jika sampai menyerang ke bagian paru-paru. Sedangkan penggumpalan darah di otak bisa mengakibatkan sakit kepala ekstrim.

Jika Anda memiliki sejarah penggumpalan darah, atau sering sakit kepala hebat saat hamil, hubungi dokter segera.

7. Penyakit Kronis yang Kambuh

Beberapa kondisi medis yang sudah ada sebelum hamil, seperti gondok, diabetes, tekanan darah tinggi, asma, dan lupus, harus mendapatkan perhatian ekstra terutama jika terjadi perubahan atau kambuh saat hamil.

Masalah trimester pertama kehamilan ini dapat berpotensi serius seperti keguguran atau cacat pada janin. Hindari stres, perbanyak istirahat, rutin mengonsumsi vitamin, dan hubungi dokter jika penyakit kronis Anda kambuh.

WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/pregnancy-first-trimester-warning-signs

Parents. https://www.parents.com/pregnancy/stages/1st-trimester-health/what-to-expect-in-the-first-trimester/

Diakses pada Oktober 2018

 

Artikel Terkait

Banner Telemed