Hamil 7 Minggu: Kenali Perkembangan Janin di Dalam Rahim

(0)
07 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Hamil 7 minggu akan membawa banyak perubahan pada ibu dan bayi di dalam rahim.Para ibu, pahamilah perkembangan bayi saat hamil 7 bulan agar lebih "akrab" dengannya.
Saat hamil 7 minggu, mungkin tidak akan ada perubahan fisik signifikan yang terlihat pada ibu hamil (bumil). Namun di dalam rahim, janin akan berkembang pesat dan ukurannya semakin membesar.Tidak hanya itu, berbagai organ tubuh janin akan mulai terbentuk saat hamil 7 minggu. Bagi para bumil yang penasaran dengan perkembangan janinnya, mari simak berbagai perkembangan Si Kecil saat usia kehamilan mencapai 7 minggu ini.

Hamil 7 minggu, perkembangan apa yang terjadi pada janin?

Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh janin saat usia kehamilan telah mencapai 7 minggu. Tidak sedikit juga bumil yang penasaran dengan berbagai perkembangan tersebut, bukan?Sayangnya, perkembangan tubuh janin ini tak bisa dilihat secara kasat mata. Dibutuhkan bantuan dokter kandungan untuk melihat perkembangan tubuh janin melalui teknologi ultrasonografi (USG).Berikut ini adalah perkembangan tubuh janin saat usia kehamilan wanita sudah mencapai 7 minggu alias dua bulan:

1. Tubuhnya membesar

Dibandingkan satu bulan yang lalu, tubuh janin membesar hingga 10 ribu kali lipat di dalam rahim. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, ukuran janin saat usia kehamilan mencapai 7 minggu sama seperti buah blueberry.Sebagian besar perkembangan ini akan terlihat di bagian kepala janin karena sel otak yang terus bertambah setiap harinya.

2. Munculnya tangan dan kaki

Saat usia kandungan mencapai 7 minggu, berbagai organ tubuh seperti tangan dan kaki akan mulai tumbuh lebih panjang serta kuat.Meski demikian, tangan dan kaki yang tumbuh tersebut belum terbentuk dengan sempurna. Namun seiring berjalannya waktu, jari-jemari akan mulai terbentuk.

3. Ginjal mulai terbentuk

Selain mulut dan lidah, ginjal juga mulai terbentuk dan tumbuh. Pada fase ini, bayi akan mulai menyerap nutrisi dari makanan yang bumil konsumsi. Beberapa saat kemudian, janin pun akan mulai memproduksi urine.

4. Organ vital terus berkembang

Selain ginjal, organ bagian dalam tubuh lainnya, seperti jantung, paru-paru, dan usus, akan terus berkembang juga. Tidak hanya itu, aorta (pembuluh darah utama yang membawa darah dari jantung) pun akan terlihat pada minggu ke 7 kehamilan.

5. Tumbuhnya bagian dalam telinga

Dalam hamil 7 minggu, telinga janin juga terus berkembang. Meski bagian dalam telinga terus tumbuh, bagian luar telinga masih belum nampak hingga beberapa minggu ke depan.

Gejala kehamilan saat hamil 7 minggu

Hamil 7 minggu
Hamil 7 minggu, gejala apa yang akan datang?
Selain mengenal berbagai perkembangan janin 7 minggu, ada baiknya bumil juga memahami gejala kehamilan yang akan datang pada fase ini.Sebab, semakin banyak perubahan yang terjadi pada bayi di dalam rahim, semakin banyak juga gejala kehamilan yang bisa bumil rasakan. Maka dari itu, berikut adalah berbagai macam gejala hamil 7 minggu yang perlu Anda kenali:Selain itu, sebuah riset menyatakan bahwa wajah bumil akan terlihat lebih ‘bersinar’ saat hamil 7 minggu. Alasannya adalah aliran darah akan lebih lancar ke wajah dan hormon kehamilan pun bisa membuat kulit tampak lebih berkilau.

Tips untuk menjaga kesehatan wanita hamil 7 minggu

Hamil 7 minggu
Hamil 7 minggu, ibu harus lebih rajin menjaga kehamilan
Untuk menjaga kesehatan bumil dan janin yang sedang tumbuh pesat di dalam rahim, ada beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah sejumlah tips untuk menjaga kesehatan saat hamil 7 minggu:
  • Kontrol kehamilan di dokter kandungan

Jika Anda belum melakukan pemeriksaan kehamilan, lakukanlah segera. Sebab, dokter kandungan dapat memberi tahu kapan bayi akan lahir, menjabarkan risiko kehamilan, hingga melakukan pemeriksaan fisik.Umumnya, dokter juga bisa meminta Anda untuk melakukan tes darah ataupun urine. Selain itu, pemeriksaan tekanan darah juga akan dilakukan.
  • Jangan lupa olahraga

Jangan jadikan hamil sebagai alasan untuk Anda bermalas-malasan. Pasalnya, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga juga sangat penting untuk kesehatan bumil dan bayinya.Dokter biasanya akan merekomendasikan Anda untuk berolahraga selama 30 menit dalam sehari. Namun, olahraga yang dilakukan pun tidak boleh sembarangan. Anda dapat mencoba yoga, jalan kaki atau, berenang jika sudah diizinkan oleh dokter kandungan Anda.
  • Berhenti merokok

Baik hamil ataupun tidak, kebiasaan merokok harus dihentikan. Selain membahayakan kesehatan bumil, merokok juga berdampak buruk bagi bayi. Ditambah lagi, merokok dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, seperti persalinan prematur dan rendahnya berat badan lahir bayi.Tidak hanya pada saat hamil 7 minggu, berbagai tips menjaga kehamilan di atas juga harus diaplikasikan sampai bayi terlahir ke dunia.Untuk lebih jelasnya, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan untuk menanyakan berbagai hal yang berhubungan dengan kehamilan dan  memeriksa kesehatan janin secara rutin.

Catatan dari SehatQ:

Meskipun hamil 7 minggu masih dianggap seumur jagung, tak ada salahnya para bumil memahami perkembangan Si Kecil di dalam rahim. Ditambah lagi, jika rajin datang ke dokter kandungan, Anda akan bisa mendapatkan gambaran yang lebih besar lagi mengenai perkembangan anak Anda yang masih berada di dalam perut.
menjaga kehamilanperkembangan janinkehamilantrimester pertama kehamilan
What To Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-7.aspx
Diakses pada 24 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/298139#baby-development
Diakses pada 24 Agustus 2020
Parent Hub. https://www.parenthub.com.au/7-weeks-pregnant/7-weeks-pregnant-baby/
Diakses pada 24 Agustus 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/7-weeks-pregnant/
Diakses pada 24 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-symptoms-week-7#symptoms
Diakses pada 24 Agustus 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/7-weeks-pregnant-4158916#citation-14
Diakses pada 24 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait